Moneyfazz
ISTILAH FINANSIAL DEPLESI
Home » Istilah Finansial » Apa itu Deplesi, Cara Menghitung & Contohnya

Apa itu Deplesi, Cara Menghitung & Contohnya

Tambang emas, batubara, bijih besi, minyak, dan berbagai tambang lain pasti mengalami yang namanya deplesi. Hal ini merupakan faktor yang tidak bisa dicegah apalagi dikembalikan angkanya ke level semula. Setiap tahun, angkanya akan terus meningkat sejalan dengan aktivitas yang dilakukan dalam tambang.

Dari uraian di atas apakah Anda sudah bisa menangkap apa yang dimaksud dengan deplesi? Jika belum, maka di bawah ini akan dibahas secara singkat mengenai pengertian dan berbagai faktor di sekitarnya.

Apa itu Deplesi?

Secara singkat deplesi adalah berkurangnya nilai yang disebabkan oleh pengolahan pada sumber daya alam, karena sumber daya alam merupakan sumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Prosedur penghitungan deplesi harus memperhatikan taksiran nilai sisa, taksiran ekonomi, dan juga harga perolehan aktiva.

Metode Menghitung Nilai Deplesi

Sebelum menghitung nilai penyusutan pada sumber daya alam, harus diketahui harga pembelian atau biaya yang dikeluarkan. Biaya dihitung mulai dari dana yang dikeluarkan untuk proses ekstraksi sumber daya alam hingga mengurus proses perijinan. Selanjutnya perkiraan sisa tambang yang tersisa, hasil tambang yang dapat dimanfaatkan serta juga barel dan tonasenya.

Dalam menghitung nilai deplesi, dilakukan pula proses koreksi agar nilai yang ditaksir sesuai. Nilai ini dihitung per unit dan kemudian diperiksa ulang dan diperbaiki. Untuk menghitung nilainya selalu digunakan data terbaru dan bukannya data tahun sebelumnya.

Contoh Cara menghitung Deplesi

Sebuah lahan tambang dibeli dengan harga Rp 10.000.000,00, dengan taksiran isi 150.000 ton. Setelah dieksploitasi nilai tanah diperkirakan Rp 1.000.000.00, maka deplesinya :

Deplesi = (Rp10.000.000 – Rp1.000.000)/150.000 = Rp60 per ton.

Jika pada tahun tersebut tambang menghasilkan 10.000 ton, maka nilai deplesinya menjadi, Rp60 x 10.000 = Rp600.000

Manfaat Mengetahui Nilai Deplesi

Menghitung macam-macam deplesi sumber daya alam seperti tambang emas, batu bara, minyak, dan lain sebagainya memiliki beberapa manfaat yang penting. Diantaranya untuk mengetahui sisa sumber daya alam yang ada, serta memaksimalkan penggunaannya. Penghitungan ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi kelangkaan sumber daya alam.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa deplesi adalah penyusutan nilai sumber daya alam karena aktivitas yang dilakukan. Tingkat penyusutan ini tidak bisa dihentikan atau dikembalikan seperti semula karena sumber daya alam merupakan sumber daya yang tidak bisa diperbaiki. Sehingga agar tidak terjadi kelangkaan, perlu untuk menghitung nilainya.

Untuk menghitung nilainya, saat ini menggunakan 3 cara mulai dari taksiran sisa, ekonomi, dan harga perolehan aktiva. Dengan mengetahui nilai yang sesungguhnya maka berapa sisa sumber daya yang ada bisa diketahui.

Jadi, apabila Anda ingin melakukan investasi dalam bidang pertambangan maka perhatikan juga nilai deplesi yang ada. Jika perlu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan berbagai pihak seperti bank, agar semuanya bisa terkontrol dan Anda bisa membuat keputusan investasi yang tepat.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com