Moneyfazz
Home » Tips » Ini Cara Menagih Hutang dari yang Biasa Sampai Luar Biasa

Ini Cara Menagih Hutang dari yang Biasa Sampai Luar Biasa

Bermasalah dengan hutang-piutang memang tidak menyenangkan, ya. Dalam sebuah hubungan pertemanan atau ketika kita dekat dengan seseorang, wajar sekali kita saling membantu dengan memberikan mereka pinjaman uang. Akan tetapi, saat kita butuh, kita justru bingung bagaimana cara menagih hutang.

Pada kenyataan sehari-hari, tidak jarang si pemberi hutang justru merasa tidak enak menagih uang. Padahal, bagaimanapun, uang tersebut adalah uang milik si pemberi pinjaman. Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?  

Perihal menagih hutang memang jadi sesuatu yang susah-susah gampang. Semuanya bergantung pada diri Anda atau teman yang berhutang. Jika teman yang berhutang memang mempunyai niat untuk membayar, tanpa ditagih pun mereka pasti akan membayar. 

Kali ini, khusus untuk Anda yang sungkan menagih hutang, berikut adalah cara menagih hutang ke saudara, teman, atau pacar.

Lima Cara Menagih Hutang yang Biasa

Untuk cara menagih hutang yang pertama, kita akan membicarakan cara-cara biasa yang banyak ditempuh oleh orang-orang. Tahap pertama, Anda mungkin bisa meniru cara-cara berikut. Jika cara ini masih tidak ampuh, Anda bisa menggunakan cara-cara kreatif yang lainnya.

1. Ingatkan Tenggat Waktu

Ketika memberikan pinjaman kepada teman, pacar, atau saudara, jangan lupa untuk memberikan tenggat waktu, ya. Ini penting untuk memudahkan Anda dalam menagih kembali hak Anda. Sebelum tenggat waktu pengembalian tiba, Anda bisa mengingatkan teman yang berhutang untuk segera membayar.

Bagaimana jika setelah diingatkan, teman masih belum bisa membayar hutang yang diambil? Untuk menjawab pertanyaan ini, semuanya bergantung pada Anda. Jika Anda memang belum membutuhkan uang, Anda bisa memberikan keringanan atau perpanjangan tenggat waktu pengembalian.

Supaya teman atau saudara tidak menunda-nunda pembayaran, buatlah perjanjian tertulis. Jika Anda merasa bahwa teman hanya menunda-nunda pembayaran tanpa ada niat untuk benar-benar membayar, Anda mungkin bisa membuat perjanjian bermaterai dengan konsekuensi tertentu jika teman masih tetap tak mau membayar.

2. Jelaskan Keadaan Anda

Jika Anda sendiri sedang dalam kondisi kepepet, cobalah jelaskan bagaimana kondisi Anda. Setelah itu, jelaskan juga bahwa Anda membutuhkan uang pelunasan secepatnya. Jika ia mempunyai niat membayar, orang tersebut pasti akan mengusahakan segala cara untuk mengembalikan uang Anda.

Jangan pernah merasa sungkan, ya. Bagaimanapun, uang tersebut adalah hak Anda. Apalagi, sebelumnya Anda sudah berbaik hati membantu teman yang sedang kesulitan. Mereka pasti akan melakukan hal yang sama untuk Anda.

3. Minta Bantuan Orang Terdekat Si Pengutang

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, ada dua kemungkinan yang terjadi pada diri orang yang berhutang tersebut. Pertama, orang tersebut memang benar-benar tidak memiliki uang untuk membayar. Kedua, orang tersebut hanya menunda-nunda untuk membayar, padahal ia memiliki cukup uang.

Jika Anda sangat membutuhkan pengembalian utang tersebut, entah teman Anda ada di kondisi yang pertama atau kedua, cara menagih hutang ini lumayan efektif. Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga.

Pihak ketiga adalah teman dekat, pacar, atau keluarga si pengutang. Dengan meminta bantuan mereka, Anda juga bisa mendapatkan beberapa kemungkinan.

Pertama, orang ketiga bisa membantu Anda untuk menagih uang Anda. Kedua, orang ketiga tersebut menanggung hutang dan mengembalikannya kepada Anda. Kemudian bisa juga si pengutang akan merasa malu karena hutangnya diketahui orang lain. Jadi, mau tidak mau dia akan mencoba melunasi hutangnya.

