Moneyfazz
deposito bank bca
Home » Investasi » [Data 2020] Info Lengkap Cara Menghitung Bunga Deposito BCA

[Data 2020] Info Lengkap Cara Menghitung Bunga Deposito BCA

Apakah kamu berencana membuka deposito BCA? Sebelum memulainya kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu bunga deposito BCA. Hal itu akan menentukan seberapa besar keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Nilai bunga deposito tidak selamanya tetap. Besar kecilnya deposito bergantung pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang berjalan. Misalnya ketika suku acuan BI naik, maka bunga deposito juga akan naik. Kamu perlu mengetahui besaran bunga deposito BCA terbaru sebelum memutuskan berinvestasi di deposito BCA.

Perbedaan Deposito dan Tabungan Berjangka

Deposito dan tabungan berjangka memiliki mekanisme yang hampir sama. Tapi perbedaanya sangat signifikan jika dilihat dari fleksibilitas dan suku bunga.

Proses mendapatkan keuntungan dari tabungan berjangka dengan deposito sangat berbeda. Pada tabungan berjangka, kamu harus menyetor sejumlah uangnya di awal, kemudian setor lagi setiap bulan hingga masa jatuh tempo yang telah kamu sepakati. Yang harus diperhatikan yaitu nasabah yang menarik tabungannya sebelum tenggat waktu akan dikenakan pinalti.

Sementara untuk deposito, kamu harus menyetor uang di awal saja. Ketika sedang berjalan, mereka tidak bisa menambah uang. Bagaimana kalau ingin berhenti? Beberapa bank ada yang memberikan penalti dan ada yang mengembalikan saldo awal tanpa bunga ketika nasabahnya berhenti sebelum waktu tenggat.

Mengetahui Bunga Deposito BCA Terbaru

Selain ditentukan oleh suku bunga acuan BI, besar kecilnya bunga deposito juga ditentukan oleh jangka waktu (tenor) deposito yang kamu pilih. Ketika berinvestasi deposito di BCA, kamu akan diberikan jangka waktu mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga satu tahun.

Jika jumlah deposito kurang dari Rp2 miliar, bunga yang akan kamu dapatkan adalah 4,75% dengan jangka waktu deposito selama 1 bulan. Sementara jika jangka waktunya selama 3 bulan, 6 bulan, dan satu tahun, bunganya meningkat 5%. Dengan begitu bunga deposito 100 juta bank bca akan sama seperti bunga deposito Rp8 juta.

Baca juga:

/tag

Bunga yang akan kamu dapatkan adalah 4,75% jika jumlah depositonya lebih dari Rp2 miliar dengan jangka waktu 1 bulan. Jika jangka waktu deposito 3 bulan, bunga akan meningkat 0,25% menjadi 5%. Bunga yang akan kamu dapatkan akan sama 5,25% ketika jangka waktu deposito selama 6 bulan dan satu tahun.

Dari tahun ke tahun, bunga deposito BCA akan selalu berubah. Informasi di atas adalah bunga deposito BCA 2020. Nilainya tentu saja akan berbeda dengan bunga deposito BCA 2019.

Cara Menghitung Deposito BCA

Salah satu produk yang ditawarkan oleh BCA adalah deposito berjangka. Meskipun nilai bunganya tidak tinggi, tapi untuk kredibilitasnya sangat terjamin. Kamu akan mendapatkan jaminan bahwa uang kamu akan tersimpan di BCA.

Keamanan termasuk salah satu hal penting sebelum memutuskan bank mana yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan deposito. Tentu kamu tidak ingin uang yang diinvestasikan hilang begitu saja, kan? Apalagi ujung-ujungnya malah akan rugi.

Mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan kamu dapatkan juga cukup penting. Sebagai persiapan, kamu bisa memilih lembaga bank yang memberikan keuntungan kemudian melakukan simulasi di rumah. Sebenarnya kamu juga bisa meminta perhitungan bunga deposito dari pegawai bank.

Asumsikan kalau kamu akan mendepositkan uang sebesar Rp8 juta selama satu tahun. Kira-kira berapa keuntungan yang akan kamu dapatkan? Mengacu pada Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia, bunga deposito yang diberikan bank BCA selama 1 tahun adalah 4,75%. Pemerintah juga akan mengenakan pajak 20% atas bunga deposito BCA yang kamu dapatkan.

