Moneyfazz
Penurunan Bunga Kartu Kredit
Home » Berita Utama » Bantu Nasabah, Bunga Kartu Kredit BCA Diturunkan Hingga 2%

Bantu Nasabah, Bunga Kartu Kredit BCA Diturunkan Hingga 2%

Di tengah pandemi covid-19 perlambatan ekonomi menyerang berbagai pelaku usaha maupun perseorangan. Hal ini mempengaruhi stabilitas kemampuan pembayaran kredit oleh masyarakat. Kebijakan penurunan bunga kartu kredit pastilah akan sangat membantu, namun bagaimana menyelaraskan kebijakan ini dengan kondisi bisnis di lapangan?.

Senada dengan BI terkait dengan kebijakan kredit ditengah pandemi corona, BCA juga berencana untuk menteken regulasi tersebut. Memiliki lebih dari 4 Juta peminjam sepanjang 2019 dan terus tumbuh hingga kini, membuat regulasi semacam ini perlu langkah tepat.

Suku bunga kredit yang diberikan kepada debitur tentu akan mempengaruhi kondisi bisnis. Semakin kecil bunga yang diberikan pastinya akan membuat investor berpikir 1000 kali menanam modalnya di Bank tersebut.

Namun lain cerita saat ini, yang mana roda perekonomian yang sedang lesu akibat terjangan covid-19 di awal tahun 2020 ini.

Pengaruh terbesar bukan pada kemauan investor namun, bagaimana masyarakat tetap mampu untuk membayar tagihan kreditnya. Sehingga stimulus untuk modal bank masih tetap berjalan.

Kebijakan penangguhan kredit yang diberikan kepada peminjam untuk sektor produktif tidak serta merta mendapat respons yang positif.

Kebijakan-kebijakan serta pengaruh kondisi masyarakat ini membuat perbankan harus bersikap kooperatif untuk membantu lini perekonomian. Dari hal tersebut seperti dilansir pada liputan6 oleh Executive Vice President Secretariat Bank BCA Hera F Haryn, Pihak Bank menurunkan bunga kredit BCA 2020 hingga 2%.

Sebelumnya bunga pada kartu kredit BCA adalah 2,25%, menurut Hera F Haryn penurunan ini adalah satu langkah untuk membantu peningkatan ekonomi. Selain kebijakan penurunan kredit, BCA juga sudah menteken kebijakan penyesuaian denda dan ketentuan pembayaran minimum.

Kebijakan lainnya seperti batas minimum pembayaran juga ikut turun yang semula dari 10% menjadi 5%.

Para nasabah pada hari ini tentu sangat kesulitan dalam membayar pinjaman. Stimulus semacam ini tentu sangat dibutuhkan. Tentunya ini bisa menjadi angin segar dan membuat senang nasabah tutur Hera.

Sebenarnya kebijakan penurunan kredit ini sudah dilakukan oleh bank-bank lain. Bunga kartu kredit BRI misalnya, penurunan ini juga sudah mulai disosialisasikan. Masyarakat yang memiliki cicilan kartu kredit BRI sudah mulai menerima sosialisasi melalui surel, akun sosmed BRI, Whatsapp, dll.

Namun perlu diperhatikan oleh masyarakat bahwa kebijakan ini mulai diberlakukan mulai 1 Mei hingga Akhir Desember 2020.

Masyarakat pemegang kartu kredit mulai saat ini tentu bisa sedikit bernafas lega, pasalnya kebijkan seperti ini sangat membantu. Seperti yang dituturkan oleh Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, kebijakan ini ditujukan untuk menjaga kelangsungan dari bisnis kartu kredit.

Demikian kabar terkait kebijakan penurunan bunga kartu kredit yang dilakukan oleh bank di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com