Moneyfazz
Home » Tips » Format Surat Resign/Pengunduran Diri & Contoh Lengkap

Format Surat Resign/Pengunduran Diri & Contoh Lengkap

Dalam sebuah perjalanan karir individu, resign ataupun berpindah pekerjaan merupakan sebuah hal yang sangat mungkin terjadi. Alasan yang menyertainya bervariasi, mulai dari lingkungan kerja hingga isu personal. Untuk itu, setiap karyawan perlu memahami surat resign/pengunduran diri & contoh lengkap.

Surat pengunduran diri menandakan bahwa Anda adalah seorang yang profesional dan memiliki etika yang baik dalam bekerja. Selain itu, perusahaan juga tentunya perlu bersiap mencari talenta lain yang mampu mengisi posisi yang Anda tinggalkan. Untuk itu, Anda dapat pelajari format dan contoh surat resign resmi.

Format Surat Resign

Terlepas dari apapun latar belakang yang menyebabkan Anda ingin mengundurkan diri, Anda tetap perlu meninggalkan kesan yang baik. Untuk memudahkan Anda, berikut format surat resign kerja yang bisa Anda jadikan acuan.

  1. Header

Bagian ini berisikan tempat dan tanggal ketika Anda menuliskan surat tersebut. Selain itu, Anda juga menyertakan kepada siapa surat ini Anda tujukan. Pada umumnya, surat resign ditujukan kepada bagian SDM atau HRD perusahaan, tapi bisa juga kepada pimpinan tertinggi sebuah institusi atau lembaga.

  1. Pembuka dan Isi

Sebagai salam pembuka, Anda bisa memperkenalkan diri dengan nama lengkap, alamat, dan jabatan Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung mengutarakan maksud Anda untuk mengajukan pengunduran diri. Sertakan juga alasan yang rasional dan hindari menyebutkan hal-hal negatif terkait dengan pekerjaan Anda.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan tanggal efektif Anda berhenti bekerja. Dalam hal ini, Anda perlu mengikuti peraturan yang tertuang dalam surat perjanjian kerja. Dalam perjanjian kerja umumnya tertulis bahwa pengunduran diri berlaku dengan prosedur pemberitahuan antara dua minggu hingga satu bulan sebelumnya.

  1. Penutup

Sebagai apresiasi atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan, sampaikan ucapan terima kasih sebagai penutup. Anda juga boleh memberikan kesan-kesan positif selama Anda di sana. Tidak ada salahnya juga Anda menyampaikan keinginan untuk tetap menjalin silaturahmi sekalipun tidak lagi dalam hubungan kerja.

Jangan lupa untuk mengakhiri surat tersebut dengan salam penutup, tanda tangan, dan nama terang. Beberapa institusi dengan budaya kerja yang formal biasanya mengharuskan adanya materai dalam surat resign resmi.

Contoh Surat Resign/Pengunduran Diri

Setelah Anda mengetahui formatnya, Anda bisa mempelajari beberapa contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan dan konteks yang berbeda berikut ini.

Pengunduran Diri Staf Perusahaan

Jika Anda adalah staf perusahaan swasta, BUMN, BUMD, dan perusahaan sejenis, Anda bisa mempelajari referensi ini.

Unaaha, 9 Mei 2020

Yth. Kepala SDM PT. Lentera Ganesha

Jalan Sao-Sao 23 Unaaha

Konawe, Sulawesi Tenggara

Dengan hormat, 

Saya yang bertandatangan berikut ini:

Nama : Mariana Esfandiari

Alamat : Jalan Abu Nawas 41 Unaaha, Konawe, Sulawesi Tenggara

Jabatan : Staf Riset dan Pengembangan

Melalui surat ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Staf Riset dan Pengembangan di PT. Lentera Ganesha terhitung mulai tanggal 9 Juni 2020. Adapun alasan pengunduran diri saya karena akan mengikuti tugas dinas suami di luar kota.

Terimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan pada saya selama 3 tahun ini. Saya senang dapat menjadi bagian dari keluarga besar PT.Lentera Ganesha. Saya memastikan untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang tertanggung dengan sebaik-baiknya sehingga proses transisi ini juga akan berjalan lancar.

Terimakasih banyak atas segenap perhatiannya.

Hormat Saya,

Mariana Esfandiari

Pengunduran Diri di Organisasi Sosial

Bagi Anda yang berkarya di lembaga non profit atau LSM dan hendak mengajukan resign, berikut contoh surat pengunduran diri kerja resmi yang bisa Anda pelajari.

Yogyakarta, 23 April 2020

Yth. Direktur Yayasan Kasih Disabilitas

Jalan Cik Ditiro 55 Terban

Kota Yogyakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya, Restu Firdausha, bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Manajer Hubungan Media di Yayasan Kasih Disabilitas terhitung mulai tanggal 23 Mei 2020. Adapun alasan pengunduran diri saya karena akan melanjutkan studi master bidang komunikasi di University of Melbourne, Australia.

Saya ingin mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Kasih Disabilitas atas kesempatan luar biasa bagi saya untuk belajar di sini. Begitu banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan, khususnya dalam mengembangkan komunitas yang lebih inklusif.

Saya berharap untuk terus dapat menjalin silaturahmi dengan Yayasan. Selebihnya saya akan terus mendukung kerja-kerja baik yang selama ini telah dilakukan.

Sukses selalu untuk Yayasan Kasih Disabilitas.

Hormat Saya,

Restu Firdausha

Pengunduran Diri Sebelum Masa Kontrak Habis

Ada kalanya Anda telah terikat dengan kontrak kerja, namun satu dan lain hal membuat Anda harus memutuskan kontrak tersebut secara sepihak. Untuk tetap memberikan kesan yang baik, berikut contoh surat resign yang bisa Anda pelajari.

Ubud, 19 Maret 2020

Yth. Kepala HRD PT. Kreasi Pertiwi

Jalan Nyuh Kuning 323 Ubud

Gianyar Bali

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Metta Gayatri

Alamat : Jalan Tebongkang 28 Ubud Gianyar Bali

Jabatan : Asisten Eksekutif

Melalui surat ini saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Asisten Eksekutif di PT. Kreasi Pertiwi terhitung sejak tanggal 19 April 2020. Adapun alasan pengunduran diri saya yaitu karena alasan kondisi kesehatan. Segala tugas dan kewajiban akan saya selesaikan hingga hari terakhir masa kerja.

Terkait dengan pengunduran diri saya sebelum masa kontrak kerja habis, saya menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan perusahaan. Dengan segenap kerendahan hati, saya siap menerima konsekuensi sehubungan dengan pengunduran diri saya ini. Semoga alasan resign saya dapat diterima dengan baik.

Saya juga ingin menyampaikan terima kasih yang mendalam atas kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara profesional di sini. Terimakasih karena saya mendapat pembelajaran sekaligus bimbingan yang luar biasa selama bekerja. 

Semoga kesuksesan terus menyertai perusahaan di masa ini dan masa yang akan datang.

Hormat Saya,

Metta Gayatri

Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Tetap

Sekalipun Anda telah berstatus sebagai karyawan tetap, bisa saja Anda memiliki urgensi untuk meraih prospek lebih baik di masa depan. Jika Anda mengajukan resign, Anda dapat mengikuti contoh surat pengunduran diri dari jabatan berikut.

Jakarta, 12 November 2019

Yth. Kepala Bagian SDM PT. Bank Berdikari, Tbk.

Jalan Jenderal Sudirman 343 Setiabudi 

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Lukito Apriando

Nomor Pegawai : 6091231

Jabatan : Manajer Teknologi dan Informasi

Alamat : Jalan Hidup Baru 3 Gandaria Utara Jakarta Selatan

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri sebagai Manajer Teknologi dan Informasi di PT. Bank Berdikari, Tbk terhitung sejak 12 Desember 2019. Alasan saya mengundurkan diri dari perusahaan karena akan fokus mengembangkan usaha keluarga.

Terkait dengan masalah administrasi, saya menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan perusahaan. Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan segenap direksi pada saya sehingga dapat berkontribusi di perusahaan selama 10 tahun terakhir ini.

Demikian surat ini saya buat dengan segenap tanggung jawab. 

Hormat Saya,

Lukito Apriando

Nah, itu dia format surat resign/pengunduran diri & contoh lengkap yang dapat Anda jadikan referensi. Namun sebelumnya, pastikan Anda mendiskusikan dulu rencana resign ini pada supervisor di perusahaan ya. Sukses selalu untuk setiap rencana karir Anda!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com