Moneyfazz
Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang DJP Online
Home » Pajak » DJP Online: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentangnya

DJP Online: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentangnya

DJP Online merupakan aplikasi One-Stop Tax Services yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak demi mempermudah masyarakat untuk menunaikan kewajiban perpajakan. Layanan DJP Online secara signifikan bisa digunakan untuk para wajib pajak untuk meningkatkan angka kepatuhan perpajakan. Dengan menggunakan DJP Online, kamu sebagai wajib pajak bisa log in ke website DJP Online dan menggunakan berbagai layanan situs resmi ini. Berikut penjelasan lengkap tentang pembayaran pajak online ini!

Definisi dan fungsi DJP Online

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, DJP Online adalah aplikasi pada website yang bisa digunakan untuk membuat akun wajib pajak dan membayar pajak tahunan secara online. Dengan DJP Online, kamu tidak perlu pergi ke kantor layanan pajak untuk mendaftar wajib pajak dan membayarkan pajak tahunan. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk aplikasi E-Filing, pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan pembuatan kode atau ID Billing.

Secara umum, ada dua fungsi DJP Online untuk para wajib pajak:

  • Pembuatan kode billing pajak untuk pembayaran pajak terbagi dalam SSE1, SSE2, dan SSE3. Kode ini bisa digunakan wajib pajak untuk membayar pajak tanpa harus mendatangai kantor pajak sekitar.
  • Pelaporan SPT Masa dan SPT Tahunan (e-SPT, DJP Online, dan e-Form) secara online. Pelaporan bisa dengan mengisi SPT atau mengunggah dokumen CSV SPT.

Cara daftar akun DJP Online

Berikut ini tahapan registrasi akun di DJP Online:

  • Mendapatkan kode e-Fin pajak. Caranya, kamu bisa datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk pengajuan dan aktivasi. Kamu cukup membawa fotokopi KTP dan fotokopi kartu NPWP. Kemudian, isi formulir e-FIN dan lakukan aktivasi. Tunggu hingga ada notifikasi via email, dan e-FIN kamu sudah aktif.
  • Daftar DJP Online. Caranya, kamu bisa membuka website DJP dan login dengan NPWP dan kode e-FIN. Ketikkan kode keamanan yang muncul dan klik “Verifikasi”.
  • Setelah berhasil verifikasi, kamu bisa membuat password untuk akunmu. Langkah ini dimulai dengan kamu memasukkan email dan nomor HP aktif. Kemudian masukkan juga kode keamanan dan selanjutnya membuat password. Cek email untuk memastikan bahwa registrasi berhasil.
  • Langkah terakhir adalah aktivasi tautan DJP dan mulai menggunakannya. Jika kamu sudah menerima email setelah proses registrasi, klik “aktivasi”. Proses ini sukses jika kamu mendapati notifikasi “aktivasi akun berhasil.” selanjutnnya, klik “ok” dan lanjutkan ke menu login yang ada di website DJP Online. Masukkan nomor NPWP dan password. Jika proses ini berhasil, kamu langsung bisa menggunakan layanan yang disediakan. Namun jika belum berhasil, maka bisa tunggu dalam jangka waktu tertentu atau ulang 1-3 kali.

Syarat lapor e-Filling pajak online SPT tahunan

Untuk bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan Pribadi, kamu bisa melakukannya secara langsung di DJP Online. Berikut syaratnya:

  • Sudah memiliki e-FIN pajak karena ini syarat utama pelaporan SPT tahunan.
  • Mengisi formulir SPT pribad atau formulir1721A1 untuk kamu yang bekerja di perusahaan.
  • Akun aplikasi e-Filling.

Jika kamu ingin melaporkan SPT tahunan dengan menggunakan DJP Online, maka syarat di atas wajib dipenuhi. Jika tidak, maka proses pelaporan kamu bisa terhambat.

Dengan adanya aplikasi pembayaran pajak secara online melalui DJP Online, diharapkan hal ini akan mempermudah para wajib pajak memenuhi kewajibannya untuk membayarkan pajak tahunan. Di samping itu, DJP Online merupakan sebuah cara yang ditempuh oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk meningkatkan angka patuh pajak di Indonesia.

Kalau kamu saat ini belum memiliki NPWP, maupun akun wajib pajak, segera kunjungi kantor pajak terdekat untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi e-FIN sehingga selanjutnya bisa menggunakan DJP Online untuk pembayaran SPT Tahunan. Semoga informasi ini membantu!

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com