Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Perkiraan Biaya Hidup di Bandung dari yang Murah sampai Mahal

biaya tinggal di bandung

Punya rencana menetap di Bandung atau berkunjung dalam waktu lama? Penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biaya hidup di sini untuk angka yang ideal setiap bulannya. Bagi anak kost juga bisa memperkirakan biaya hidup paling murah yang pas sesuai dengan kondisi ekonomi. Banyak yang mengatakan biaya hidup di Bandung mahal, benarkah?

Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia memang menjadi salah satu destinasi tujuan favorit banyak orang. Kebutuhan liburan, pendidikan, mencari pekerjaan, bisnis dan sebagainya mengharuskan kamu tinggal beberapa waktu di Bandung. Bagaimana perkiraan biaya hidup di kota kembang tersebut?

Biaya Tempat Tinggal di Bandung

Ilustrasi

Berapa biaya kost di Bandung? ini tentu jadi pertanyaan pertama yang harus dijawab saat akan tinggal dalam waktu yang lama. Terutama jika ingin menempuh studi bagi mahasiswa, biaya tempat tinggal ini tentu jadi pertimbangan yang mutlak.

Tempat tinggal di Bandung cukup beragam jenisnya, mulai dari apartemen, kost, villa, atau kontrakan. Biaya kost dengan fasilitas standar di Bandung dibanderol pada kisaran harga Rp600 ribu per bulan. Sementara untuk kalangan elit yang ingin tinggal lebih nyaman bisa memilih apartemen.

Biaya apartemen di Bandung per bulannya sekitar Rp3 juta hingga Rp4 juta. Bila ingin lebih nyaman dan tinggal bersama keluarga bisa memilih tempat tinggal apartemen. Kalau ingin tinggal di tempat yang lebih terjangkau, bisa memilih asrama yang disediakan sekolah, kampus atau instansi lain tempat kamu bekerja atau menempuh pendidikan.

Sementara untuk biaya kontrakan rumah tergantung lokasi dan fasilitas rumah yang dipilih. Biaya kontrakan umumnya di atas Rp1 juta tergantung jenis dan tipe rumah yang dipilih.

Kalau ingin tinggal beberapa waktu saja selama di Bandung, kamu juga bisa memilih kost harian. Harganya masih lebih murah dibandingkan sewa hotel. Harga hotel di Bandung juga sangat bervariasi. Hotel mulai dari Rp100 ribuan juga tersedia dengan fasilitas yang menyesuaikan.

Hotel bintang yang mewah sangat banyak di Bandung. Kalau kamu memiliki budget tak terbatas bisa memilih tinggal di hotel atau apartemen untuk lebih nyaman.

Biaya Makan di Bandung

Selain biaya tempat tinggal, hal yang penting kamu tahu selanjutnya adalah berapa biaya makan di Bandung? Biaya makan di kota kembang hampir sama dengan biaya makan di Jakarta. Lebih mahal dibandingkan biaya makan harian di Kota Jogja.

Standar biaya makan untuk di Bandung bisa diperkirakan untuk sarapan sekitar Rp15 ribu, makan siang Rp20 ribu dan makan malam Rp20 ribu. Biaya ini diperkirakan dengan lauk makan standar untuk sekali makan. Jadi untuk satu hari biaya makan bisa mencapai Rp60 ribu sampai Rp70 ribu.

Kalau kamu ingin mendapatkan menu-menu makanan dengan anggaran yang lebih murah, bisa mencari tempat makan di lokasi sekitar kampus atau pesantren seperti kawasan Daarut Tauhid. Di sini kamu bisa makan dengan budget di bawah Rp20 ribu untuk sekali makan.

Namun, kalau kamu ingin makan-makan di tempat wisata kuliner terkenal, makan di tempat wisata dan sejenisnya, minimal kamu perlu menyiapkan Rp50 ribu untuk satu kali makan per orang. Bila ingin lebih aman dan kenyang setidaknya kamu perlu biaya Rp100 ribu per orang untuk makan di resto.

Bila ingin mendapatkan suasana yang berbeda di Bandung sekaligus bisa lebih hemat soal anggaran, kamu bisa mencoba jajanan kaki lima yang ada di Bandung. Mulai dari makanan dan minuman yang harganya mulai dari Rp5 ribu sampai Rp20 ribu per porsi bisa kamu nikmati.

