Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Anoboy: Review mendalam situs nonton anime Indonesia

anoboy

Menikmati tontonan anime dengan segala keseruan dan efek animasinya sangat memanjakan mata dan sekaligus wadah refreshing banyak orang terutama fans anime dan manga. Menunggu update rilis tiap minggu adalah pola yang biasa dilakukan pecinta anime.

Bagi sebagian fans, menonton anime disitus resmi atau situs berbayar bukanlah pilihan pertama karena membutuhkan waktu dan biaya yang tidak murah. Apalagi fans anime tidaklah menginginkan menonton semua anime, melainkan beberapa anime saja bahkan hanya satu anime yang diikuti, ini membuat biaya berbayar menjadi tidak terlalu bernilai.

Ada banyak situs nonton anime di Indonesia, pilihan menjadi sangat beragam karena pemilik situs paham betul karena ada banyak fans anime diluar sana yang membutuhkan akses gratis menonton. Salah satu nama situs yang sudah tidak asing adalah Anoboy dengan alamat barunya di anoboy.media.

Anoboy merupakan salah satu yang paling populer dari deretan situs nonton anime secara online. Ada banyak sekali pilihan anime yang bisa ditonton disini, dari yang paling terkenal seperti one piece, naruto, boruto, attack of titan dan masih banyak sekali judul-judul lainnya dari A sampai Z semua bisa ditonton dan didownload di Anoboy.

Tahun berdiri

Situs Anoboy mungkin pertama kali dibuat sekitar tahun 2016 dengan masih menggunakan subdomain dari blogspot punya Google. Pemilik Anoboy tidak perlu membayar server untuk hosting website karena blogspot adalah layanan gratis oleh Google. Namun ada kebutuhan streaming, ads, dan fitur-fitur lain yang akan sulit bila dikembangakan apabila berlanjut menggunakan servis blogger.com, maka dari itu pemilik Anoboy berpindah ke platform WordPress dan melakukan setup instalasi dengan domain Anoboy.com.

Anoboy.com sepertinya merupakan domain pertama yang dimiliki resmi oleh Anoboy, karena aktivitas pembajakan yang dilakukan Anoboy, sepertinya ada banyak pihak melaporkan sitis Anoboy.com ke DMCA sehingga akses ke Anoboy.com menjadi sulit dan menyebabkan pemilik harus mencari nama domain dengan ekstensi baru namun tetap menggunakan Anoboy didepannya.

Kejadian berpindah-pindah alamat domain adalah hal normal yang dilakukan oleh website bajakan. Untuk Anoboy sendiri, setelah berpindah dari Anoboy.com ke Anoboy.stream lalu ke Anoboy.tube ada juga Anoboy.video, Anoboy.best lalu terakhir berpindah lagi ke Anoboy.media. Kemungkinan dimasa depan akan kembali berpindah.

Pilihan anime di Anoboy

Tidak tanggung-tanggung, ada 49 judul anime aktif digarap oleh tim Anoboy. Dengan jumlah seperti ini Anoboy sepertinya tidak main-main dengan bisnis yang mereka kerjakan dengan tim yang selalu siap 24 jam. Kami telah mengumpulkan judul-judul anime yang sedang aktif digarap.

#Nama Anime
1 Aikatsu on Parade!
2 Back Arrow
3 Black Clover
4 Blue Reflection Ray
5 Boku no Hero Academia Season 1 + 2 + 3 + 4 + 5
6 Boruto: Naruto Next Generations
7 Bungou Stray Dogs S1 + S2 + S3
8 Digimon Adventure (2020)
9 DOTA: Dragon’s Blood
10 Dragon Quest: Dai no Daibouken (2020)
11 Dragon
12 Edens Zero
13 Ex-Arm
14 Fruits Basket 2019 Season 1 + 2 + 3
15 Godzilla Singular Point
16 Hige wo Soru. Soshite Joshikousei wo Hirou.
17 Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu Season 1 + 2
18 Jouran: The Princess of Snow and Blood
19 Kakegurui Season 1 + 2 [Live Action]
20 Kamen Rider Saber
21 Koi to Yobu ni wa Kimochi Warui
22 Kumo Desu ga
23 Kyuukyoku Shinka shita Full Dive RPG ga Genjitsu yori mo Kusoge Dattara
24 Maiko-san Chi no Makanai-san
25 Mars Red
26 Mashiro no Oto
27 Megalo Box Season 1 + 2
28 Nanatsu no Taizai S1 + S2 + S3 + S4
29 Odd Taxi
30 One Piece
31 Osomatsu-san Season 1 + 2 + 3
32 Pokemon (2019)
33 Sayonara Watashi no Cramer
34 Seijo no Maryoku wa Bannou Desu
35 Sentouin
36 Seven Knights Revolution: Eiyuu no Keishousha
37 Shakunetsu Kabaddi
38 Shaman King (2021)
39 Soukou Musume Senki
40 SSSS.Dynazenon
41 Subarashiki Kono Sekai The Animation
42 Super Cub
43 Tensei shitara Slime Datta Ken Season 1 + 2
44 Vivy: Fluorite Eye’s Song
45 Vlad Love
46 Yakunara Mug Cup mo
47 Yu-Gi-Oh!: Sevens
48 Yuru Campâ–³ Season 1 + 2
49 Zombie Land Saga Season 1 + 2

