Moneyfazz
bpjs ketenagakerjaan
Home » BPJS » BPJS Ketenagakerjaan: Manfaat, Jenis Program, Cara Daftar, dan Cara Klaimnya

BPJS Ketenagakerjaan: Manfaat, Jenis Program, Cara Daftar, dan Cara Klaimnya

BPJS Ketenagakerjaan memberikan manfaat yang cukup besar bagi seorang karyawan maupun tenaga kerja. Baik itu bagi karyawan BUMN hingga swasta. Secara garis besar jika kamu terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan maka kamu berhak mendapatkan perlindungan dan kesehateraan sosial bagi para pekerja dan keluarganya.

Tidak hanya itu, tenaga kerja juga akan merasa nyaman dan aman. Terutama bagi pekerja dalam industri berat dalam menghadapi hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya saja ketika terjadi kecelakaan kerja, PHK, pensiun hingga kematian. Semua biaya tersebut akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan yang besarannya dihitung berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Program BPJS Ketenagakerjaan

Hingga saat ini, BPJS Ketenagakerjaan terbagi dalam empat program utama yang ditawarkan oleh pemerintah. Program tersebut di antaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), hingga Jaminan Pensiun (JP). Berikut penjelasan keempat program tersebut :

  • Jaminan Kecelakaan Kerja

Tujuan dari program jaminan hari kerja tidak lain adalah untuk memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan bagi para pekerja. Begitu juga santunan ketika pekerja menderita penyakit yang disebabkan pekerjaannya maupun kecelakaan kerja. Iurannya adalah 0,24% sampai 1,74% dan didasarkan pada besar tidaknya risiko. Iuran ini adalah tanggung jawab perusahaan.

  • Jaminan Hari Tua

Berikutnya adalah program jaminan hari tua. Fungsi dari jaminan hari tua adalah ketika masuk masa pensiun karyawan dan tenaga kerja mengalami cacat dan meninggal akan ditanggung oleh jaminan ini. Besaran iurannya yakni 7,5% dari total gaji. Adapun perinciannya adalah 3,7% akan ditanggung oleh perusahaan, sedangkan yang 2% dibayarkan oleh karyawan.

  • Jaminan Kematian

Program BPJS Ketenagakerjaan lainnya adalah jaminan kematian. Program ini diwujudkan dalam bentuk santunan yang dibayarkan kepada ahli waris seorang tenaga kerja atau karyawan yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Biaya yang harus dibayarkan dari total gaji adalah sebesar 0,3% total gaji. Sementara bagi peserta yang tanpa menerima upah  besarannya Rp6.800.

  • Jaminan Pensiun

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program jaminan pensiun. Dengan adanya program ini, karyawan lebih terjamin di hari tuanya. Jaminan pensiun tersebut besaran iurannya 3% dengan rincian 2% ditanggung perusahaan, sedangkan sisa 1%-nya ditanggung tenaga kerja.

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya dilakukan oleh perusahaan. Akan tetapi, jika perusahaan atau pemberi kerja tidak mendaftarkannya, maka tenaga kerja berhak untuk mendaftarkannya sendiri. Berikut persyaratannya yang perlu diketahui.

  • Karyawan dalam Hubungan Kerja

Keanggotaan ini ditujukan bagi pekerja di sektor formal mulai PNS, TNI, Polri, hingga pensiunan PNS dan perusahaan swasta lainnya. Biasanya perusahaanlah yang harus mendaftarkannya. Sementara mengenai persyaratan maupun dokumennya di antara adalah:

  • Fotokopi maupun dokumen asli NPWP Perusahaan pekerja
  • Fotokopi atau dokumen asli Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Akta Perdagangan Perusahaan baik itu fotokopi maupun aslinya
  • Fotokopi KTP dan KK karyawan yang bersangkutan
  • Foto berwarna karyawan dalam ukuran 2×3 sejumlah satu lembar
  • Hubungan Luar Kerja

Sementara bagi para tenaga kerja yang berada di luar hubungan kerja formal perlu mendaftarkannya sendiri. Atau secara kolektif dengan jumlah anggota paling tidak 10 orang. Biasanya, yang masuk dalam kategori ini adalah pekerja lepas (freelancer). Untuk persyaratan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Surat izin usaha yang dikeluarkan oleh kelurahan di mana tenaga kerja atau unit usaha berada
  • Fotokopi KTP dan KK tenaga kerja
  • Foto berwarna dengan ukuran 2×3 satu lembar

Cara mendaftarkan kedua jenis keanggtoraan trersebut bisa kamudaftarkan secara online di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Setelah proses pendaftaran selesai, kamupun dapat menyerahkan berkas-berkas yang sudah disebutkan di atas ke kantor BPJS terdekat di tempat Anda.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan ini, bisa dilakukan secara online maupun offline dengan mendatangi kantor BPJS terdekat. Namun, hanya satu program yang dapat diklaim yakni Jaminan Hari Tua. Besarannya dibayarkan tiap bilan dari potongan gaji yang sudah ditetapkan di awal dan ditambah bunga deposito.

  • Klaim Saldo JHT 10%

Klaim 10% ini dipersiapkan untuk tenaga kerja yang masuk dalam masa pensiun. Dengan persyaratan yakni menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan 10 tahun dan masih aktif bekerja di sebuah perusahaan maupun instansi. Persyaratan dokumennya adalah fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan dan aslinya, fotokopi KTP dan KK beserta aslinya dan surat keterangan aktif dari perusahaan. Selain itu juga menyertakan rekening tabungan yang masih aktif.

  • Klaim Saldo JHT 30%

Sementara untuk klaim JHT 30% ini ditujukan bagi tenaga kerja yang ingin membayar perumahan. Dengan persyaratan sama dengan klaim sebelumnya. Begitu juga dengan dokumen persyaratannya. Namun, di sini kamu juga perlu melampirkan dokumen yang berkaitan dengan perumahan tersebut.

  • Klaim JHT 100%

Persyaratan dokumen yang sama juga berlaku bagi persyaratan klaim JHT 100%.Namun, untuk mengklaim program ini peserta paling tidak memiliki persyaratan tertentu sebagai berikut:

  • Memasuki usia 56 tahun
  • Mengalami cacat total
  • Meninggal dunia
  • Pindah ke luar negeri dan menetap di sana
  • Terkena PHK

Apabila klaim ditujukan untuk keperluan peserta atau tenaga kerja yang sakit atau meninggal dunia, maka harus melampirkan surat keterangan sakit atau mengalami cacat total dari rumah sakit.

Setidaknya itulah hal penting mengenai BPJS Ketenagakerjaan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan membantu kamu ya!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com