Moneyfazz
Home » Tips » 9 Cara Menghitung Diskon yang Benar Berdasarkan Jenisnya

9 Cara Menghitung Diskon yang Benar Berdasarkan Jenisnya

Ketika Anda melihat barang yang dijual dengan harga diskon tentu sangat tertarik bukan? Namun seringnya Anda salah memperhitungkan harga diskon sehingga Anda sering mengira potongannya sangat banyak padahal tidak atau sebaliknya. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara menghitung diskon yang benar.

Seperti yang Anda ketahui ada banyak jenis diskon yang ditawarkan, dari mulai diskon up to, diskon ganda, dan lainnya. Untuk menghitung diskon Anda membutuhkan kalkulator diskon yang benar. Rumus penghitungan diskon juga diketahui agar tidak salah dalam memperhitungkan diskon yang akan didapatkan.

Khusus untuk Anda, disini akan diberikan bagaimana menghitung diskon yang benar berdasarkan jenisnya. 

Berikut ini adalah jenis-jenis diskon dan cara menghitungnya yang benar.

  1. Diskon Off

Jenis diskon yang sangat mudah ditemukan dan biasa diberikan kepada pelanggan adalah diskon off. Jenis diskon ini sangat mudah untuk dihitung karena Anda hanya perlu mengurangi harga dengan besarnya diskon yang diberikan.

Biasanya jenis diskon ini diberikan oleh toko atau departement store pada barang-barang yang sudah lama. Toko akan memberikan diskon dengan jumlah besar pada barang yang sudah lama atau kurang diminati.

Pemberian diskon ini bisa sampai 90% atau bahkan 99% untuk barang yang memang sudah sangat lama. Untuk menghitung diskon ini sangat mudah, sebagai contoh harga sebuah kaos adalah Rp. 350.000,- dan mendapatkan diskon 60%.

Dapat dihitung bahwa diskon kaos tersebut adalah Rp. 350.000,- x 60% = Rp. 210.000,- Jadi Anda hanya perlu membayar kaos tersebut Rp. 350.000,- – Rp. 210.000,- = Rp. 140.000,-

Mudah bukan cara menghitung besarnya diskon jenis off ini? Anda hanya perlu sekali saja menghitung diskonnya dan langsung akan mendapatkan harga yang harus dibayar.

  1. Diskon Ganda

Pernahkah Anda melihat diskon 50% + 20% di departemen store? Ini adalah jenis diskon yang sangat menarik karena terlihat besar potongannya. Namun Anda sering salah menghitung besarnya diskon yang diberikan bukan?

Banyak orang yang mengira bahwa diskon 50% + 20% sama dengan diskon 70%. Padahal jika dihitung potongan harga 50% + 20% tidak sama dengan yang 70%. Diskon ganda ini sering kali diberikan oleh departement store untuk menarik pembeli.

Sebagai pembeli yang bijak, Anda perlu teliti dalam menghitung jenis pajak ganda ini. Cara menghitung diskon ganda sebenarnya mudah, Anda perlu menghitung dua kali jika terdapat diskon ganda ini.

Diskon pertama Anda hitung terlebih dahulu dengan harga asli kemudian harga yang didapatkan dikurangi kembali dengan diskon kedua. Agar lebih jelas akan diberikan sebuah contoh.

Misalkan saja Anda akan membeli sebuah celana dengan diskon 70% + 20%, harga celana tersebut adalah Rp. 550.000,- Tahapan menghitungnya yaitu:

  • Hitung terlebih dahulu diskon yang 70%, diperoleh diskon Rp. 550.000,- x 70% = Rp. 385.000,-
  • Didapatkan harga potongan 70% menjadi Rp 550.000,- – Rp. 385.000,- = Rp. 165.000,-
  • Dari harga yang didapatkan ini Anda hitung kembali diskon 20%, yaitu Rp 165.000,- x 20% = Rp. 33.000,-
  • Jadi harga yang harus Anda bayarkan dengan diskon 70% + 20 % dan harga semula Rp. 550.000,- adalah Rp. 165.000,- – Rp. 33.000,- = Rp. 132.000,-
  1. Diskon Voucher Belanja

Jenis diskon yang selanjutnya adalah diskon voucher belanja yang diberikan kepada pelanggan dengan minimal belanja tertentu. Ketika Anda berbelanja di toko sering bukan mendapatkan voucher jika sudah memenuhi minimum belanja? Voucher ini juga bisa dikatakan sebagai diskon.

Diskon voucher belanja ini biasanya mempunyai tenggat waktu tertentu, misalnya satu minggu. Jika Anda mendapatkan voucher belanja jangan lupa untuk cek tanggal berlakunya. Diskon dari voucher belanja ini nantinya akan dikurangkan langsung dari total belanja Anda.

Namun Anda juga perlu jeli apakah voucher itu berlaku untuk semua pembelanjaan atau hanya berlaku jika Anda membeli barang tertentu saja.  Jika berlaku hanya untuk barang tertentu saja maka potongan harga ini hanya akan Anda dapatkan jika Anda membeli barang tersebut.