4. Datangi Rumahnya

Jika teman masih juga tak mendengarkan permintaan Anda untuk membayar hutang atau terus berbelit-belit, datangi saja rumahnya. Minta penjelasan yang detail mengapa teman Anda tidak juga membayar hutang padahal sudah jatuh tempo. 

Bicara kepada orang tua, saudara, atau orang lain yang tinggal di rumah tersebut untuk membantu Anda mengambil hak Anda kembali.

5. Jurus Terakhir: Sindiran Maut

Jika teman tak juga mau membayar hutang dengan alasan yang tidak bisa Anda mengerti, cara menagih hutang yang sudah jatuh tempo ini banyak dipakai sebagai jurus terakhir. Meski terdengar tidak nyaman dan tidak elegan, cara ini patut Anda coba.

Ketika disindir terus menerus, selayaknya manusia pada umumnya, teman mungkin akan merasa tidak enak atau setidaknya ia akan merasa malu. Kalau Anda ingin uang Anda kembali secepatnya, cara ini bisa dipakai.

Tiga Cara Menagih Hutang yang Kreatif

Selain menggunakan cara-cara biasa yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan uang Anda kembali. Penasaran bagaimana cara menagih hutang yang tidak biasa? Simak penjelasan berikut.

1. Ajak Makan dan Minta Teman yang Berhutang untuk Membayar

Anda pasti kesal bukan jika melihat teman bisa membeli makanan enak, jalan-jalan, tetapi masih belum bisa membayar hutang. Untuk Anda yang memiliki teman seperti ini, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Pertama, ajak teman Anda untuk makan bersama. Pada saat hendak membayar, cobalah mencari alasan bahwa Anda lupa membawa uang. Kemudian, minta teman untuk membayar. Terakhir, katakan bahwa ia masih mempunyai hutang kepada Anda. Uang makan ini akan dipotong ke hutang dia ke Anda.

Tak hanya makan bersama, Anda juga bisa menggunakan trik lainnya, misalnya membayarkan tiket nonton, membayarkan iuran bulanan, atau yang lainnya. Pokoknya jangan sampai teman Anda lolos dari hutang yang menjadi kewajibannya untuk membayar.

2. Kirimi Petuah-Petuah Membayar Hutang Setiap Hari

Jika Anda tidak bisa menggunakan cara menagih hutang ke teman yang pertama di atas, masih ada cara kedua yang bisa Anda pakai. Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan petuah-petuah berisi anjuran untuk membayar hutang. Di Internet, ada banyak sekali kata-kata sindiran untuk membayar hutang. Anda bisa mencobanya.

Jangan hanya mengirim kata-kata tersebut satu atau dua kali. Kirimkan setiap hari seolah-olah itu adalah sebuah rutinitas Anda. Buat teman merasa risih dan segera membayar hutang kepada Anda. Cara ini sudah banyak dipakai dan lumayan efektif, lho.

3. Ikhlaskan dan Jadikan Hutang tersebut Sebagai Sedekah ke Teman

Jika teman masih saja tak mau membayar hutang, cobalah untuk mengikhlaskan uang Anda. Kalau teman memang tidak ada niatan untuk membayar hutang, susah untuk mendapatkan uang Anda kembali. Daripada terus merasa sakit hari karena teman tak kunjung membayar, lebih baik ikhlaskan.

Setidaknya, Anda bisa mendapatkan kebaikan diri sendiri ketika mengikhlaskan uang yang dipinjam teman Anda tersebut. Supaya lebih dramatis lagi dan bisa memberikan pelajaran kepada teman, jadikan hutang tersebut sebagai hadiah kepada teman.

Seperti yang pernah viral beberapa waktu lalu, ada seseorang yang memberikan sumbangan pernikahan berupa hutang yang diikhlaskan. Cara ini mungkin bisa juga Anda coba.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara menagih hutang yang bisa Anda coba praktikkan. Berurusan dengan hutang memang menyebalkan, ya. Bahkan, urusan hutang ini juga bisa memutus tali persahabatan, lho. Semoga cara-cara di atas bisa bermanfaat, ya!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com