Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Begini Cara Mendaftarkan Restoran ke Grabfood agar Semakin Laris

Tren penjualan kuliner restoran secara konvensional kini beralih ke digital. Dulu, Anda harus datang ke restoran untuk melakukan pembelian. Namun sekarang, Anda hanya membutuhkan ponsel pintar yang terhubung aplikasi pemesanan kuliner.

Perubahan metode tersebut tentunya berdampak pada tingkat persaingan restoran. Jika tidak mengikuti perkembangan, restoran bisa tertinggal. Oleh karenanya, Grabfood dihadirkan sebagai salah satu solusi yang mampu memenuhi kebutuhan restoran masa kini. 

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan cara mendaftarkan restoran ke Grabfood. Namun, sebelum mengetahui cara pendaftarannya, Anda perlu mengenal Grabfood lebih mendalam melalui ulasan berikut ini.

Mengenal Grabfood

 

Grabfood merupakan layanan pesan dan antar makanan yang diluncurkan oleh perusahaan transportasi online asal Singapura. Layanan ini memastikan konsumen bisa memesan makanan tanpa harus pergi ke restoran atau warung makan.

Bagi penjual makanan, adanya layanan Grabfood memberikan kemudahan dalam pengantaran. Pasalnya, tugas mengantar dilakukan sepenuhnya oleh para driver Grab. Mereka lah yang terhubung langsung dengan pelanggan. Jadi, Anda tinggal sediakan pesanan dan terima pembayaran dari driver Grab.

Tidak hanya itu, Grabfood juga menawarkan jangkauan konsumen yang lebih luas kepada restoran maupun penjual makanan. Bagaimana tidak, pengguna Grabfood sudah mencapai jutaan orang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai contoh, sebelum menggunakan Grabfood, Anda hanya menerima pesanan dari tetangga atau masyarakat sekitar warung. Nah, dengan Grabfood, pesanan bisa meluas hingga ke seluruh daerah Anda. 

Tentu saja, keuntungan tersebut disertai dengan peningkatan pendapatan. Namun, kualitas produk harus tetap diutamakan, ya. Pasalnya, konsumen zaman sekarang tidak hanya melihat dari tampilan, tetapi juga rasa makanan.

Jangan lupa, harga yang Anda tawarkan juga kerap menjadi pertimbangan konsumen. Mereka cenderung tertarik pada makanan dengan harga terjangkau, terlebih jika Anda menyertakan bonus dalam setiap pembelian.

Terakhir, dengan menggunakan Grabfood, restoran Anda bisa mempromosikan produk kuliner secara gratis. Otomatis, hal ini akan mengurangi biaya pengeluaran restoran. Dengan begitu, Anda dapat memakai sisa biayanya untuk meningkatkan produksi makanan maupun minuman.

Cara Mendaftarkan Restoran ke Grabfood

Setelah mengenal Grabfood, sekarang saat mendaftarkan restoran. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

 

  1. Lengkapi persyaratan berupa dokumen berikut.
  • Data restoran yang terdiri dari nama restoran, alamat lengkap, Email, dan nomor telepon
  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) penanggung jawab restoran. 
  • Unggah foto selfie sambil memegang KTP di tangan Anda.
  • Foto NPWP asli
  • Foto daftar menu makanan dan minuman; lengkap dengan harganya.
  • Foto makanan yang disesuaikan dengan menu restoran.
  • Foto restoran dari tampak dalam dan luar.
  • Foto logo restoran.
  • Foto buku rekening tabungan pemilik restoran.
  1. Kalau semua dokumen di nomor 1 sudah siap, Anda bisa mengakses laman resmi Grabfood. Kemudian, isilah formulir online yang tertera di laman web.
  2. Selanjutnya, buka Email Anda. Pihak Grabfood akan mengirimkan verifikasi melalui Email. Agar terverifikasi, Anda harus merespons dalam waktu maksimal 72 jam.
  3. Langkah berikutnya, Anda harus mengisi informasi restoran. Banyak kolom yang disediakan di tahapan ini, seperti jenis, daftar menu, isi, harga, dan unggahan foto. Jika sampai terlewat, pendaftaran Anda akan gagal. Jadi, teliti kembali setelah mengisi.
  4. Langkah kelima, Anda harus membuka Email kembali. Pasalnya, pihak Grab mengirim penandatanganan kontrak melalui Email. Unduh dokumen kontrak tersebut, lalu print dan bubuhkan tanda tangan. Setelah itu, scan dokumen untuk dikirimkan ke pihak Grab via Email. 
  5. Usai langkah kelima, Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Grab. Kalau disetujui, pihak Grab memberitahukannya melalui Email. Jadi, Anda pastikan Anda mengecek Email secara berkala.
  6. Tahap ketujuh, Anda akan melewati proses tim OVO. Tentunya, proses ini terjadi setelah restoran Anda disetujui oleh pihak Grab. Prosesnya meliputi pembuatan rekening dan pengaktifan. Jika tahapan tersebut sudah dilakukan, aka nada validasi antara akun OVO dan restoran Anda.

Setelah melewati tahap ketujuh, apakah pendaftaran sudah selesai? Ya, tepat sekali! Pendaftaran restoran Anda ke Grabfood sudah dianggap paripurna. Namun, untuk memaksimalkan aplikasi ini, sebaiknya Anda mengikuti pelatihan.

 Nah, pelatihan tersebut dikirimkan melalui Email. Materi-materinya—salah satunya—membahas tentang cara mengoperasikan Grabfood dan mengaktifkan akun. Terakhir, Anda akan diminta kesepakatan mengenai bagi hasil. Umumnya, pihak Grabfood mendapatkan hasil 15—30 persen dari total pemesanan di restoran Anda.

Sebagai contoh, Anda mendapatkan omset penjualan rata-rata Rp500.000 per hari melalui Grabfood. Jika sesuai perjanjian bagi hasil 30 persen, berarti Grabfood memperoleh keuntungan sebesar Rp150.000. Jumlah keuntungannya tetap lebih banyak untuk Anda, bukan?

Demikian ulasan seputar cara mendaftarkan restoran ke Grabfood yang bisa dijadikan pedoman. Grabfood merupakan salah satu bentuk inovasi pemasaran yang harus Anda manfaatkan untuk pengembangan usaha restoran. Jadi, maksimalkan fitur-fiturnya dan nikmati berbagai keuntungan dengan menggunakan aplikasi ini.

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.