Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Bersiap Hadapi New Normal Di Tengah Pandemi Covid-19

New Normal ditengah pandemi corona menjadi tren baru yang tampaknya memang harus siap dihadapi semua orang di dunia.

New Normal sejatinya adalah pola hidup baru yang akan diimplementasikan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sejak Pandemi Covid-19 yang mulai ramai di Indonesia pada Maret lalu, aktifitas masyarakat terpaksa berubah demi menekan penyebaran virus corona lebih banyak lagi.

Masyarakat diimbau untuk tetap tinggal dirumah. Sekolah ditutup dan diganti dengan belajar online, tempat ibadah ditutup dan orang-orang hanya boleh melakukan ibadah dirumah saja dan bekerja juga dianjurkan untuk dilakukan dirumah saja.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan hal ini juga berlaku di dunia. Pengecualian hanya dilakukan bagi orang-orang yang memang terpaksa berkegiatan di luar rumah.

Untuk perubahan ini berdampak ke banyak sektor. Yang paling terlihat adalah pada sektor ekonomi, sementara anda tak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Tinggal di rumah lebih lama lagi tentu akan benar-benar mengguncang keseimbangan perekonomian. Untuk itu beberapa negara sudah melonggarkan kebijakan terkait aktifitas warga.

Sementara itu, yang tak kalah harus disadari adalah, virus Covid-19 masih terus mengancam jiwa semua orang karena korban jiwa masih terus ada.
Berkat situasi yang terjadi ini akhirnya pola hidup New Normal mulai direncanakan.

Menurut Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiki Adisasmita menyampaikan, New Normal adalah perubahan perilaku untuk menjalankan aktivitas seperti sedia kala dan juga ditambah penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona.

Lebih lanjut Wiki menyatakan bahwa prinsip utama dari New Normal adalah menyesuaikan dengan pola hidup.

New normal yang rencananya akan diterapkan ini adalah cara menjalani kehidupan sampai dengan nanti ditemukannya vaksin yang dapat menangkal virus corona.

Transformasi ini adalah untuk menata kehidupan dan perilaku baru di tengah pandemi yang kemudian nantinya akan dibawa terus sampai ditemukannya vaksin.

Karena berdasarkan informasi beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia memastikan bahwa kemungkinan ditemukannya vaksin paling cepat adalah di tahun 2021.

Ini artinya masyarakat harus tetap menjalani kehidupan New Normal hingga tahun depan atau lebih belum bisa dipastikan.

Perubahan perilaku dan pola hidup menjadi kunci utama untuk menghadapi Covid-19 dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Adapun konsep hidup New Normal ini sangat ditekankan oleh WHO yang merupakan badan kesehatan dunia.

Dirut Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan pemerintah suatu negara atau wilayah saat melakukan pelonggaran pembatasan ditengah pandemi.

Salah satunya yaitu dengan mendidik melibatkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup di bawah konsep New Normal.

Di sisi lain, dikutip dari laman covid19.go.id, jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia kini totalnya 18.496 kasus.

Untuk yang dirawat ada sebanyak 12.808. Dinyatakan meninggal ada 1.221 kasus, dan dinyatakan sembuh sebanyak 4.467 kasus.