Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Besaran Bunga Deposito BNI 2021 dan Cara Mengajukannya

Ada berbagai macam investasi yang dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan dana yang kamu miliki, baik investasi beresiko rendah maupun tinggi. Jika kamu tipe orang yang lebih suka bermain aman, investasi berjenis deposito adalah yang paling disarankan. Inilah informasi bunga deposito BNI yang mungkin dapat menjadi referensi keuangan kamu.

Apa Itu Deposito?

Deposito adalah salah satu produk perbankan yang mempunyai fitur penyimpanan dana dalam jangka waktu tertentu. Kamu bisa memilih menyimpan dana selama 1, 2, 3, 6, 12, 18, sampai 24 bulan. Dibandingkan tabungan biasa deposito lebih direkomendasikan karena lebih menguntungkan,  mengingat bunganya lebih besar.

Pastikan dana yang didepositokan benar-benar menganggur karena baru dapat diambil setelah jatuh tempo. Jika nasabah terpaksa mencairkan dana tersebut sebelum waktu yang disepakati, yang bersangkutan akan mendapatkan penalty. Ini artinya pemotongan sebesar 1% sampai 3% dari jumlah simpanan deposito pokok.

Setelah menempatkan dana pada bank dan memilih jangka waktu yang kamu inginkan, kamu akan memperoleh sertifikat deposito sebagai bukti investasi. Imbal hasil yang akan didapatkan adalah berupa bunga deposito.Bunga tersebut dapat ditarik atau kembali disimpan dalam saldo deposito.

Mengapa Harus Deposito?

Untuk yang masih ragu berinvestasi dalam deposito, simak beberapa kelebihan produk investasi keuangan tersebut berikut ini!

  • Aman

Memilih mendepositokan dana milikmu pada bank-bank terkemuka Indonesia, termasuk BNI, dapat dikatakan sangat aman. Alasannya, produk perbankan tersebut dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi dana simpananmu tetap aman walaupun bank yang bersangkutan mengalami masalah, termasuk bila terjadi pailit.

  • Bunga pasti

Instrumen investasi deposito memang mirip sebagaimana tabungan biasa, tetapi kamu tak dapat menariknya sekehendak hati. Perbedaannya adalah kamu berkesempatan mendapatkan bunga yang jauh lebih besar dan tetap.

Dengan begitu kamu juga lebih mudah menghitung berapa imbal hasil yang nanti akan didapatkan saat jatuh tempo. Jika penasaran bunga deposito BNI berapa, simak ulasan ini sampai selesai.

  • Patungan

Untuk berinvestasi deposito tidak harus atas nama pribadi, tetapi juga dapat diterbitkan dengan nama lembaga. Semakin banyak bank yang menyediakan fitur joint account untuk deposito yang artinya produk tersebut dibuka atas nama dua pemilik. BNI termasuk bank yang menyediakan fitur demikian.

  • Perpanjangan otomatis

Setelah jatuh tempo tiba dan kamu belum juga menarik dana deposito, akan berlaku system Automatic Roll Over atau perpanjangan otomatis. Artinya bunga deposito akan terus diberikan sampai kamu mencairkan dana tersebut.

  • Tersedia produk syariah

Perbedaan antara produk konvensional dengan syariah adalah pada sistem pengelolaan dana. Imbal hasil yang didapatkan dari deposito konvensional berupa bunga, sementara deposito syariah adalah bagi hasil. Jumlah bagi hasil ini adalah sesuai kesepakatan antara pihak nasabah dan pihak bank.

Semakin banyak masyarakat muslim tanah air yang lebih memilih produk-produk syariah demi ketentraman hati. Jika menginginkannya, kamu juga bisa memilih deposito syariah BNI.

Mengenal Produk Deposito BNI dan Besaran Suku Bunga yang Berlaku

Demi keamanan sebaiknya memang memilih bank-bank plat merah untuk menyimpan dana milikmu, misalnya Bank BNI. Sampai saat ini suku bunga deposito BNI 2021 dianggap cukup kompetitif dan menguntungkan. Cermati jumlahnya pada tabel di bawah!

1. Bunga Deposito BNI Mata Uang Indonesia

Generated by wpDataTables

2. Bunga Deposito Mata Uang Asing BNI

Generated by wpDataTables

Cara Berinvestasi Dengan Produk Deposito di BNI

Kamu tertarik untuk menginvestasikan dana simpanan pada deposito BNI? Perhatikan persyaratannya berikut ini!

  • Mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening.
  • Menunjukkan dokumen asli serta menyerahkan kopi kartu identitas yang bisa berupa KTP, Paspor, atau SIM yang masih berlaku. Alternative lainnya bisa juga dokumen bukti legalitas badan usaha.
  • Menyerahkan setoran pertama untuk membuka rekening. Umumnya untuk deposito jumlahnya adalah Rp10.000.000,00, tetapi nilai tersebut dapat berubah sesuai perkembangan sewaktu-waktu. Kamu dapat meminta informasi terkait besaran setoran perdana tersebut pada kantor cabang BNI terdekat atau menghubungi call center.

Keunggulan produk deposito BNI:

  • Tingkat suku bunga sangat bersaing.
  • Terjamin keamanannya oleh LPS sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Kamu juga dapat mendepositokan dana berupa mata uang asing, yaitu AUD, USD, EUR, HKD, GBP, dan JPY.
  • Bunga deposito dapat dialihkan pada rekening giro, tabungan, atau ditambahkan langsung pada simpanan deposito pokok.
  • Berlaku sistem ARO (Automatic Roll Over) atau Non Aro. Artinya kamu dapat meminta perpanjangan deposito secara otomatis atau pun tidak. Tanyakan secara detail tentang fitur tersebut kepada customer service.
  • Kamu dapat berinvestasi jangka panjang maupun pendek sesuai keinginan karena produk ini tersedia dalam berbagai opsi jangka waktu.
  • Nasabah tidak dikenakan biaya apa pun, mulai dari administrasi, penutupan rekening, dana di bawah saldo minimal, dan lain-lain.
  • Sesuai kebijakan perusahaan, BNI tidak membebankan denda penalti bagi nasabah yang ingin menarik dananya sebelum jatuh tempo. Sebagai konsekuensinya, yang bersangkutan tidak mendapatkan bunga berjalan.

Manfaat Investasi Deposito

Produk simpanan deposito memberikan manfaat tersendiri untuk nasabah atau deposannya. Selain merupakan sarana untuk mengembangkan dana secara aman serta resikonya lebih minim, kamu juga berkesempatan mendapatkan imbal hasil yang lumayan. Jumlahnya sebagaimana tabel bunga deposito BNI 2021 di atas. Nah, inilah berbagai manfaat deposito, terutama deposito BNI untuk nasabah.

1. Dapat dijadikan jaminan kredit

Jika saat ini kamu tengah mengelola bisnis dan memerlukan modal tambahan untuk mengembangkannya, simpanan deposito BNI milikmu dapat menjadi jaminan kredit. Di sini kamu akan memperoleh dua manfaat.

Pertama, permohonan pinjaman kamu biasanya akan disetujui, dan kedua, kamu tetap memperoleh manfaat deposito. Artinya setiap bulan kamu akan mendapatkan imbal hasil bunga deposito seperti biasa sampai jatuh tempo.

2. Dapat dijadikan investasi jangka pendek ataupun jangka panjang

Kamu dapat mengandalkan imbal hasil bunga deposito untuk memenuhi kebutuhan sesuai jangka waktunya. Dengan menghitung keuntungan yang dapat diperoleh, kamu bisa mendapat gambaran untuk memilih investasi dengan jangka waktu yang sesuai.

Contohnya, mendepositokan uang selama 3 bulan dengan tujuan keuntungannya untuk biaya liburan, atau menyimpan dana selama 24 bulan sebagai modal usaha. Jika selama jangka waktu deposito tersebut kamu memerlukan dana secara tiba-tiba, kamu diperbolehkan menariknya kapan saja. Walaupun tidak dikenai penalty, resikonya kamu tidak akan mendapatkan bunga.

3. Bisa menjadi passive income

Dana deposito dapat menjadi passive income jika kamu cukup sabar untuk tidak menggunakan dana tersebut dalam jangka waktu yang lama. Ini dengan catatan jika jumlah dana yang didepositokan cukup besar.

Untuk menghitung imbal hasil deposito kamu bisa menggunakan rumus berikut ini:

Suku bunga X dana deposito X jangka waktu simpanan X jumlah bunga deposito setelah pajak (dalam persentase) : jumlah hari dalam setahun.

Agar lebih praktis kamu juga bisa menggunakan aplikasi simulasi deposito pada situs resmi BNI atau website-website keuangan lainnya.Nah, semoga ulasan tentang bunga deposito BNI di atas dapat menambah wawasan kamu tentang investasi. Agar para follower-mu juga mendapatkan informasi yang bermanfaat ini, jangan lupa share di akun medsos milikmu!