Moneyfazz
Home » Tips » Biaya Umroh 2020 dan Tips Memilih Travel Umroh yang Amanah

Biaya Umroh 2020 dan Tips Memilih Travel Umroh yang Amanah

Umroh adalah pengganti haji paling tepat sebagai penawar kerinduan mengunjungi baitullah. Jika haji butuh menunggu antrian, umroh bisa dilakukan langsung tahun ini juga. Kamu hanya perlu menyiapkan biaya umroh 2020 dan syarat administratifnya.

Perbedaan Haji dan Umroh

Walaupun sama-sama mengunjungi ka’bah, haji dan umroh memiliki perbedaan signifikan.

Pertama, dari soal waktu. Haji dibatasi hanya di bulan Dzulhijjah, tepatnya antara 7-10 Dzulhijjah. Sedangkan umroh bebas setiap hari sepanjang tahun.

Kedua, jumlah peserta. Karena haji terbatas waktu, maka di waktu yang sama, jutaan orang berkumpul di satu tempat dan waktu itu. Butuh tenaga dan upaya yang besar untuk bisa beribadah di tengah-tengah lautan manusia. Sedangkan umroh bebas waktunya, maka tak terlalu banyak orang di sana.

Ketiga, penyelenggara. Haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan haji plusnya dilayani oleh swasta. Di umroh, pemerintah tidak menjadi penyelenggara, hanya regulator saja. Karena sifatnya sebagai tour wisata, yang mengurusi semua prosesnya full dari pihak biro umroh.

Keempat, dari segi rukun. Rukunnya memang mirip, tetapi haji lebih banyak dan ada rukun yang hanya ada di haji, antara lain wukuf di Arafah. Yang ini tidak ada di umroh.

Kelima, durasi. Karena rukunnya lebih banyak, yang berkumpul lebih banyak, durasinya jadi lebih lama. Haji bisa butuh lebih dari sebulan, sedangkan umroh sudah bisa selesai dalam 7 – 9 hari.

Oleh karena itu, dibandingkan biaya haji 2020, biaya umroh 2020 akan lebih kecil.

Komponen Biaya Umroh 2020

Seperti halnya haji, komponen biaya umroh digunakan untuk hal-hal yang tak jauh berbeda. Minimal ada 4:

  1. Transportasi udara dan darat
  2. Makan dan penginapan
  3. Administrasi dan operasional
  4. Living Cost di Saudi
  5. Bimbingan umroh
  6. Layanan kesehatan
  7. Dan lain-lain (termasuk keuntungan pihak biro penyelenggara umroh)

Melihat komponen biaya umroh tersebut, harga paket umroh 2020 bisa berbeda tergantung pihak penyelenggara. Dari mana asal perbedaan harga tersebut? Dari modifikasi komponen biaya umroh 2020 itu.

Berbeda dengan haji, pemerintah tidak berperan apapun dalam penetapan harga umroh ini. Kalau haji ditetapkan bersama oleh DPR dan pemerintah dengan masukan dari BPKH, umroh murni domain milik biro penyelenggaranya.

Perbedaan Biaya Umroh 2020

Biaya umroh dapat berbeda dari satu biro travel ke biro travel lainnya. Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berikut ini.

1. Modifikasi Komponen Biaya

Maksudnya adalah, dari komponen biaya umroh yang telah disebutkan di atas, ada yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Contohnya, dari komponen transportasi, peserta umroh dapat memilih untuk menggunakan pesawat tipe eksekutif, bisnis, atau ekonomi. Masing-masing tentu memiliki fasilitas dan pelayanan yang berbeda. Begitu juga dengan harganya.

Contoh lain adalah dari komponen makan dan akomodasi. Ada layanan katering standar, premium, maupun elit. Penginapan pun sama, ada bintang 3, 4, atau 5 yang dapat dipilih. Setiapnya memiliki fasilitas, jenis dan kualitas layanan, serta harga yang berbeda.

2. Paket Umroh Pilihan

Dari modifikasi komponen biaya umroh 2020 tersebut, turunannya akan menjadi  paket umroh yang berbeda. Paling tidak ada 4 paket umroh yang biasanya disediakan oleh biro travel umroh.

Pertama, paket umroh + travel ke negara-negara Arab atau Timur Tengah. Biasanya yang jadi tujuan adalah Turki, Mesir, Qatar, dan lain sebagainya.

Kedua, paket umroh super. Paket ini menggunakan akomodasi bintang 5, transportasi kelas bisnis, dan waktu umroh yang panjang (sampai 15 – 18 hari).

