Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Begini Cara Mendaftarkan Restoran Anda ke GOFOOD, Siap Kebanjiran Pesanan!

Pernah memesan makanan via GO-FOOD? Ini adalah salah satu layanan pesan antar makanan yang disediakan Gojek dengan tujuan memudahkan aktivitas sehari-hari para penggunanya. Hanya dengan memesan makanan melalui GO-FOOD, seseorang tidak perlu lagi repot memasak atau bahkan keluar rumah untuk membeli makan. Pada situasi tertentu, opsi ini sangat membantu, misalnya ketika sedang sakit atau sibuk.

Untuk itu, GO-FOOD bekerja sama dengan sejumlah restoran atau warung makan. Ada lebih dari 125.000 gerai yang menjadi partner GoFood untuk menyediakan layanan pesan antar ini. 

Keunggulan Menjadi Partner GO-FOOD

 

Jika Anda adalah pemilik usaha, bagaimana cara mendaftarkan restoran ke GO-FOOD? Sebelumnya, Anda perlu mengetahui sejumlah keuntungan yang akan didapatkan jika bekerja sama dengan GoFood sebagai merchant.

Pertama, potensinya sangat besar. GO-FOOD menyediakan sejumlah promo yang memanjakan para pengguna. Secara tidak langsung, restoran Anda akan ikut mendapatkan keuntungan dari aktivitas pengguna karena promo tersebut. Kedua, Anda bisa memaksimalkan potensi bisnis ke lebih banyak orang, khususnya para pengguna Gojek. Hal ini tidak akan terjadi jika restoran Anda hanya mengandalkan kunjungan pembeli.

Anda juga akan memiliki akses yang lebih mudah kepada pelanggan. Melalui berbagai fitur yang tersedia di GO-FOOD, mudah untuk menginformasikan berbagai produk unggulan. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan pembelian jauh lebih besar. Promosi melalui aplikasi Gojek dapat dimaksimalkan sehingga menciptakan keuntungan yanng optimal.

Cara Mendaftarkan Restoran

 

Setelah mengetahui keuntungan yang bakal Anda dapatkan ketika bekerja sama dengan GO-FOOD, saatnya untuk mengetahui cara mendaftarkan restoran ke GO-FOOD. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan aplikasi pendukung yaitu GO-BIZ. Aplikasi ini akan memudahkan pemilik restoran untuk mengelola restoran di GO-FOOD. 

Di GO-BIZ, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan menu yang ditawarkan, mengubah jam buka restoran, menerima pembayaran dengan GO-PAY, dan sebagainya. Melalui aplikasi GO-BIZ, Anda pun dapat mengetahui rekapan pesanan dan penjualan yang ditampilkan secara real time.

Nah, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan restoran.

  • Download GO-BIZ di PlayStore 
  • Pilih daftar GO-FOOD
  • Pilih Jenis Pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa pilihan yang tersedia, yaitu membuka restoran baru milik pribadi, membuka restoran baru milik perusahaan, membuka beberapa cabang restoran, membuka cabang baru, atau membuat akun GO-BIZ.
  • Jika memilih untuk membuka restoran baru milik pribadi, selanjutnya pilih kota tempat restoran berada. Tekan Lanjut untuk melanjutkan pendaftaran.
  • Selanjutnya, Anda harus mengisi data pribadi, seperti nama Anda sebagai pemilik usaha, email pengguna dan nomor ponsel yang digunakan untuk login.
  • Untuk keamanan, Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan ke nomor yang didaftarkan. Masukkan kode tersebut dan tekan Konfirmasi.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama usaha atau restoran Anda. Kemudian, isilah data usaha, yang terdiri atas informasi restoran (patokan lokasi, nomor telepon, dan alamat restoran), identitas pemilik (nomor KTP, nama, alamat sesuai KTP, dan NPWP), informasi rekening bank (nama bank dan nomor rekening usaha Anda), informasi pajak dan lainnya (persentase pajak restoran dan tarif pelayanan).
  • Untuk informasi restoran, Anda harus memasukkan patokan lokasi berupa nama jalan, gedung, dan informasi lengkap lain. Selanjutnya, tekan Set Lokasi untuk mengatur titik lokasi restoran dengan akurat. Lalu, tekan Konfirmasi dan Simpan.
  • Untuk identitas pemilik, Anda perlu mengunggah foto KTP dan foto NPWP yang dimiliki dan menyelaraskannya dengan informasi yang ditulis.
  • Untuk informasi rekening bank, jika ada perbedaan antara data pemilik rekening dan pemilik restoran, Anda perlu melampirkan surat kuasa. 
  • Setelah semua data usaha tersebut diisi, tekan Lanjut untuk melanjutkan pendaftaran.
  • Selanjutnya, bacalah Syarat dan Ketentuan. Di sini tertera beberapa hal yang perlu dipahami, yaitu mengenai Service Fee yang akan dikenakan sebesar 20% dari nilai transaksi. Selain itu, ada pula ketentuan mengenai waktu untuk mentransfer Dana Transaksi, yaitu pada hari kerja berikutnya (H+1). Apabila Anda setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut, klik 2 centang  yang tersedia dan kirim data usaha.

Mengaktifkan Restoran di GOFOOD

 

Nah, setelah melakukan langkah-langkah ini, pendaftaran dianggap telah selesai. Data Anda akan diproses dalam waktu sekitar 1-2 hari. Apabila ada ketidaksesuaian pada data usaha, Anda bisa memperbaikinya kembali. 

Jika restoran Anda telah disetujui oleh GO-FOOD, langkah selanjutnya adalah menekan tombol Tambah pada Jam Operasional. Aturlah jadwal operasional restoran Anda di sini. Kemudian, tekan tombol Tambah pada Menu Restoran, buat minimal 1 kategori dan isi menu yang aktif untuk dijual. Pada Profil Restoran, upload banner restoran dan pilih 3 kategori makanan yang paling sesuai dengan restoran Anda. Setelah semuanya selesai, klik Aktifkan Sekarang.

Nah, sekarang restoran Anda telah terdaftar sebagai mitra GO-FOOD. Selanjutnya, Anda harus siap-siap untuk menerima pesanan. Inilah cara mendaftarkan restoran di GO-FOOD yang perlu Anda ketahui. Mudah, bukan?

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.