  1. Diskon Penambahan Barang

Pernah melihat bukan ada barang yang dijual dengan buy 2 get 1 free? Ini termasuk jenis diskon penambahan barang, yang akan Anda dapatkan bukan potongan harga namun penambahan barang. Namun sayangnya banyak orang yang masih terkecoh dengan diskon yang satu ini.

Diskon buy 2 get 1 free artinya adalah Anda membeli 2 barang dan akan diberikan bonus 1 barang yang sama. Jadi nantinya Anda akan mendapatkan 3 jumlah barang dari diskon ini.

Banyak yang mengira bahwa buy 2 get 1 free adalah membeli 2 barang dan hanya membayar untuk 1 barang saja. Anda harus tahu bahwa diskon ini diberikan untuk Anda yang membeli 2 barang dan mendapatkan 1 tambahan secara gratis.

Biasanya diskon jenis ini sering banyak diberikan pada tas maupun barang-barang lama yang kurang diminati. Dengan diskon ini Anda hanya perlu membayar 2 barang untuk mendapatkan 3 barang.

  1. Diskon Bersyarat

Ada lagi jenis diskon yang lainnya yaitu diskon bersyarat, diskon ini juga sering diberikan di toko-toko. Pihak penjual akan memberikan syarat misalnya saja akan mendapatkan diskon 20% dengan minimal belanja Rp 500.000,-

Diskon jenis ini biasanya diberikan oleh supermarket-supermarket untuk menarik pelanggan. Jika pembelian Anda lebih dari 500 ribu maka Anda akan mendapatkan potongan 20% dari total belanja.

Tidak hanya minimal belanja saja, terkadang toko juga memberikan syarat yang lain misalnya dengan minimum jumlah item yang dibeli. Misalnya saja membeli 5 barang akan mendapatkan diskon 30%. Jika Anda hanya membeli 4 barang saja maka Anda tidak bisa mendapatkan diskon tersebut.

  1. Diskon Up to

Jenis diskon yang banyak menarik para pembeli adalah diskon up to. Yang dimaksud dengan diskon up to adalah diskon diberikan sampai dengan jumlah tertentu.

Misalnya saja diskon up to 90%, ini berarti tidak semua barang dijual dengan diskon 90%. Hanya ada beberapa barang saja yang dijual dengan diskon 90%, biasanya item lainnya mendapatkan diskon dibawah 90%.

Dalam membeli barang dengan diskon up to ini Anda harus teliti dalam melihat harga dan besaran diskonnya. Biasanya diskon tertera pada label harga masing-masing barang.

  1. Promo Cashback

Anda yang suka berbelanja online tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan promo cashback. Banyak yang mengira bahwa promo ini akan diberikan langsung secara uang tunai. Nyatanya cashback tidak langsung diberikan sebagai uang tunai melainkan voucher belanja.

Untuk toko online biasanya cashback ini diberikan dalam bentuk uang digital yang nantinya bisa Anda gunakan untuk berbelanja barang lainnya. Ada banyak promo cashback yang ditawarkan mulai dalam bentuk persen atau langsung nominal yang akan didapatkan.

Sebagai contoh adalah cashback 300 ribu untuk minimal belanja 500 ribu. Cashback ini akan diberikan oleh pihak toko dalam bentuk voucher yang bisa Anda gunakan untuk belanja selanjutnya.

Ada juga cashback yang diberikan dalam bentuk persen, misalnya saja cashback 40%. Cara menghitung cashback persen ini tinggal dikalikan saja dengan harganya. Misalnya harga barang 600 ribu dengan cashback 40% maka cashback yang akan didapatkan adalah 240 ribu.

  1. Diskon Member

Sekarang ini banyak toko yang menawarkan kartu member atau kartu langganan bukan? Biasanya toko ini akan memberikan diskon khusus untuk semua membernya. Diskon member ini biasanya diberikan untuk semua aitem dengan jumlah diskon 5 sampai 10%.

Namun untuk mendapatkan member biasanya toko memberikan syarat dengan minimal belanja tertentu. Jika Anda sudah belanja sesuai dengan jumlah minimal Anda bisa mendapatkan member secara gratis. Ada juga yang memberikan member dengan membayar sejumlah iuran pada saat pendaftaran member baru.

  1. Diskon Clearance

Jenis diskon ini sangat jarang diberikan di supermarket ataupun departement store. Hal ini dikarenakan diskon ini bukan penjual yang memberikan melainkan pembeli. Diskon ini bisa dikatakan sebagai proses tawar menawar yang dilakukan oleh penjual dan pembeli.

Biasanya diskon ini secara tidak langsung dibelikan oleh penjual di pasar-pasar tradisional. Jumlah diskonnya bisa besar bisa kecil tergantung dari pembeli yang mengajukan penawaran.Sudah paham bukan bagaimana cara menghitung diskon yang benar? Cermati terlebih dahulu diskon apa yang diberikan agar Anda tidak salah hitung. Baca juga ketentuan dan syarat yang berlaku yang sudah ditetapkan oleh toko.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com