Moneyfazz
Home » Layanan Pemerintah » Begini Cara Buat NPWP Online untuk Pribadi

Begini Cara Buat NPWP Online untuk Pribadi

Seperti tercantum pada Pasal 1 UU KUP 2007, Nomor Pokok Wajib Pajak—atau biasa disingkat NPWP, adalah serangkaian nomor yang diterima peserta dari Ditjen Pajak sebagai identitas diri wajib pajak dan sarana administrasi perpajakan. Dalam hal ini, NPWP juga digunakan sebagai sarana untuk pelaporan dan penyetoran pajak. 

NPWP sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni:

Pribadi

Jenis NPWP ini dimiliki oleh setiap individu yang mempunyai penghasilan di Indonesia.

 

Badan 

Sementara untuk NPWP Badan, ini ditujukan bagi setiap perusahaan yang menjalankan bisnisnya di Indonesia.

 

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara buat NPWP online untuk pribadi. Simak ulasannya untuk tahu step-by-step-nya. 

Syarat Daftar NPWP Pribadi

 

Sebelum membahas cara buat NPWP online, mari cari tahu apa saja persyaratan untuk mendapatkan nomor wajib pajak! Jadi, terdapat tiga kategori yang bisa Anda rujuk jika ingin mengajukan pembuatan NPWP pribadi:

  • Wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha

Untuk mereka yang tidak menjalankan usaha, diwajibkan untuk melengkapi syarat-syarat berikut: fotokopi KTP (bagi WNI) dan fotokopi paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)—untuk WNA.

  • Wajib pajak pribadi yang memiliki usaha

Sementara untuk yang memiliki usaha, diminta menyediakan persyaratan berikut: fotokopi KTP (untuk WNI), fotokopi KITAP atau KITAS dan paspor (untuk WNA), fotokopi izin buka usaha, dan surat pernyataan bermaterai yang menyebut jika wajib pajak benar-benar memiliki usaha.

  • Wajib pajak pribadi wanita yang sudah menikah tetapi ingin perpajakannya terpisah dengan suami

Seorang istri juga dapat mengajukan pemisahan perpajakan dari suaminya. Caranya adalah dengan membawa dokumen berikut: fotokopi KTP (bagi WNI), fotokopi KITAP atau KITAS dan paspor (bagi WNA), fotokopi kartu NPWP milik suami, fotokopi KK (Kartu Keluarga), fotokopi dokumen wajib pajak luar negeri untuk yang bersuami WNA, dan fotokopi surat perjanjian yang menyatakan pemisahan kewajiban pajak antara suami dan istri. 

Cara Buat NPWP Online untuk Pribadi

Setelah tahu apa saja syarat yang wajib dilengkapi untuk daftar NPWP, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya secara online

 

  1. Buka situs resmi Dirjen Pajak di www.pajak.go.id dan pilih halaman pendaftaran NPWP secara daring atau dikenal dengan istilah e-Registration. Sebagai alternatif, Anda juga bisa langsung menuju ereg.pajak.go.id. 
  2. Silakan buat akun baru di halaman tersebut dengan memilih tombol Daftar. Anda pun akan diarahkan ke halaman yang berisi identitas pengguna. Isi semua data dengan teliti dan benar.
  3. Setelah itu, periksa inbox Anda untuk mengakses email aktivasi yang dikirimkan secara otomatis oleh Dirjen Pajak. Kemudian klik pada tautan yang dilampirkan dalam email, dan masuk kembali ke halaman muka ereg.pajak.go.id untuk login
  4. Masukkan user id dan password, lalu pilih status Pusat bagi Anda yang masih lajang, sedangkan yang sudah menikah ambil opsi Cabang.
  5. Sekarang isilah formulir digital itu dengan data yang benar. Jika sudah, Anda pun akan melihat tanda terdaftar sementara pada layar.
  6. Langkah berikutnya adalah Anda harus mengirim formulir pendaftaran NPWP ke kantor pelayanan pajak yang mengurus wilayah wajib pajak. Caranya dengan klik tombol Daftar, setelah Anda selesai mengisi semua data yang diminta. 
  7. Selanjutnya, cetak formulir registrasi NPWP dan surat keterangan terdaftar sementara yang Anda terima. 
  8. Bubuhkan tanda tangan Anda pada formulir yang telah dicetak dan lengkapi semua dokumen yang diminta. Pada tahap berikutnya, tersedia dua opsi untuk Anda pilih. Pertama, Anda bisa membawa semua berkas itu langsung ke kantor pelayanan pajak terdekat. Kedua, apabila Anda berpikir itu terlalu merepotkan, pindai semua berkas dan kemudian unggah melalui program e-Registration yang sebelumnya Anda akses.
  9. Terakhir, buka kembali ereg.pajak.go.id dan login. Pergi ke halaman History dan cek status pendaftaran NPWP Anda. Apabila status pengajuan wajib pajak Anda ditolak, cek lagi semua berkas yang sudah dikirim. Apakah ada yang kurang lengkap atau tepat informasinya? Akan tetapi, jika ternyata statusnya disetujui, Anda hanya tinggal duduk manis di rumah dan menunggu kartu NPWP dikirim melalui pos.

Demikian cara buat NPWP online untuk pribadi yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya. Sementara itu, bagi Anda yang tertarik untuk tahu cara daftar NPWP secara offline, prosesnya juga cukup simpel. Anda hanya perlu mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat sambil membawa semua dokumen yang dibutuhkan. 

Agar proses daftar jadi lebih cepat dan lancar, fotokopi terlebih dahulu semua dokumen yang hendak Anda tunjukkan ke petugas pajak. Jika semua persyaratan berhasil dipenuhi, kartu NPWP akan segera dicetak dan bisa langsung Anda bawa pulang. Selain itu, proses pendaftaran nomor wajib pajak di KPP tidak dipungut bayaran sama sekali atau gratis.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com