Moneyfazz
Home » Istilah Finansial » Mengenal Candlestick dan Cara Membacanya

Mengenal Candlestick dan Cara Membacanya

Istilah Candlestick mungkin masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Tidak heran, pasalnya istilah ini lebih umum digunakan dalam dunia trading. Candlestick adalah salah satu teknik trading yang paling populer digunakan.

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia trading, wajib mengetahui tentang candlestick dan cara membacanya grafiknya. Berikut ini akan sedikit diulas tentang hal yang perlu Anda tahu mengenai candlestick.

Mengenal Apa Itu Candlestick

Candlestick adalah salah satu jenis grafik yang digunakan pada aktivitas trading untuk melihat pergerakan harga sekuritas. Grafik tersebut akan menampilkan harga sekuritas saat dalam posisi tinggi maupun rendah, dan terbuka atau sudah masuk periode penutupan. Dampak sentimen dari investor terhadap harga sekuritas akan tercermin dalam grafik tersebut.

Dengan melihat Candlestick, harga sekuritas bisa dipetakan. Dengan demikian trader bisa memutuskan kapan harus masuk dan kapan harus keluar dari trading.

Teknik ini cocok digunakan untuk memperdagangkan saham, forex, dan cryptocurrency. Hal-hal tersebut merupakan jenis aset finansial yang likuid.

Teknik ini merupakan teknik kuno. Sudah ditemukan sejak tahun 1700-an di Jepang oleh Munehisa Homma. Teknik ini biasa digunakan oleh para pedagang beras, untuk memetakan harga beras. 

Cara Membaca Candlestick

Sebenarnya masih ada jenis chart lain yaitu bar chart dan line chart. Namun secara umum, cara membaca candlestick lebih mudah. 

Struktur dari candlestick bisa dilihat dari ilustrasi di bawah ini:

Beberapa informasi yang tercantum dalam grafik candlestick adalah sebagai berikut:

  • Open. Merupakan harga bukaan 
  • Close. Merupakan harga penutupan 
  • High. Merupakan harga tertinggi 
  • Low. Merupakan harga terendah 
  • Upper Shadow. Merupakan rentang harga tertinggi 
  • Lower Shadow. Merupakan rentang harga terendah

Secara default, warna dari candlestick adalah hijau atau putih dan merah atau hitam. Warna ini menunjukan keadaan atau kondisi harga pasar. Warna hijau atau putih menunjukan kenaikan harga (bullish) sedangkan warna merah atau hitam menunjukan penurunan harga (bearish). Warna ini bisa diubah sesuai selera trader.

Body candlestick adalah bagian yang menunjukan selisih antara harga open dan harga close. Shadow menunjukan harga tertinggi dan harga terendah di periode tertentu maupun harga bukaan dan harga penutup di periode tertentu. Jika bagian shadow tidak nampak, artinya ujung body menunjukan harga tertinggi di periode tersebut.

Elemen Utama Candlestick

Candlestick memiliki beberapa elemen utama yang perlu diperhatikan, diantaranya:

  1. Ukuran Body

Dengan melihat body, Anda bisa mengetahui siapakah pengendali harga. Ukuran body akan menunjukan apakah trader pembeli yang memegang kendali atau trader penjual. 

Pemegang kendali memiliki kekuatan jika body yang ditunjukan berukuran panjang. Jika body berukuran pendek, trader pembeli dan penjual tidak bisa leluasa menggerakan harga. Pergerakan harga tidak bisa terlalu tinggi.

Anda bisa melihat body panjang dengan shadow pendek saat terjadi momentum trend.

  1. Bentuk

Semakin panjang shadow, volatilitas harga akan semakin besar. Body pendek di ujung dengan shadow panjang, menunjukan indikasi reversal. Body pendek di tengah, diapit 2 shadow panjang, menunjukan keragu-raguan.

  1. Pola

Grafik ini biasanya membentuk suatu pola atau dinamakan candlestick pattern. Setiap pola memiliki maksud tertentu. Anda bisa mengetahui berbagai pola ini dari buku. Beberapa nama polanya adalah candlestick hammer, candlestick reversal, candlestick doji, dll.

Mampu membaca candlestick adalah skill yang sangat penting bagi Anda yang ingin terjun dalam dunia trading. Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa menentukan aksi dengan tepat. Ulasan di atas hanyalah sedikit dari banyaknya pengetahuan tentang candlestick.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com