Ketiga, paket umroh premium. Paket ini menggunakan akomodasi bintang 4 atau 5, transportasi kelas bisnis, dan waktu umroh standar  (9 – 10 hari).

Keempat, paket umroh reguler atau standar. Paket ini menggunakan akomodasi bintang 3 – 4, transportasi kelas ekonomi atau bisnis, dan durasi umroh standar.

Kelima, paket umroh backpacker. Ini merupakan jenis paket umroh yang sedang populer. Biasanya tak terlalu memedulikan masalah layanan dan fasilitas, yang penting pengalaman dan kebebasan. Karena itu durasi umrohnya lebih bebas, bahkan bisa disambung lagi dengan tour ke negara-negara tetangga lain.

3. Waktu Keberangkatan Umroh

Melaksanakan umroh memang tidak berbatas waktu, sepanjang tahun bisa. Akan tetapi, ada beberapa waktu yang lebih disukai oleh mayoritas muslim. Bisa disebut sebagai waktu umroh yang high peak, kurang lebihnya.

Kapan saja waktu umroh yang high peak itu? Biasanya ada di bulan Sya’ban, Ramadhan, Syawal, dan Muharram (kalau Dzulhijjah tak perlu ditanya). Di bulan-bulan tersebut, harga umroh mungkin lebih tinggi dari bulan lain. Walaupun perbedaannya tidak terlalu signifikan juga (hanya 2 – 3 juta saja).

4. Asal Keberangkatan Rombongan Umroh

Perbedaan harga umroh juga dipengaruhi oleh asal rombongan umroh. Asal kota ini dapat berpengaruh terhadap biaya umroh meski tidak terlalu signifikan. Paling perbedaannya hanya sekitar 2 – 3 juta.

Yang lebih berpengaruh adalah nomor-nomor sebelumnya. Karena itu bahkan dalam 1 kota sekalipun, harganya bisa jauh berbeda kalau mengambil paket umroh yang berbeda.

Perbedaan harga umroh antara kota-kota ini bisa dipengaruhi oleh standar biaya hidup kota tersebut. Begitu juga transportasi dari dan menuju kota itu.

Sebagai informasi, berikut data beberapa biaya umroh 2020 dari beberapa kota yang dihimpun dari biro-biro travel penyelenggara. Angkat berikut merupakan biaya untuk paket umroh reguler atau standar.

  1. biaya umroh 2020 Jakarta = Rp 22 – 24 juta
  2. biaya umroh 2020 Semarang = Rp 23 – 24 juta
  3. biaya umroh 2020 Magelang = Rp 23 – 24 juta
  4. biaya umroh 2020 Padang = Rp 24 – 25 juta
  5. biaya umroh 2020 Medan = Rp 24 – 26 juta

Biaya umroh reguler atau standar juga dapat berbeda tergantung layanan yang dicover oleh tiap travel umroh di kota tersebut. Misalnya, ada yang mengurusi paspor sekaligus, ada juga yang tidak.

Biaya Umroh di Luar Biaya Travel

Selain dari biaya yang dibayarkan kepada biro travel umroh, kamu perlu mempersiapkan biaya lainnya. Istilahnya, tetek-bengeknya. Apa saja biaya-biaya yang perlu disiapkan untuk tetek-bengek umroh ini?

  1. Visa Saudi Arabia sebesar 300 riyal atau sekitar Rp 1,2 juta
  2. Paspor sebesar Rp 350 ribu (urus mandiri, jika diurus orang lain sekitar Rp 600 ribu)
  3. Suntik meningitis sebesar Rp 300 – 400 ribu
  4. Surat Keterangan Mahrom (khusus bagi jamaah perempuan yang tak didampingi mahrom) sekitar Rp 200 ribu.
  5. Biaya jajan atau uang saku umroh (karena orang Indonesia tak tahan untuk tidak jajan) sebesar Rp 3 – 5 juta (opsional).
  6. Biaya dititipi oleh-oleh sanak kerabat (khas Indonesia juga) sebesar Rp 3 – 5 juta (opsional).

Melihat biaya-biaya tambahan tersebut, memang perlu disiapkan alokasi tambahan untuk hal ini. Jadi pastikan budget yang disediakan masih ada lebihnya, tidak hanya untuk travel umrohnya saja.

Tips Memilih Biro Travel Umroh

Dalam rangka mempersiapkan umroh, selain biaya umroh tersebut, perlu ditelisik juga tentang biro umrohnya. Karena ada beberapa kasus dimana jamaah gagal umroh akibat biro travelnya tidak amanah.

Untuk meminimalisir kasus-kasus seperti itu—dan kamu tidak jadi korbannya, ada beberapa tips dalam memilih biro travel umroh. Berikut tipsnya.