Selain 49 pilihan diatas, masih ada ratusan pilihan anime lain di Anoboy yang sudah selesai garap.

Berapa pengunjung website Anoboy ?

Penikmat entertainment di Indonesia sangatlah banyak, mendirikan website nonton anime seperti Anoboy adalah salah satu bagian kecil saja karena Anoboy hanya berkutat di genre Jepang spesialis anime. tokusatsu dan live action. Ada banyak sekali jenis entertainment website yang bisa kita jumpai diluar sana dan pasarnya di Indonesia sangatlah besar. Itu kenapa sekarang Youtube, Netflix, dan yang lainnya sangat gencar menyasar pasar Indonesia.

Sebelum berpindah ke Anoboy.media, berdasarkan data terbaru yang kami dapatkan. Akhir tahun 2020 Anoboy berhasil mendapatkan 11,000,000 lebih kunjungan/ user dengan rata-rata tiap pengunjung Anoboy membuka 4 halaman dalam 1 bulan saja! Ini berarti ada lebih dari 44,000,000 (empat puluh empat juta) kali hakaman-halaman web Anoboy dibuka dalam sebulan!

Pengunjung Anoboy adalah user yang setia, ini dikarenakan 94% user datang langsung mengetik di alamat web Anoboy di browser mereka, luar biasa!

Sekarang sudah terbayangkan seberapa besar lahan bisnis yang bisa digarap bila memiliki 44 juta kunjungan dalam satu bulan? Selanjutnya mari kita bahas darimana saja Anoboy menghasilkan keuntungan.

Anoboy dapat uang darimana ?

Bukan perkara mudah untuk bisa mempertahankan website agar bisa selalu diakses tanpa down dengan kunjungan lebih dari 44 juta kali dalam sebulan, terlebih lagi harus ada biaya dan usaha dalam upload anime-anime yang sudah ditranslate dan juga ada usaha tambahan dalam memaintain link download agar selalu bisa diakses user.

Semua usaha, upaya dan biaya yang dikeluarkan pemilik Anoboy bukan tanpa alasan. Tidak lain dan tidak bukan karena Anoboy memiliki sesuatu yang bisa dijual ke siapapun yang punya kepentingan untuk memanfaatkan user Anoboy.

Sejatinya website nonton Anime seperti Anoboy ini 100% gratis, dibalik semua ini sebenarnya userlah yang menjadi produk asli Anoboy. Karena sesuatu yang gratis haruslah dibayar dengan hal lain dimana dalam hal ini user mau tidak mau harus menerima dengan lapang dada melihat iklan gambar dan iklan pop up yang bisa muncul beberapa kali dalam sekali buka halaman Anoboy.

YAP! Iklanlah yang membuat Anoboy tetap hidup dan beroperasi hingga sekarang. Iklan bentuk pop up buka halaman baru, iklan pop up biasa, iklan pop up seperti notif hingga iklan pop up berbentuk gambar semua muncul lengkap bisa ada 13 slot iklan aktif yang user lihat dalam sekali buka satu halaman saja, berikut detail lengkapnya:

  • Iklan banner gambar = 10 slot
  • Iklan pop up utama = 1 slot
  • Iklan pop up seperti notif (in-page push) = 2 slot

Setelah dilihat lebih dalam, ada 2 metoda periklanan yang diterapkan di Anoboy, yakni iklan yang sifatnya menggunakan 3rd party dalam hal ini Anoboy menggunakan Propeller Ads sebagai mitra dan jenis yang digunakan yakni jenis iklan in-page push. Dan sisanya menggunakan metode kontrak slot dalam jangka waktu tertentu, ini terlihat dari bagaimana Anoboy meyematkan URL bitly.com dan click2go.me disetiap iklan gambar dan ini bertujuan untuk melihat performa klik disetiap iklan.

