Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Ingin Dana Pensiun Tapi Bukan Pegawai Negeri? Ini Solusinya!

dana pensiun

Dana pensiun hanya bisa didapatkan oleh pegawai negeri maupun aparatur sipil negara, ini merupakan anggapan umum dalam masyarakat. Banyak orang yang bersikeras untuk menjadi pegawai negeri ataupun aparat hanya untuk mendapatkan uang pensiun dan terjamin di hari tuanya.

Semakin berkembangnya zaman tidak hanya pegawai negeri saja yang bisa mendapatkan uang pensiun. Kamu yang bekerja di perusahaan swasta juga bisa mendapatkan uang pensiun setara bahkan lebih dibandingkan pegawai negeri. Ingin tahu caranya? Simak di sini.

Pentingkah Dana Pensiun dan Siapa Saja yang Bisa Mendapatkannya?

Menyiapkan finansial di masa tua adalah hal wajib yang harus dilakukan, persiapan ini akan membuat hidup kamu terjamin di masa tua nantinya. Inilah salah satu fungsi dana pensiun yang paling utama yaitu menyiapkan keuangan untuk masa tua. Persiapan ini perlu dilakukan sejak dini ketika kamu masih bekerja.

Pada saat usia memasuki 60 tahun ke atas tentunya kekuatan kamu untuk bekerja tidak sama pada saat masih muda. Di usia inilah kamu harus berhenti bekerja dan menikmati hasil kerja yang kamu lakukan selama ini. Dengan adanya uang pensiun kamu akan lebih tenang dan nyaman dalam menjalani masa tua.

Oleh karena itu, dana untuk pensiun sangatlah penting sebagai persiapan keuangan kamu di masa tua nantinya. Tidak hanya untuk kamu, uang pensiun ini juga akan bermanfaat untuk kamu dan keluarga. Pentingnya program dana pensiun ini wajib disadari oleh seluruh pekerja untuk menjamin masa tuanya.

Sekarang ini untuk mendapatkan uang pensiun tidaklah harus bekerja sebagai pegawai negeri saja tapi semua pekerja juga bisa mendapatkan uang pensiun. Pekerja perusahaan swasta bisa mendapatkan uang pensiun dengan mengikuti program asuransi pensiun ataupun program lainnya yang sejenis dengan program pensiun.

Dengan adanya program pensiun ini semua pekerja bisa mendapatkan manfaat uang pensiun walaupun bukan pegawai negeri. Jumlah uang pensiun yang akan diterima ini tergantung dari jumlah iuran dan program yang diikuti nantinya. Program ini secara tidak langsung mengharuskan pekerja untuk menabung agar masa tuanya terjamin.

Jenis-Jenis Dana Pensiun

Selama ini kamu mungkin hanya tahu bahwa pensiun terjadi pada saat pekerja sudah memasuki usia 60 tahun ke atas. Berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia saat ini seseorang dikatakan telah memasuki usia pensiun adalah 55 tahun.

Namun ada beberapa peraturan tambahan yang memperbolehkan seorang pensiun tetap bekerja jika masih mampu dan dibutuhkan oleh perusahaan. Pensiun setelah memasuki usia ini disebut dengan pensiun normal. Jenis dana pensiun tidak hanya pensiun normal ada juga beberapa jenis lainnya, yaitu:

1. Pensiun Dipercepat

Pensiun jenis ini dilakukan oleh perusahaan yang menginginkan pengurangan jumlah karyawan karena suatu hal. Tidak hanya perusahaan, pensiun dipercepat ini juga bisa diajukan oleh pekerja yang merasa sudah tidak mampu lagi bekerja.

2. Pensiun Cacat

Pensiun cacat ini merupakan pensiun yang terjadi pada pekerja yang mengalami cacat fisik karena kecelakaan kerja. Pekerja yang mengalami cacat fisik dan sudah tidak bisa bekerja lagi wajib untuk pensiun walaupun belum memasuki masa pensiun.

3. Pensiun Ditunda

Pengertian dari pensiun ditunda ini adalah kamu bisa mengajukan diri untuk pensiun tapi uang pensiun yang seharusnya diambil masih disimpan terlebih dahulu. Uang pensiun ini nantinya akan tetap diberikan jika kamu sudah memasuki usia pensiun.

Cara Mendapatkan Dana Pensiun

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa uang pensiun bisa didapatkan oleh semua pekerja tanpa harus menjadi pegawai negeri. Kamu tentu bertanya-tanya bagaimana cara untuk mendapatkan uang pensiun ini. Ada 3 cara untuk mendapatkan uang pensiunan yaitu:

1. Ikut BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan sekarang ini tidak hanya mengeluarkan jaminan kecelakaan kerja saja tapi juga mengeluarkan produk dana pensiun. Produk ini sering dikenal dengan JP atau Jaminan Pensiun.

Berdasarkan peraturan terbaru setiap perusahaan swasta wajib mendaftarkan semua karyawannya dalam BPJS Ketenagakerjaan. Ada 4 program wajib yang harus diikuti oleh setiap perusahaan yaitu jaminan untuk kecelakaan kerja, jaminan untuk hari tua, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Program jaminan hari tua dan jaminan pensiun ini menjamin keuangan kamu akan tetap stabil jika sudah memasuki masa pensiun. Besaran jaminan ini adalah sekitar 3,7% dari gaji dengan pembagian pembayaran 2% dibayar pekerja dan 1,7% dibayar perusahaan.

2. Program Reksadana

Reksadana adalah produk pensiun yang berupa investasi dalam jangka panjang. Di Indonesia program reksadana ini sudah sangat populer dan banyak digunakan. Program investasi ini sangat menguntungkan karena jumlah keuntungan yang didapatkan bisa besar sesuai dengan hasil investasinya.

Tidak hanya itu, program ini juga sangat fleksibel karena pencairan uangnya bisa dilakukan kapan saja. Kamu bisa mencairkannya setiap bulan ketika sudah memasuki masa tua ataupun sekaligus diambil setelah masuk usia pensiun.

3. Program DPLK

DPLK merupakan dana pensiun lembaga keuangan yang banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan bank komersial. Program DPLK ini berbeda dengan deposito ataupun menabung seperti biasa. Setiap bulannya kamu harus menyetorkan sejumlah uang sesuai dengan perhitungan gaji dan uang pensiun yang akan didapatkan nantinya.

Kamu juga bisa memilih sendiri besaran setoran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Dengan demikian uang pensiun yang akan kamu dapatkan jumlahnya bisa lebih besar dibandingkan dengan gaji per bulan.

Program DPLK ini bisa kamu ikuti secara mandiri atau perorangan maupun secara kolektif dikoordinir oleh perusahaan. Dana dari DPLK ini bisa kamu cairkan jika kamu sudah memasuki masa pensiun atau sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Cara Mengelola Dana Pensiun Agar Tetap Menguntungkan

Dasar perhitungan dana pensiun adalah gaji yang kamu terima setiap bulannya selama kamu bekerja. Oleh karena itu, uang pensiun yang akan kamu terima jumlahnya hampir sama dengan gaji yang diterima setiap bulannya. Agar uang pensiun yang kamu terima bisa berkembang kamu harus mengelolanya dengan baik.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola uang pensiun adalah melakukan investasi. Sekarang ini sudah banyak lembaga keuangan yang menawarkan investasi jangka pendek yang menguntungkan. Kamu bisa melakukan investasi agar uang pensiun yang kamu terima tetap bisa menguntungkan.

Tidak hanya investasi, untuk mengisi masa pensiun kamu juga bisa membuka usaha di rumah dengan modal kecil. Sekarang ini ada banyak bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah dan bermodalkan kecil. Dengan cara-cara ini masa pensiun kamu akan tetap produktif dan keuangan kamu tetap stabil.

Mengikuti program untuk mendapatkan uang pensiun sangat penting bukan? Sekarang ini siapa saja bisa mendapatkan jaminan masa tuanya walaupun bukan seorang pegawai negeri. Jumlah uang pensiun yang akan didapatkan juga tidaklah kecil.

Dana pensiun yang kamu peroleh juga harus dikelola dengan baik agar keuangan kamu tetap stabil. Jangan takut lagi kamu yang bukan pegawai negeri tidak terjamin masa tuanya kelak. Kamu bisa membagikan tulisan ini untuk memotivasi teman dan saudara lainnya.