Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Baru Naik Seceng, Emas Nyungsep Rp. 12000 per Gram Hari Ini

Harga Emas

Anjlok lagi, jadi istilah tepat untuk menggambarkan harga emas pada hari ini. Pasalnya baru naik Seribu pada perdagangan hari Jumat kemarin emas  langsung balik turun Rp. 12.000 per gramnya.

Banyak hal yang menjadi dasar kenapa emas bisa turun drastis pada pekan pekan ini. Salah satunya yaitu kembali diminatinya mata uang di pasar spot setelah new normal. Aset safe haven seperti emas akan gampang sekali terpuruk dan ditinggal oleh hal ini.

Karena emas dianggap sebagai penyelamat aset manakala investasi buntu tidak likuiditas dan cenderung berisiko. Sehingga saat mata uang kembali likuid dan kembali aman aman apalagi ditambah posisi dolar yang menguntungkan untuk dibeli emas dunia langsung kehilangan pamornya.

Apalagi reboundnya dolar setelah lama terpuruk pada pertengahan pekan ini langsung jadi momentum dimana pelaku pasar spot dan pasar emas untuk berburu dolar. Hal ini dapat dilihat dari grafik indeks dolar yang cenderung menguat mulai hari Rabu hingga Kamis.

Selain kembali diminatinya dolar capaian new normal yang menyegarkan roda perekonomian juga menjadi alasan. Hal ini terlihat kuatnya arus masuk investor yang membeli aset saham di berbagai sektor.

Contoh yang paling santer adalah saham Amerika seperti Dow Jones, S&P 500, dan NASDAQ yang anteng menghijau walau dolar hadapi krisis kepercayaan.

Naiknya saham-saham Amerika ini memberikan dampak pada emas dunia. Untuk akhir perdagangan pekan ini emas berjangka untuk pengiriman Juli turun 0,98% selama sepekan. Atau turun dari level $1.739,22 per troy ons ke level $1.683,86 per troy ons.

Dilihat dari segi supply and demand emas tidak sebegitu bermasalahnya seperti kondisi minyak saat ini. Hanya saja berada posisi yang tidak menguntungkan menyebabkan emas turun cukup dalam pekan ini.

Sedangkan efek dari kondisi perubahan kurs antara dolar Amerika terhadap rupiah malah memberikan dampak yang lebih besar lagi.

Laju penguatan rupiah terhadap dolar selama sepekan ini memang bikin geleng-geleng. Pasalnya rupiah berada pada kondisi yang fit hingga bisa melibas dolar sampai tembus level keramat Rp. 14.000.

Turunnya kurs dolar Amerika terhadap rupiah ini juga menurunkan harga emas dalam negeri.

Emas antam untuk perdagangan hari Sabtu pagi ini turun Rp. 12.000 per gramnya. Emas Pegadaian di pagi ini turun Rp. 7.220 untuk ukuran 100 gram.

Faktor mikro ekonomi dalam negeri dimana laju inflasi yang masih terkendali walaupun dihantam krisis ekonomi karena corona. Sukses membuat rupiah bertahan hingga mampu memikat para pelaku pasar spot.

Sempat alami kenaikan pada perdagangan Jumat kemarin, namun kenaikan tersebut tidak berlangsung lama. Emas Antam hari ini terjun bebas kembali hingga turun sebanyak Rp. 12.000 per gramnya.