Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Definisi Amortisasi dalam Akuntansi dan Metodenya

ISTILAH FINANSIAL AMORTISASI

Istilah amortisasi menjadi hal yang asing bagi masyarakat awam. Istilah dalam akuntansi ini memiliki padanan kata penyusutan. Dapat diartikan sebagai penyusutan dari pembayaran hutang yang dilakukan untuk melunasi pinjaman pokok dan sebagiannya melunasi hutang secara berkala hingga pinjaman nantinya jatuh tempo.

Penyusutan ini sering diberlakukan untuk aset-aset tak berwujud, misalnya hak guna bangunan, hak usaha, hak pakai, dan muhibbah dengan waktu manfaatnya lebih dari setahun guna memelihara, memperoleh dan menagih penghasilan. Contoh amortisasi sederhananya biasanya diberlakukan pada kredit rumah, kredit mobil, dan kartu kredit.

Pengelompokan, Metode, dan Aplikasi Amortisasi

Menurut Undang-Undang RI No.17 Tahun 2000 amortisasi aset tak berwujud dibagi berdasarkan waktu manfaatnya sebagai berikut:

1. Kelompok 1 dengan manfaat 4 tahun, tarif amortisasi garis lurus sebesar 25% dan untuk saldo menurun 50%

2. Kelompok 2 dengan manfaat 8 tahun, tarif amortisasi garis lurus sebesar 12,5% dan untuk saldo menurun 25%

3. Kelompok 3 dengan manfaat 16 tahun, tarif amortisasi garis lurus sebesar 6,25% dan untuk saldo menurun 12,5%

4. Kelompok 4 dengan manfaat 20 tahun, tarif amortisasi garis lurus sebesar 5% dan untuk saldo menurun 10%

Sedangkan secara metode amortisasi dibagi menjadi dua bentuk, yakni metode garis lurus dan saldo menurun. Metode garis lurus yakni apabila jumlah biaya yang dibebankan untuk setiap tahunnya sama, sejak dari tahun pertama melakukan pinjaman hingga tahun terakhir memperoleh manfaat.

Pada metode garis menurun, terjadi penyusutan biaya yang dibebankan seiring dengan bertambahnya waktu manfaat.

Contoh Amortisasi dalam Perbankan

Bila Anda ingin mengetahui secara jelas tentang perhitungan penyusutan ini bisa dilihat saat Anda mengajukan kredit untuk kepemilikan rumah, penggunaan kartu kredit hingga kredit mobil. Penyusutan ini biasanya akan diberlakukan di mana setiap tahunnya jumlah angsuran kredit yang Anda bayarkan akan berubah.

Guna memudahkan masyarakat memahami tentang istilah penyusutan ini, beberapa lembaga keuangan biasanya membuat semacam simulasi amortisasi online yang dapat memudahkan para nasabah sebelum mengajukan pinjaman. Simulasi ini memberikan gambaran biaya cicilan perbulan hingga pertahun yang harus dibayar.

Tips jika ingin mengajukan pinjaman dengan sistem penyusutan adalah upayakan maksimal melakukan pembayaran jumlah pinjaman pokok lebih besar agar jumlah bunga yang dibayarkan bisa semakin kecil. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari jenis pinjaman dengan bunga yang tinggi.

Memahami istilah penyusutan ini sebenarnya berguna untuk Anda saat mempertimbangkan pengajuan pinjaman ke lembaga keuangan. Gambaran kalkulator penyusutan yang terlihat dapat membantu Anda melakukan manajemen keuangan yang lebih baik.

Pada umumnya nasabah mungkin tak memperhatikan hal ini.Bagikan informasi tentang amortisasi ini ke sosial media Anda. Mungkin rekan Anda ada yang ingin mengajukan pinjaman untuk kepemilikan rumah dan penting mengetahui istilah penyusutan serta tips yang perlu dilakukan.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi