Moneyfazz
Home » Berita Utama » Daerah Yang Boleh Terapkan New Normal Harus Punya Kriteria Ini!

Daerah Yang Boleh Terapkan New Normal Harus Punya Kriteria Ini!

Indonesia akan bersiap untuk menyambut fase new normal ditengah pandemi virus corona yang masih menghantui seluruh dunia. Untuk itu, pemerintah telah mempersiapkan protokol tatanan New Normal, agar daerah bisa menerapkannya segera.

Setidaknya ada 2 kriteria daerah yang bisa menerapkan New Normal ini.

Pemerintah sudah memberikan instruksi agar fase baru ini bisa dipersiapkan dengan baik. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Joko Widodo, yang menyatakan untuk Indonesia bisa tetap produktif namun tetap aman dari wabah Covid-19.

Sosialisasi New Normal juga akan dilakukan secara besar-besaran.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru yang sudah disiapkan oleh Kemenkes ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat,”ungkapnya pada rapat kabinet lewat video conference (27/5/2020).

Jokowi juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan sebelum memasuki pola New Normal.

Sementara itu untuk kriteria daerah yang bisa menerapkan New Normal harus setidaknya memenuhi dua syarat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo lewat konferensi pers di YouTube Setpres (25/7/2020).

Untuk kriteria pertama yakni daerah-daerah yang sama sekali belum ada kasus corona. Menurut data, tercatat sebanyak 110 kabupaten/kota yang terdiri dari 87 wilayah daratan dan 23 wilayah kepulauan, kecuali Papua.

Nantinya yang akan diberikan tawaran untuk menerapkan New Normal adalah 87 kabupaten/kota tersebut.

Lebih lanjut Doni mengatakan, daerah yang akan dilonggarkan atau dibuka aktivitasnya adalah daerah yang nyari steril. Namun diminta semua daerah yang akan dibuka ini tetap waspada dari wabah virus Covid-19.

Menurutnya daerah-daerah tersebut nyaris steril dari ancaman Corona tapi belum tentu selamanya akan tetap aman.

Adapun alasan 87 kabupaten/kota ini bisa steril dari kasus Covid-19 adalah karena tingkat kesadaran masyarakat nya cukup tinggi dan tetap patuh pada protokol kesehatan.

Daerah-daerah tersebut juga cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan asing.

Lalu untuk kriteria kedua adalah daerah yang berwarna hijau di mana kasus selalu ada setiap harinya namun mengalami penurunan yang signifikan. Daerah ini juga harus lolos standar New Normal dari WHO.

Adapun kriteria yang ditentukan oleh WHO adalah masalah kesehatan masyarakat yang meliputi epidemiologi surveillance kesehatan masyarakat, dan sistem pelayanan kesehatan.

Kemudian ada lagi 10 indikator dari 3 kriteria tersebut yang direkomendasikan oleh WHO.

Selain itu kesiapan kepala daerah untuk menghadapi fase New Normal juga menjadi salah satu syarat.
Pemerintah dalam hal ini tentu akan melihat kesiapan kepala daerah sebelum memberikan izin apakah akan membuka kembali roda sosial dan perekonomian di suatu wilayah.

Presiden Jokowi juga mengatakan ingin memperluas pelaksanaan New Normal jika nantinya dirasa efektif.
Perluasan akan dilebarkan ke provinsi hingga kabupaten dan kota lainnya di seluruh Indonesia.

Aparat TNI dan Polri juga ikut dilibatkan dalam persiapan pelaksanaan new normal. New Normal ini diberlakukan di stasiun hingga pusat niaga.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com