Moneyfazz
Yuk, Kenali Pengertian, Manfaat, dan Cara Registrasi E-Dabu!
Home » BPJS » Yuk, Kenali Pengertian, Manfaat, dan Cara Registrasi E-Dabu!

Yuk, Kenali Pengertian, Manfaat, dan Cara Registrasi E-Dabu!

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan salah satu aktor utama untuk menjamin kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui jaminan kesehatan dan asuransi sosial. Untuk jaminan kesehatan ada BPJS Kesehatan dan asuransi sosial ada BPJS Ketenagakerjaan. Menurut Undang-Undang yang berlaku, setiap pekerja yang sudah bekerja selama 6 bulan wajib mendaftarkan BPJS Kesehatan.

Aturan tersebut tentu sangat menguntungkan bagi para pekerja, apalagi jika sebelumnya mereka tidak mempunyai asuransi. Tetapi pernahkah Anda berpikir bagaimana rasanya mengurus puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan pekerja yang memiliki BPJS Kesehatan?

Bagi perusahaan, BPJS Kesehatan mengeluarkan aplikasi bernama E-Dabu yang akan membantu perusahaan mengelola pekerjanya seputar BPJS. Di dalam artikel ini, akan dibahas beberapa hal mengenai pengertian, manfaat, serta bagaimana cara registrasi ke E-Dabu.

Apa itu E-Dabu?

E-Dabu atau Elektronik Data Badan Usaha adalah sistem yang dibuat oleh BPJS Kesehatan kepada perusahaan agar bisa membantu mengolah data pekerjanya yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Secara kasarannya, E-Dabu ini adalah aplikasi yang akan secara otomatis mendaftarkan pekerja ke dalam BPJS Kesehatan tanpa harus datang langsung ke kantor perwakilan BPJS.

Tentu Anda mengetahui bagaimana tingkat keramaian kantor perwakilan BPJS. Kemudian belum lagi dokumen yang harus disiapkan oleh perusahaan ketika akan mendaftarkan pekerja barunya ke BPJS Kesehatan. Dengan aplikasi E-Dabu, perusahaan hanya tinggal online untuk mendaftarkan pekerjanya ke dalam BPJS Kesehatan.

Manfaat E-Dabu

Jika sudah mengetahui tentang apa itu E-Dabu, sekarang apa manfaatnya?

  • Melakukan cross check data peserta BPJS Kesehatan

Ketika sudah mendapatkan hak akses, pihak perusahaan bisa melihat cek data peserta BPJS Kesehatan yang telah didaftarkan sebelumnya. Perusahaan juga bisa melihat apakah pekerja ini sebelumnya sudah mempunyai BPJS Kesehatan atau belum, apakah ada keluarga yang didaftarkan, dan informasi lainnya.

  • Mengubah data

Selanjutnya adalah mengubah data. Ini adalah hal yang paling riskan, yaitu mengubah data. Banyak sekali perusahaan yang malas jika harus antre beberapa jam untuk hanya sekadar mengubah data. Di dalam aplikasi E-Dabu, perusahaan bisa mengubah data mulai dari profil, alamat, penambahan keluarga, sampai mutas.

  • Pendaftaran online

Aplikasi E-Dabu ini sebenarnya sudah muncul beberapa tahun yang lalu, tetapi BPJS Kesehatan masih terus meningkatkan kualitas dan fitur dari aplikasi ini. Akhirnya di tahun 2019 ini, BPJS Kesehatan mengeluarkan aplikasi E-Dabu terbaru dengan fitur pendaftaran online. Tidak hanya itu, perusahaan bisa mendaftarkan ratusan atau bahkan ribuan pekerjanya secara langsung ke BPJS Kesehatan.

  • Approval tidak perlu menunggu pihak BPJS

Salah satu kelebihan lain yang sangat bermanfaat bagi perusahaan adalah perubahan sistem approval yang sebelumnya harus mendapatkan persetujuan BPJS Kesehatan, tetapi sekarang bisa otomatis disetujui. Jika data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap, peserta yang jumlahnya ratusan ataupun ribuan akan otomatis approve dan menjadi peserta BPJS Kesehatan

  • Cek tagihan

Fitur yang tetap dipertahankan adalah cek tagihan. Di dalam aplikasi E-Dabu, pihak perusahaan bisa memantau tagihan bulanan dan peserta mana saja yang tagihannya belum terbayarkan.

Cara registrasi E-Dabu

Hal terpenting dari artikel ini adalah bagaimana mendaftarkan perusahaan ke E-Dabu, karena BPJS Kesehatan sendiri sudah mengonfirmasi bahwa masih banyak perusahaan yang tidak mengetahui aplikasi ini. Jadi sampai sekarang sosialisasi masih terus dilakukan.

Pada saat Anda membuka website E-Dabu, Anda akan melihat simple login. Jika Anda sudah mempunyai hak akses, Anda tinggal login. Jika tidak, maka Anda harus mendaftar. Untuk Anda yang sudah awam dengan proses registrasi yang ada di internet, seharusnya Anda familiar dengan aplikasi E-Dabu. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda mempunyai nomor Izin Berusaha, NPWP Perusahaan, serta KBLI (Kode Bidang Usaha) perusahaan Anda.

Setelah itu, Anda wajib menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Lampiran dalam bentuk Cetak Formulir Registrasi Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya,
  2. Nomor kode badan usaha/ badan hukum lainnya yang sudah terdaftar,
  3. Nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS (virtual account – VA), dan
  4. Hak akses (username/ password) aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran Pekerja beserta anggota keluarganya.

Setelah semuanya siap, Anda tinggal login dan langsung bisa mengolah data kepesertaan BPJS Kesehatan untuk perusahaan Anda. Beberapa menu seperti jumlah karyawan, hitung pajak, pengaturan PPh 21, sampai E-filling bisa terlihat di menu sebelah kiri.

Itulah pengertian, manfaat, dan cara registrasi aplikasi E-Dabu. Sekarang Anda tidak perlu lagi risau untuk mengurus BPJS Kesehatan. Cukup buka aplikasi E-Dabu, kemudian lengkap syaratnya, daftarkan pekerja ke BPJS Kesehatan dan rasakan kemudahan aplikasi terbaru dari BPJS Kesehatan ini.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com