Moneyfazz
Home » Investasi » Apa Itu Reksadana? Kelebihan dan Cara Berinvestasi Kedalamnya

Apa Itu Reksadana? Kelebihan dan Cara Berinvestasi Kedalamnya

Tren investasi di Indonesia sudah semakin meningkat dari waktu ke waktu. Mereka yang memiliki dana atau modal banyak lebih memilih untuk investasi daripada menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan. Dengan investasi, diharapkan pemasukan pasif bisa masuk lebih banyak.

Meski tren untuk melakukan investasi sudah semakin tinggi, literasi masyarakat terkait hal ini masih sangat rendah. Sebagian besar hanya tahu kalau melakukan investasi akan memberikan banyak keuntungan, padahal kerugian pun juga bisa didapatkan. Oleh karena itu pemahaman tentang jenis investasi adalah hal yang sangat penting termasuk reksadana.

Apa Itu Reksadana?

Apa itu reksadana? Secara sederhana reksadana adalah dana yang dikumpulkan dari masyarakat atau nasabah. Dana ini nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh seorang Manajer Investasi atau MI. Pada akhir periode pemilik modal akan mendapatkan laporan dan juga keuntungan (mungkin juga rugi).

Portofolio adalah kumpulan efek yang terdiri dari surat berharga seperti saham, obligasi, surat berharga, dan deposito. Reksadana akan memberikan modal pada beberapa efek ini dan umumnya tidak berkonsentrasi pada satu tempat saja.

Terkadang dana yang dimasukkan dan dikelola oleh seorang MI akan dipakai ke beberapa efek dan lintas jalur. Misal ke saham perusahaan A sebesar sekian persen lalu ke obligasi sebesar sekian persen.

Manajer Investasi sendiri adalah orang berpengalaman yang akan melakukan investasi dari modal yang diberikan. Mereka akan mendapatkan bayaran sekian persen dari total investasi. Anda hanya perlu duduk diam dan menunggu apakah investasi berjalan dengan baik atau tidak.

Kelebihan Reksadana

Reksadana dipilih oleh banyak orang karena memberikan banyak kelebihan dibandingkan jenis investasi yang lain. Berikut kelebihan reksadana selengkapnya.

Memberikan Keuntungan Besar

Kalau dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, reksadana mampu memberikan cukup banyak keuntungan. Rata-rata portofolio efek mampu memberikan keuntungan sampai 20% per tahunnya. Semakin besar modal yang diikutkan investasi, keuntungan yang didapatkan juga besar.

Karena memberikan keuntungan yang sangat besar, reksadana kerap dijadikan sebagai modal untuk pendidikan anak di masa depan atau dana cadangan kalau ada situasi darurat. Setiap tahun keuntungan akan didapatkan dan bisa segera digunakan.

Dikelola Manajer Investasi

Saat membeli reksadana yang perlu Anda lakukan hanyalah duduk dan memperhatikan perkembangannya. Anda tidak perlu bingung apakah nanti ada tren naik atau turun dari saham dan hal teknis lainnya. Semua akan dilakukan oleh MI yang sangat berpengalaman.

Seorang MI biasanya bekerja sama dengan platform penyedia reksadana untuk melakukan investasi secara langsung. Mereka akan berusaha menempatkan modal ke pos-pos efek yang mampu memberikan keuntungan besar.

Diversifikasi Risiko

Syarat dari reksadana adalah membagi modal ke banyak efek sesuai dengan kebutuhan dan juga tren. Karena dibagi-bagi, kalau salah satu terjadi rugi tidak akan berdampak pada semua modal. Jadi, Anda tidak akan langsung rugi. Bisa saja investasi lain mengalami kenaikan dan mendapatkan untung.

Bisa Mulai Investasi dengan Modal Kecil

Salah satu ketakutan terbesar dari seseorang sebelum melakukan investasi adalah modal harus besar. Padahal dengan menggunakan reksadana, modal yang diinvestasikan cukup Rp100.000 saja. Beberapa penyedia layanan ini ada yang sampai menetapkan hanya Rp10.000 saja.

Dengan modal yang kecil Anda bisa mencobanya dahulu tanpa takut mengalami kerugian. Kalau dirasa sudah cocok bisa ditambah lagi modalnya agar untung yang didapatkan kian naik.

Bisa Beli secara Online

Kelebihan terakhir dari investasi menggunakan reksadana adalah bisa dibeli secara online, bahkan menggunakan ponsel. Sebelumnya reksadana cukup rumit dibeli sehingga banyak orang malas melakukannya. Saat ini bisa diakses langsung dari ponsel dan perkembangannya terlihat.

Proses juga bisa dilakukan dengan sangat cepat. Anda hanya perlu mentransfer uang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya segera pilih mana jenis investasi yang ingin dilakukan sesuai dengan nilai risiko yang didapatkan. Beberapa platform menyediakan fitur otomatis untuk melihat berapa risiko investasi yang dilakukan.

Kekurangan Reksadana

Meski memiliki banyak kelebihan, investasi dengan reksadana masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang akan terjadi.

  • Membayar Manajer Investasi dan biaya lainnya. Mau tidak mau Anda harus tetap mengeluarkan biaya dan itu akan berimbas pada untung yang didapatkan. Kalau modal Anda kecil, semakin sedikit pula keuntungan yang diperoleh.

  • Masih bisa rugi karena investasi tidak selalu stabil.

  • Kemungkinan reksadana ditutup dan tidak bisa berjalan dengan baik sehingga dana harus dikembalikan.

  • Kemungkinan Manajer Investasi tidak melakukan tugasnya dengan baik sehingga menimbulkan kerugian nasabah.

Demikianlah ulasan tentang apa itu reksadana dan beberapa hal terkait dengan jenis investasi ini. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat dan menambah literasi tentang Reksadana.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com