Moneyfazz
pengertian akuntan publik
Home » Istilah Finansial » Pengertian Akuntan Publik, Ruang Lingkup, dan Perannya

Pengertian Akuntan Publik, Ruang Lingkup, dan Perannya

Dalam profesi akuntan, dikenal berbagai jenjang karir seperti akuntan pemerintah, swasta, hingga publik. Masing-masing tentu memiliki tugas, peran, dan ruang lingkup yang berbeda-beda. Akuntan publik menjadi salah satu profesi yang cukup diminati dan terkenal sebagai profesi yang keren dan intelektual.

Sebelum memilih untuk mendalami profesi ini, tentu Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian, tugas, tanggung jawab, dan perannya dalam pekerjaan. Agar nantinya bisa bekerja secara profesional sesuai dengan tugasnya. Peran akuntan publik sangatlah krusial terutama dalam hal pemeriksaan keuangan.

Pengertian dan Ruang Lingkup Akuntan Publik

Akuntan publik adalah profesi akuntan yang melakukan praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen dan profesional. Meskipun bekerja secara mandiri, akuntan ini telah mendapat izin secara resmi untuk melakukan praktik di bidangnya. Hal tersebut sebagaimana yang telah tercantum pada UU Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan Peraturan Menteri Keuangan.

Mereka harus menjadi bagian dari IAPI (Asosiasi Profesi Akuntan Publik) sebagai asosiasi resmi yang membawahinya. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab untuk memastikan tidak adanya penipuan, maka diterapkan standar pelaporan akuntan publik.

Dalam standar pelaporan tersebut, seorang akuntan harus memberikan laporan wajib, laporan audit, dan informasi yang sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan yang berlaku umum. Laporan yang dibuat oleh auditor keuangan sebagai bagian dari Kantor Akuntan Publik harus memiliki petunjuk yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Peran

Beberapa peran akuntan publik yang harus dilakukan selama memberikan pelayanan jasanya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengarahkan dan mengendalikan sumber daya yang dimiliki perusahaan dengan efektif baik sumber daya manusia maupun aset perusahaan tersebut
  • Memberikan keputusan-keputusan manajemen yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya perusahaan, penetapan tujuan dan sasaran entitas, serta strategi marketing
  • Memberikan laporan terkait kepemilikan semua sumber daya yang dikuasai oleh organisasi atau entitas

Layanan Jasa yang Diberikan

Tugas utama akuntan publik adalah memberikan layanan jasa pada suatu perusahaan tertentu terkait pemeriksaan laporan keuangan yang dimiliki perusahaan. Ada dua layanan utama yang diberikan, di antaranya:

1. Jasa Atestasi

Layanan jasa atestasi akuntan publik berupa pertimbangan dan pernyataan mengenai suatu laporan usaha yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Bentuknya ada 3 macam, yaitu:

  • Review laporan keuangan
  • Audit laporan keuangan
  • Jasa atestasi lainnya

2. Jasa Non Atestasi

Jasa non atestasi dilakukan oleh auditor dengan tidak memberikan pendapat, keyakinan, dan pernyataan terkait laporan usaha suatu perusahaan. Ada 3 jenis jasa non atestasi, yaitu:

  • Jasa konsultasi manajemen
  • Jasa perpajakan
  • Jasa perencanaan untuk sistem suatu organisasi

Tak bisa dipungkiri bahwa peran akuntan publik sangatlah penting baik untuk perusahaan pemerintah maupun swasta. Ruang lingkup yang dikerjakan akuntan ini meliputi perusahaan milik negara, LSM, universitas, dan organisasi nirlaba lainnya. Badan-badan pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah, dan unit kerja pemerintah juga termasuk di dalamnya.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com