Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Dapatkan Status BI Checking Anda dengan Menagkses SLIK Secara Online

status kualitas kredit

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa BI checking saat ini sudah berubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Di mana dengan sistem ini, semua data terintegrasi sehingga debitur dan kreditur lebih mudah mendapatkan informasi.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih lengkap mengenai SLIK dan bagaimana Anda mengetahui skor kredit melalui sistem ini. Tentunya ada juga tips yang membantu Anda untuk memperbaiki skor kredit. Jadi catat poin-poin pentingnya!

Dulu BI Checking Sekarang SLIK

Jika sebelumnya Anda mengenal BI Checking, sekarang sistemnya sudah diubah menjadi SLIK. Perubahan ini terjadi karena pengawasan perbankan dipegang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Makin meluasnya perusahaan non bank yang menjalankan usaha di sektor keuangan tentunya menjadi salah satu alasan kenapa tanggungjawab mengenai pengawasan dan informasi kredit diserahkan ke OJK.

Perlu diingat, bahwa cakupan kerja OJK ini cukup luas. Mulai dari bank, koperasi simpan pinjam, lembaga keuangan mikro, peers to peers lending, perusahaan modal ventura, perusahaan pembiayaan infrasrtuktur, dan pegadaian.

Jadi, jika dulu untuk mengetahui skor kredit Anda harus ke kantor Bank Indonesia (BI), sekarang Anda bisa mendapatkannya lewat OJK. Adapun cara untuk cek skor kredit Anda ini bisa dilakukan secara online.

Cara Cek BI Checking Melalui SLIK

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk cek skor kredit lewat SLIK. Perlu diketahui juga, informasi mengenai Anda sebagai debitur, disebut sebagai Informasi Debitur atau iDeb. Simak beberapa poin berikut ini untuk lebih jelasnya.

1. Daftar antrian online

Kunjungi situs konsumen.ojk.go.id lalu isi data yang dimintas, serta pilih waktu antrian.

1. Isi data lengkap

Setelah mendapatkan waktu antrian dan klik tombol “Lanjut”, Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta data-data Anda. Isi semua informasi yang diminta dengan benar. Jangan lupa untuk perhatikan di bagian alamat, Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom alamat. Di kolom “Alamat”, Anda isi dengan alamat sesuai dengan kartu identitas. Sedangkan, di kolom “Alamat Lain” Anda isi dengan alamat yang pernah ditempati selain alamat identitas.

Setelah mengisi semua informasi ini, Anda kemudian harus mengunggah atau upload beberapa dokumen yang dibutuhkan. Adapun dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Debitur perorangan dokumen yang dibutuhkan adalah KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA
  2. Debitur badan usaha:

     – Identitas pengurus (KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA)      

     – NPWP milik badan usaha

     – Akta pendirian/ anggaran dasar pertama

     – Akta pendirian/ anggaran dasar terakhir (jika ada perubahan)

Setelah semua lengkap, klik “Kirim” untuk proses selanjutnya.

2. Verifikasi data Anda

Selanjutnya Anda akan menerima email dari pihak OJK yang berisi bukti registrasi. OJK kemudian akan melakukan proses verifikasi data terlebih dahulu. Biasanya, hasil verifikasi sudah bisa Anda terima H-2 dari jadwal yang sudah Anda pilih.

Jika dari hasil verifikasi semua persyaratan terpenuhi, maka Anda akan mendapatkan email dari OJK yang berisi instruksi selanjutnya untuk mendapatkan iDeb Anda. Instruksi yang tertera adalah sebagai berikut.

  1. Cetak lampiran formulir pada email, lalu isi dengan benar dan tanda tangan sebanyak 3 kali.
  2. Kirim foto atau scan formulir yang sudah diisi dan ditanda tangani, serta selfie Anda dengan menunjukkan KTP ke nomor WhatsApp yang tertera pada email.
  3. Jika Anda mewakili debitur sebagai ahli waris, maka Anda harus mengirimkan dokumen tambahan berupa Akta/ Surat Keterangan Kematian dan Akta/ Surat Keterangan Ahli Waris.
  4. Pihak OJK akan memverifikasi data Anda melalui WhatsApp. Jika diperlukan, mereka akan menelepon lewat aplikasi ini juga.
  5. Jika semua dokumen sudah memenuhi syarat dan dinyatakan lolos verifikasi, Anda akan menerima hasil iDeb melalui email. OJK juga menyertakan cara membaca iDeb pada email yang sama.

Bagi Anda yang menemukan kesulitan dalam proses mendapatkan iDeb ini, bisa langsung menghubungi OJK lewat telepon (157), email konsumen@ojk.go.id, dan WhatsApp 081-157-157-157. Penting juga untuk diingat, bahwa proses cek skor kredit ini atau iDeb tidak memakan biaya apapun atau gratis.                 

Kualitas Kredit

Sebagaimana pada BI Checking, dalam iDeb pun ada kualitas kredit yang dicantumkan. Ada lima kualitas kredit yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut.

1 – Lancar

2 – Dalam Perhatian Khusus

3 – Kurang Lancar

4 – Diragukan

5 – Macet

Semua keterangan ini akan dicantumkan lengkap dengan tanggal dan jumlah hari tunggakannya. Jadi Anda bisa mengetahui dengan detail mengenai kualitas kredit Anda.

Tips Perbaiki Kualitas Kredit

Ketika Anda menemukan status atau skor kredit Anda berada dalam kategori mengkhawatirkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas kredit ini. Perhatikan dan catat tipsberikut ini.

1. Jangan ajukan utang baru

Pada masa Anda harus menyelesaikan tanggungjawab utang, jangan sampai Anda mengajukan utang baru. Memang, tidak menutup kemungkinan bahwa pihak penyedia pinjaman akan menyetujui pengajuan utang. Namun, langkah ini tidaklah bijak karena akan menambah angka buruk pada kualitas kredit Anda. Jadi, pastikan Anda menyelesaikan tunggakan utang sebelum mengajukan yang baru.

2. Lunasi tunggakan

Ini adalah langkah yang paling penting. Jadikan utang yang harus dilunasi saat ini sebagai prioritas. Pastikan Anda menyediakan budget per bulannya untuk melunasi utang sesuai tenggat waktu.

3. Benahi keuangan

Terakhir, tentu Anda harus membenahi keuangan, baik itu keuangan pribadi maupun usaha. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tanpa utang. Anda bisa merampingkan budget bulanan Anda dan mulai menyisihkan uang untuk dana darurat.