Rumus untuk menentukan keuntungannya adalah suku bunga x jumlah deposito x jangka waktu deposito x persentase bunga deposito setelah pajak dibagi jumlah hari selama setahun (365 hari).

  • Suku bunga deposito BCA  selama 12 bulan: 4,75%
  • Jumlah deposito: Rp8 juta
  • Jangka waktu deposito: 365 hari
  • Persentase bunga setelah pajak: 100%-20%=80%
  • Jumlah hari selama 1 tahun: 365 hari

Jadi perhitungan bunga deposito BCA kamu adalah 4,75% x 8.000.000 x 365 x 80% : 365=Rp 304.000

Dari perhitungan tersebut, maka keuntungan dari deposito kamu adalah Rp 612.000,00 setelah jatuh tempo.

Menyimpan uang dalam bentuk deposito tentu lebih menguntungkan dibandingkan hanya sekedar menyimpan di rekening. Uang kamu akan terus bertambah karena deposito berjangka tidak ada biaya administrasi.  Sementara itu uang kamu akan menyusut jika menyimpannya dalam rekening biasa karena dipotong oleh biaya bulanan.

Syarat Membuka Rekening Deposito di Bank BCA

Ada tiga persyaratan yang harus kamu penuhi dalam pembuatan rekening deposito di bank BCA yaitu:

  1. Mengisi formulir permohonan selengkap mungkin.
  2. Memberikan fotokopi identitas diri yang masih berlaku. Kamu bisa menggunakan KTP, paspor, NPWP, dan KITAS untuk WNA.
  3. Melakukan setoran awal.

Bank BCA memberikan batasan untuk setoran awal sebesar Rp8 juta. Kamu juga bisa membuka deposito dalam mata uang asing. Terdapat 9 mata uang asing yang diterima oleh BCA untuk pembukaan rekening deposito.

Setiap mata uang memiliki batasan setoran awal yang berbeda-beda. Untuk mata uang dolar amerika setoran awal yang harus kamu berikan yaitu USD1.000. Deposito valas tentu saja lebih menguntungkan, tapi tetap saja bergantung pada tingkat suku bunga di pasaran.

Keuntungan Deposito Berjangka Bank BCA

BCA Deposito Berjangka merupakan produk dan layanan yang disambut antusias oleh masyarakat. Karena produk ini memberikan kenyamanan bagi mereka yang ingin menginvestasikan uangnya. Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini juga cukup kompetitif dan investasinya akan aman.

Berikut adalah beberapa keuntungan jika menyimpan deposito di bank BCA:

  1. Kamu bisa memilih jangka waktu untuk deposito mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun. Bunga akan berbeda setiap jangka waktu deposito.
  2. Bunga yang kamu dapatkan bisa ditransfer otomatis ke rekening tabungan, baik ke rekening sesama BCA ataupun bank lainnya.
  3. Kamu bisa memperpanjang jangka waktu deposito secara otomatis dengan memanfaatkan fasilitas Automatic Roll Over (ARO), sehingga kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu.
  4. Kamu juga bisa memanfaatkan Non ARO jika ingin berhenti sesuai dengan jangka waktu yang kamu janjikan. Tapi jika ingin memperpanjangnya, kamu harus melakukan prosedur yang sama seperti di awal. Sehingga cara mencairkan deposito BCA sangat mudah.
  5. Terdapat fasilitas ARO Plus dimana kamu bisa memperpanjang deposito secara otomatis dalam jangka waktu sama tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sementara itu bunga akan terus bertambah setiap kali kamu melakukan perpanjangan deposito.
  6. Tidak harus mempunyai rekening tabungan BCA.

Mengenal lebih dekat dengan karakteristik deposito tentu saja merupakan hal yang baik sebelum akhirnya memutuskan berinvestasi deposito. Akan lebih baik lagi jika melakukan simulasi atau perhitungan terlebih dahulu di rumah. Sehingga kamu bisa menebak kira-kira berapa keuntungan yang akan didapatkan.Itulah informasi mengenai bunga deposito BCA. Hal ini perlu kamu ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi deposito. Jika kamu masih  bingung, jangan sungkan untuk bertanya dengan menghubungi call center BCA.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com