Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

5 Asuransi Kendaraan Mobil Terbaik 2021 di Indonesia

Kecelakaan lalu lintas, pencurian, dan kerusakan merupakan risiko yang bisa menimpa mobil Anda kapan saja. Dengan penghasilan terbatas, tentu risiko-risiko tersebut dapat menimbulkan kerugian secara finansial. Karena itulah, Anda perlu menggunakan asuransi kendaraan mobil terbaik 2021.

Ingin tahu mana saja asuransi yang tepat untuk mobil Anda? Simak daftar rekomendasi asuransi berikut ini.

Asuransi AXA 

Asuransi AXA memiliki produk asuransi mobil dengan beberapa manfaat unggulan, yaitu layanan derek, new for old, dan kehilangan kunci kendaraan. Layanan derek meliputi penggantian biaya derek akibat mogok di jalan raya atau kecelakaan lalu lintas.

Sementara manfaat new for old diberikan saat Anda mengalami kerusakan atau kehilangan mobil. Untuk syarat pengajuan klaim, salah satunya tidak boleh melebihi waktu enam bulan sejak kejadian.

Tak hanya manfaat beragam, asuransi AXA juga menyediakan empat tipe perlindungan. Anda bisa memilih Basic Total Lose, Comprehensive, Smart Drive, atau Smart Drive Comprehensive. Dengan memilih salah satu tipe tersebut, Anda akan memperoleh perluasan manfaat.

Perluasan manfaat yang diberikan berupa jaminan atas kerusuhan dan pemogokan akibat banjir maupun kerusakan elektrik. Tentu saja, jaminan tersebut berlaku untuk semua jenis mobil penumpang pribadi.

Allianz MobilKu Grand

Anda ingin mendapatkan jaminan kerusakan dan kerugian hingga 75 persen? Allianz MobilKu Grand merupakan pilihan asuransi mobil yang tepat. Jaminan tersebut diberikan Allianz jika kendaraan Anda tidak bisa ditemukan dalam waktu 60 hari. Selain itu, Allianz MobilKu menjamin segala kerusakan pada mobil.

Kerusakan tersebut dijamin dengan biaya maksimal Rp75 juta per kejadian. Jika pengemudi atau penumpang mengalami cedera, biaya pengobatan yang diberikan sebesar Rp10 juta. Sementara itu, pemegang asuransi mendapatkan maksimal Rp10 juta atas kerusakan harta pribadi di dalam mobil.

Untuk kerusakan mobil, Allianz juga menawarkan layanan klaim perbaikan di bengkel rekanan. Jika ada kerusakan minor, estimasi klaimnya sekitar Rp1,5 juta per periode pertanggungan. Dana klaim tersebut akan ditransfer langsung ke rekening pemilik polis asuransi.

Jasindo Oto Insurance

Mengusung slogan “Aman di Hati, Ringan di Premi”, Jasindo Oto Insurance berupaya memberikan manfaat terbaik untuk nasabahnya. Perusahaan yang berdiri sejak 1973 ini menawarkan asuransi mobil dengan tiga pilihan paket. Mulai dari paket Gold, Silver, sampai Classic.

Mengenai jaminan, Jasindo Oto Insurance memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan mobil. Seluruh atau sebagian kejadian tersebut bisa diklaim jika disebabkan oleh kecelakaan, kejahatan, kebakaran, pencurian, maupun kerusuhan.

Bahkan, Jasindo Oto Insurance menyediakan jaminan bagi mobil yang rusak akibat bencana alam. Mulai dari banjir, badai, angin topan, gunung meletus, hingga gempa bumi. Tentu saja, jaminan tersebut diberikan jika ada memenuhi nasabah mengambil perluasan asuransi.

Lalu, bagaimana dengan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga?

Dalam hal tanggung jawab terhadap pihak ketiga, Jasindo memberikan ganti rugi atas kerusakan harta benda milik nasabah. Jika nasabah mengalami cedera atau meninggal dunia, Jasindo Oto memastikan adanya santunan. Selain itu, Jasindo menjamin biaya perkara para ahli.

Kerennya, Jasindo Oto juga menyediakan manfaat tambahan, antara lain bengkel reguler atau sesuai paket dan pertanggungan peralatan nonstandard. Jika Anda membutuhkan suku cadang, Jasindo Oto memastikan orisinalitasnya. 

Istimewanya, Anda pun bisa mendapatkan manfaat berupa Constructive Total loss melebihi 70 persen pasaran dari Jasindo. Semua itu dapat diklaim hanya dalam waktu 30 hari. Kalau tidak ada klaim, Anda akan memperoleh bonus dari Jasindo Oto.

Meski hampir semua kejadian dijamin Jasindo Oto, tetap ada pengecualian. Perusahaan asuransi ini memberikan pengecualian atas penggelapan, penipuan, pengemudi mabuk, dan tidak ada dokumen mobil.

Asuransi Malaca

PT Malaca Trust Wuwungan merupakan salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia. Malaca Trust menawarkan produk asuransi mobil yang telah dipercaya selama puluhan tahun oleh masyarakat. Pasalnya, asuransi tersebut mampu menjamin berbagai risiko.

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih di Malaca Trust, yaitu All Risk Malaca Trust dan TLO. Di samping itu, Malaca Trust juga menyediakan bengkel rekanan di berbagai wilayah Indonesia. 

MNC Insurance

Siapa yang tidak mengetahui perusahaan MNC Group? Korporasi terbesar di Indonesia berdedikasi selama puluhan tahun dengan mengeluarkan produk terbaik. Salah satu produk terbaiknya adalah MNC Insurance.

MNC Insurance menawarkan proteksi untuk mobil Anda dengan beberapa manfaat unggulan. Pertama, manfaat new for old—yang menyediakan jaminan penggantian mobil baru akibat kecelakaan. Syaratnya, kecelakaan tersebut harus terjadi selama 8 bulan pertama.

Ada pula manfaat personal effect; jaminannya berupa ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan harta benda di mobil. Selain itu, MNC Insurance menyediakan manfaat towing car di area Jabodetabek, ambulans, emergency roadside assistance, dan call centre.

Jadi, manakah asuransi kendaraan mobil terbaik 2021 pilihan Anda? Tentukan opsinya mulai saat ini, lalu ciptakan kenyamanan dan keamanan Anda sendiri.

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.