Moneyfazz
Mengecek Website Pemda atau Disdukcapil Setempat
Home » Layanan Pemerintah » Begini Nih Cara Cek NIK Secara Online!

Begini Nih Cara Cek NIK Secara Online!

Nomor Induk Kependudukan (NIK) adalah salah satu hal paling penting saat mendaftar menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sayangnya hal ini sering disepelekan oleh peserta. Tidak heran jika akhrinya sering terjadi kesalahan dalam pendaftaran yang mengakibatkan gagalnya peserta untuk mendaftar. Oleh karena itu, saat kamu ingin mengikuti seleksi CPNS berikutnya, pastikan sudah cek NIK secara benar dan teliti.

Menghubungi Dinas Dukcapil Setempat atau Call Center Halo Dukcapil

Menghubungi Dinas Dukcapil Setempat atau Call Center Halo Dukcapil
pixabay.com

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga secara spesifik menyebutkan dalam twitternya, @BKNgoid, bahwa peserta harus benar-benar memperhatikan NIK ini. Terutama bagi peserta yang baru saja pindah rumah, menikah, ataupun masih belum paham mengenai nomor kependudukan. Berikut beberapa solusi mudah untuk menghindari masalah NIK dengan mengeceknya secara online. BKN telah memberikan 2 cara mudah untuk melakukan cek NIK, yaitu:

  1. Menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil (Dukcapil) kabupaten/kota masing-masing untuk memastikan bahwa NIK kamu sudah benar dan telah terdaftar.
  2. Menghubungi call center Halo Dukcapil dan mengirim data dengan format:
  • NIK,
  • Nama Lengkap,
  • Nomor Kartu Keluarga,
  • Nomor Telp, serta
  • Kamu bisa menghubungi call center Halo Dukcapil ini via hotline 1500537, WhatsApp/SMS pada nomor 0811-8005-373, atau via e-mail di alamat callcenter.dukcapil@gmail.com.

Mengecek Website Pemda atau Disdukcapil Setempat

Selain itu, pejuang CPNS juga bisa melakukan cek NIK yang valid melalui website pemerintah daerah maupun dinas terkait, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Salah satu contohnya adalah yang dilakukan oleh Disdukcapil Yogyakarta. Kalau kamu adalah salah satu pejuang CPNS 2019 yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kamu bisa melakukan cek NIK secara online melalui website kependudukan.jogjaprov.go.id. Setelah masuk ke website tersebut, kamu hanya perlu menuliskan NIK di kolom yang sudah tersedia dan klik CARI. Selanjutnya akan muncul informasi seperti nama, jenis kelamin, kecamatan, juga kabupaten. Dengan ini kamu bisa dengan mudah melakukan verifikasi NIK kamu.

Kegiatan cek NIK ini sendiri dimaksudkan untuk memastikan bahwa NIK kamu memang valid dan terdaftar di Disdukcapil setempat. Di tahun-tahun seleksi CPNS sebelumnya, ada banyak NIK peserta CPNS yang tidak terdaftar ke dalam data Disdukcapil setempat. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kejadian yang sama, BKN menyarankan kepada para peserta CPNS untuk mengecek NIK mereka terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran secara online di website Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019.

Selain itu, apabila peserta memiliki masalah atau kejanggalan dengan NIK mereka, Kementrian dalam Negeri (Kemendagri) menyarankan untuk segera menghubungi Disdukcapil masing-masing dan bukan melapor ke Kemendagri. Kemendagri tidak pernah membuat aplikasi cek NIK atau yang serupa.

Sebagai informasi untuk kamu, NIK bisa ditemukan di berbagai dokumen identitas, seperti KTP, Kartu Keluarga, hingga Paspor. Namun memang terkadang karena beberapa hal, ada baiknya untuk tetap melakukan verifikasi NIK agar tidak timbul masalah di kemudian hari. Terlebih lagi, cek NIK ini memang perlu dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, karena kebutuhan NIK sangatlah luas, tidak terikat pada pendaftaran CPNS saja.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan cara melakukan cek NIK kamu secara online? Dengan kemudahan yang telah disediakan, jangan sampai salah dalam mengisi NIK kamu ketika mendaftar CPNS, ya!

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com