Sebut saja misalnya seperti mie ayam, seblak, cireng, bandrek, cuanki, cimol, cilok dan yang lainnya. Harganya kisaran di bawah Rp20 ribu.

Biaya Transportasi di Bandung

Bagaimana dengan biaya transportasi di Bandung? Secara umum biaya transportasi di Kota Bandung masih lebih terjangkau dibanding biaya transportasi di kota seperti Jakarta. Karena jangkauan wilayahnya dari satu tempat ke tempat lain masih relatif dekat, biaya transportasi pun lebih murah.

Transportasi online di Bandung bisa dimanfaatkan untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh transportasi umum biasa. Biayanya cukup standar dengan kota lain. Selain itu, kamu juga masih bisa naik angkot dengan tarif Rp5 ribu, bisa memanfaatkan kendaraan rental atau wisata yang ditawarkan di dalam kota Bandung.

Jadi dibandingkan biaya makan, biaya transportasi masih lebih terjangkau, apalagi jika kamu memanfaatkan transportasi umum seperti angkot atau transportasi online.

Biaya Kesehatan dan Pendidikan di Bandung

Selain biaya makan, tempat tinggal dan transportasi, gambaran biaya kesehatan dan pendidikan juga perlu kamu ketahui jika ingin tinggal di Bandung.

Biaya pendidikan di Bandung tergantung jenjang pendidikan dan jenis pendidikan yang dipilih. Sekolah negeri relatif lebih murah dibandingkan swasta. Kampus-kampus mahal tersedia di Bandung dengan jaminan kualitas lulusan yang lebih baik.

Sementara untuk sekolah juga bervariasi. Ada yang gratis dan ada pula sekolah swasta yang biaya bulanannya sampai puluhan juta rupiah. Sekolah konsep internasional menawarkan biaya sebesar ini dengan garansi kualitas lulusan yang setara dengan alumni luar negeri.

Biaya kesehatan tergantung pilihan rumah sakit yang dipilih. Jenis rumah sakit berkelas menawarkan tarif yang lumayan mahal apalagi tidak dilengkapi iuran kesehatan. Namun, fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas bisa kamu nikmati dengan mudah layanannya.

Biaya Perjalanan Wisata di Bandung

Aktivitas paling digemari bagi orang yang datang ke Bandung salah satunya adalah wisata. Maka perlu bagi kamu mengetahui gambaran paket wisata yang ditawarkan di Bandung. Berapa biaya paket wisata Bandung yang mungkin terjangkau budget?

Biaya wisata Bandung bisa diirit kalau kamu sudah bisa menanggulangi penginapan dan makan. Transportasi bisa memanfaatkan angkutan online yang lebih murah, sedangkan untuk tiket masuk juga bisa dipilih sesuai anggaran. Ada banyak sekali tempat wisata di Bandung dari yang gratis sampai berbayar.

Di pusat kota saja banyak tempat wisata gratis seperti alun-alun kota, masjid raya, kawasan jalan Asia- Afrika dan sebagainya. Di Lembang pun sangat banyak tempat wisata dengan tiket rata-rata di bawah Rp100 ribu saja. Layanan jasa wisata juga bisa dimanfaatkan untuk biaya perjalanan yang lebih terjangkau.

Akhir Kata

Bagaimana menurutmu biaya tinggal selama di Bandung? Apakah cukup sanggup dengan kondisi keuanganmu saat ini? Sebenarnya soal biaya hidup tergantung pada style hidup orang masing-masing.

Uang Rp100 ribu bisa dimanfaatkan oleh seseorang untuk beberapa kali makan dan bisa juga yang habis untuk sekali makan. Tergantung gaya hidup, yang mana dan seperti apakah kamu? Godaan berbelanja di Bandung juga sangat menggoda. Surga bagi para pecinta produk fashion berkualitas, baik produk lokal maupun impor. Biaya hidup di Bandung untuk kalangan menengah atas tentu lebih wah lagi. Standar harga yang digambarkan di atas khusus untuk standar mahasiswa dan kelas menengah ke bawah. Bagaimana menurut kamu? Bagikan informasi tentang Bandung ini ke rekanmu, siapa tahu ada yang berminat tinggal di Bandung.