1. Cek Legalitas Biro Travel Umroh

Pengaturan haji dan umroh ada di kemenag, begitu juga dengan biro penyelenggaranya. Jika dalam haji plus ada ijin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di umroh ada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).  Kedua daftar biro yang sudah mendapat ijin legal tersebut dapat dicek melalui website resmi kemenag.

2. Harga Minimal untuk Paket Umroh Reguler

Jangan mudah tergiur dengan harga paket umroh yang murah. Kemenag sendiri menyarankan untuk paket umroh termurah menggunakan standar USD 1700. Dimana USD 1000 sendiri dipergunakan untuk tiket pesawat PP (pulang-pergi) ke Arab Saudi. Sisanya baru untuk handling, konsumsi, akomodasi, dan sebagainya.

USD 1700 jika dikurskan saat ini adalah sekitar Rp 23.800.000. Di bawah angka itu, kamu perlu mempelajari fasilitas dan layanan yang ditawarkan. Jika masuk akal, bisa dipertimbangkan. Jika tidak, lebih baik tinggalkan. Lebih bijak memilih yang aman, daripada jadi korban skema ponzi travel abal-abal.

3. Lihat Paket yang Ditawarkan

Saat ini sedang marak paket umroh di bawah 20 juta, yaitu paket umroh backpacker. Untuk tipe paket umroh seperti ini, merupakan contoh biaya umroh murah 2020. Sah-sah saja jika mau menggunakan jasanya. Tapi tetap perhatikan track record bironya.

4. Jangan Mudah Terpengaruh Artis

Jangan cepat tergiur dengan paket umroh yang digunakan oleh para artis terkenal atau pendakwah populer. Bagaimanapun, mereka adalah endorser yang dibiayai oleh biro travel umroh tersebut. Tetap lebih baik untuk meneliti legalitas, kesesuaian harga, dan track record biro umrohnya.

5. Lihat Jadwal Keberangkatan

Prinsip keberangkatan umroh itu bebas sepanjang tahun. Jadi hindari pihak yang menunda-nunda waktu keberangkatan. Sebisanya begitu administrasi sudah siap (paspor, surat mahrom, dll) langsung dijadwalkan untuk suntik meningitis dan berangkat.

Yang perlu diwaspadai adalah tawaran promo umroh murah di bawah harga Rp 20 juta. Sedangkan jadwal keberangkatan baru 6 bulan ke depan. Ini yang rentan untuk menjadi travel abal-abal. Pastikan selidiki legalitas, review, dan track record-nya.

Tips Menyiapkan Biaya Umroh 2020

Biaya umroh memang tak sebesar biaya haji reguler sekalipun. Namun, tetap saja perlu disiapkan karena bagaimanapun ukurannya cukup besar bahkan untuk muslim kelas menengah.

Ada beberapa tips dalam menyiapkan biaya umroh 2020.

1. Menabung

Jika biaya umroh sekitar Rp 24 juta, maka dalam setahun, kamu hanya perlu menabung Rp 2 juta per bulannya. Cukup masuk akal, apalagi jika masih lajang. Tabung mulai sekarang untuk berangkat umroh 2020 langsung.

Saat ini sudah ada program tabungan khusus haji dan umroh yang mampu membantu kamu menyisihkan uang secara disiplin. Tak perlu takut uangnya habis karena sudah terpakai sehingga tak bisa menabung untuk umroh.

2. Simpan Emas

Cara lain menabung untuk biaya umroh tahun 2020 adalah dengan membeli emas. Dengan nilai intrinsik yang dimiliki, harga emas tak akan turun, bahkan cenderung naik di akhir tahun. Cukup beli emas 2 – 3 gram setiap masa gajian, pergi ke Baitullah bukan lagi khayalan.

3. Investasi

Saat ini ada produk-produk keuangan (perbankan dan investasi) yang memang khusus untuk haji dan umroh. Kalaupun bukan khusus umroh, kamu tetap bisa cari investasi lain yang aman seperti surat utang dan reksadana. Pilih jenis investasi yang paling sesuai buat kamu, asal tetap  memperhatikan prinsip-prinsip investasi.

Tak ada seorang pun muslim di dunia ini yang tidak memiliki kerinduan untuk mengunjungi baitullah. Setiap muslim pasti ingin melihat dan beribadah di depan ka’bah secara langsung. Pastikan memahami rukun, syarat, dan tentunya, siapkan dana untuk biaya umroh 2020. Juga hati-hati dalam memilih biro travel umroh yang amanah. Agar ibadah lebih nyaman dan penuh berkah.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com