Dengan detail diatas mari kita hitung secara kasar pendapatan Anoboy :

Skenario 1
Dengan perkiraan banner gambar dikontrak dalam waktu 1 bulan penuh tanpa ada hitungan klik.

Iklan banner gambar, per slot 5 juta. (10 slot x 5 juta = 50 juta)
Iklan pop up utama, per slot 15 juta
Iklan in-page push, perslot bisa hasilkan 5 juta (2 slot x 5 juta =10 juta)
TOTAL = 75 JUTA

Skenario 2
Dengan perkiraan banner gambar dikontrak dalam waktu 1 bulan penuh memakai hitungan klik. Dengan per 1000 klik harga 5 juta.

Iklan banner gambar, per slot bisa hasilkan rata-rata 5000 klik perbulan. ((5000 klik x 10 slot)/1000) x 5 juta)) = 250 juta)
Iklan pop up utama, per slot 15 juta
Iklan in-page push, perslot bisa hasilkan 5 juta (2 slot x 5 juta =10 juta)
TOTAL = 275 JUTA

Angka diatas adalah skenario sederhana dengan perhitungan jumlah iklan yang terlihat dan bukan iklan dalam bentuk link biasa dan juga bukan iklan terselubung atau mungkin ada partnership khusus di social media Anoboy yang juga bisa menjadi tempat mencari keuntungan. Dengan skenario diatas, penghasilan Anoboy terbesar bisa mencapai 275 juta rupiah dan terkecil bisa 75 juta rupiah bersih tanpa pajak karena Anoboy tidak berdiri diatas sebuah badan hukum.

Dilema dikala mengakses situs seperti Anoboy

Semua orang suka hal gratis. Apalagi menikmati tontonan anime online tanpa harus pikir panjang bayar seperti Netflix, cuma modal paket internet semua bisa dinikmati dengan murah meriah.

Beberapa opini beranggapan menikmati anime di situs berbayar tidak efisien, terutama untuk user yang hanya ingin menonton anime dan tidak tertarik ke genre film atau series lain. Apalagi anime hanya rilis 1 kali seminggu, bahkan bisa hiatus berbulan-bulan. Rasanya sia-sia melakukan subscribe disitus berbayar.

Disisi lain menikmati konten yang disajikan Anoboy adalah sesuatu yang bisa dikatakan ilegal, karena Anoboy tidak memiliki hak siar atau lisensi resmi dari rumah produksi anime. Itu kenapa akhirnya situs Anoboy sering berganti domain karena oleh pihak operator sudah menandai situs ini adalah situs ilegal dan pastinya user akan diblok, mau tidak mau user harus putar otak memakai VPN.

Diluar ini semua, pemilik website Anoboy juga punya misi sendiri. Yakni mendapatkan penghasilan sebesar-besarnya dari iklan. Dan user harusnya sudah paham betul iklan yang ditampilkan adalah iklan-iklan yang bisa dikategorikan sangat tidak sehat.

Kesimpulan

Ilegal atau tidak semua sudah hidup diinternet, anoboy bisa dengan mudah diakses oleh siapapun. Pilihan berbayar atau gratispun ada, ada konsekuensi dibalik mengakses semuanya. Masing-masing individupun punya misi masing-masing, bukan? Seperti user tidak mau tahu, user hanya ingin happy saja. Lalu pemilik web Anoboy juga punya misi supaya bisa dapatkan penghasilan sebesar-besarnya.

Dengan adanya ulasan ini mungkin sedikit mencerahkan bagi Anda yang membaca dan menemukan artikel ini. Bahas lebih lanjut bisa via kolom komentar yuk. Kami akan selalu memperbarui artikel ini dengan data terbaru yang sebisa mungkin kami bisa dapatkan dan update tiap bulannya.

Apabila ingin menyadur ulang artikel ini, jangan lupa menyematkan link artikel kami ya.

Terakhir update (14 April 2021)