Moneyfazz
Home » BPJS » Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Benar

Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Benar

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu topik yang ramai diperbincangkan. Pasalnya, pengguna jenis jaminan sosial tersebut semakin hari semakin banyak. Selaku perusahaan pemerintah yang berada di bawah PT. Jamsostek, BPJSTK sendiri resmi menjalankan tugasnya sejak 1 Juli 2015 lalu. Namun, jika merujuk pada UU No. 24 Tahun 2011 mengenai BPJS, bentuk layanan jaminan sosial yang baru telah diberlakukan sejak 1 Januari 2014. Untuk tahu lebih jauh tentang program jaminan sosial dari BPKS TK, mari simak ulasan berikut.

Program Jaminan Sosial yang Ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum membahas tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, yuk cari tahu dahulu apa saja program jaminan sosial yang ditawarkan oleh lembaga tersebut! Jika merunut pada UU No. 24 tahun 2011, BPJS TK memiliki empat program jaminan sosial yang dapat diakses para pekerja. 

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Untuk jenis jaminan ini, para pekerja akan memperoleh perlindungan terhadap segala jenis risiko kecelakaan yang bisa terjadi ketika mereka sedang bertugas. Hal ini bisa berupa penyakit yang diidap pekerja akibat dari lingkungan kerja yang tidak sehat, atau ketika seseorang mengalami kecelakaan saat hendak pergi ke tempat kerja. 

Besaran persentase iuran JKK juga bergantung pada tingkat risiko yang dimiliki suatu lingkungan kerja. Misalnya saja, untuk lingkungan kerja yang memiliki risiko kecelakaan sangat tinggi, maka besaran persentase sekitar 1.74 persen dari upah pekerja selama sebulan.

 

  • Jaminan Kematian (JKM)

Ahli waris akan menerima santunan uang tunai apabila peserta tutup usia akibat dari kecelakaan kerja. Manfaat dari JKm pun akan diterima secara berkala oleh ahli waris selama 24 bulan. Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, total manfaat yang dapat diterima jika mengikuti program jaminan ini sebesar Rp36 juta. 

 

  • Jaminan Hari Tua (JHT)

Peserta JHT akan menerima uang tunai yang jumlahnya dihitung berdasarkan nilai akumulasi iuran—yang telah ditambahkan hasil pengembangannya. Jaminan ini akan dibayarkan sekaligus apabila Anda memenuhi beberapa syarat di bawah ini:

  • Peserta tutup usia
  • Mengalami cacat permanen
  • Sudah mencapai usia 56 tahun
  • Peserta yang berhenti kerja karena alasan PHK atau mengundurkan diri
  • Pindah atau keluar dari wilayah Indonesia untuk selamanya

 

  • Jaminan Pensiun

Opsi program jaminan yang terakhir adalah jaminan pensiun. Peserta akan menerima uang tunai bulanan, dengan syarat telah memenuhi minimal 15 tahun masa iuran atau sebanding dengan 180 bulan, yang dihitung ketika mereka memasuki masa pensiun atau sampai wafat. Sementara untuk jumlah yang bakal diterima dari program ini, besarannya bisa mencapai maksimal 40 persen dari upah peserta. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan 

Tersedia beberapa pilihan metode untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Cek Saldo BPJSTK Melalui Website

  • Buka situs resmi BPJSTK atau langsung klik tautan berikut: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.  
  • Untuk pengguna baru, daftarkan diri Anda terlebih dahulu dengan mengisi formulir online yang ditampilkan di layar komputer. Setelah semua data rampung diisi, klik Setuju. Terakhir, pilih tombol Daftarkan untuk menyelesaikan sesi pendaftaran. 
  • Kemudian aktivasi akun Anda dengan klik tautan yang disematkan pada email konfirmasi. Masukkan user id dan password Anda untuk masuk.
  • Setelah itu, pada layar akan muncul beragam pilihan menu, termasuk opsi Lihat Saldo. Jika Anda sudah masuk ke menu tersebut, klik pada pilihan KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda dan selesaikan dengan tombol Submit. Jumlah saldo pun akan langsung ditampilkan di layar.

Cek Saldo BPJSTK Melalui Aplikasi 

Untuk kemudahan mengecek saldo BPJS TK, unduh aplikasi BPJSTK Mobile yang tersedia bagi sistem pengoperasian IOS dan Android. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Setelah mengunduh aplikasi dan memasangnya di ponsel pintar. Buka aplikasi dan klik login untuk masuk.
  • Jika Anda belum memiliki akun BPJS, maka pilih Daftar untuk mendapatkan akses masuk ke aplikasi. Akan tetapi, jika Anda telah memiliki akun BPJS, hanya tinggal memasukkan user id dan password saja. 
  • Setelah itu, masuklah ke halaman utama dan pilih menu Lihat Saldo. 

Cek Saldo BPJSTK Melalui SMS

Pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan berikutnya bisa melalui SMS. Opsi ini cukup populer karena dianggap lebih simpel—tanpa harus memiliki akses ke internet. Anda hanya perlu mengirim SMS dengan format sebagai berikut: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL (jika ada). Kirim format tersebut ke 2757. Atau, Anda juga bisa mengirim format, SALDO(spasi)nomor peserta Anda dan SMS ke 2757. 

Cek Saldo BPJS TK Melalui ATM BNI

Opsi terakhir, yang dianggap lebih praktis ketimbang harus pergi ke kantor BPJS TK adalah dengan mengeceknya lewat ATM BNI. Manfaat ini tentunya hanya bisa dinikmati oleh para nasabah BNI. Cukup datang ke ATM BNI terdekat, login dan pilih menu Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan. Jumlah saldo pun akan secara otomatis tampil di layar.

Demikian beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com