Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Mengenal Day Trader, Strategi dan Pro Kontranya

day trader

Banyak orang yang masih belum memahami mengenai investasi saham. Padahal di era teknologi seperti saat ini, sudah semakin banyak orang yang mulai mencari peluang investasi melalui saham. Banyak orang yang meyakini bahwa investasi saham merupakan salah satu cara paling tepat untuk meningkatkan keuntungan. Instrumen investasi saham juga tergolong aman asalkan Anda sudah mengetahui cara beserta risiko yang dihadapi. Nah, salah satu cara investasi saham yang banyak dilakukan adalah day trading.

Kecanggihan teknologi membuat banyak orang semakin mudah untuk membeli dan menjual saham dalam waktu yang cepat. Hanya dalam hitungan menit, seseorang bisa membeli saham lalu kemudian menjualnya kembali. Inilah yang disebut dengan day trader. Bahkan kini day trader juga bisa menjadi pilihan karier yang menguntungkan dengan keuntungan yang menjanjikan lho, asalkan dilakukan dengan benar.

Namun, day trader disebut bukan pilihan yang disarankan untuk pemula karena cukup menantang dan berisiko. Apalagi jika Anda belum sepenuhnya paham mengenai pasar saham dan belum memiliki strategi perencanaan. Untuk itu, kenali dulu day trader berikut ini.

Apa itu Day Trader?

Day trader atau trader harian adalah trader yang mengeksekusi volume besar trading pendek dan panjang untuk memanfaatkan aksi harga pasar di hari tersebut. Secara singkat, day trading ini melakukan proses jual beli di pasar saham yang terjadi dalam waktu satu hari. Perdagangan tersebut tidak akan dialihkan ke hari atau sesi perdagangan selanjutnya.

Seorang day trader biasanya memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan ekonomi atau perdagangan. Namun, saat ini juga sudah banyak orang dari latar belakang pendidikan lainnya yang melakukan day trading, hanya saja biasanya mereka tetap memiliki pengetahuan yang baik dalam hal perdagangan saham dan valuta asing.

Day trader yang sukses dan handal membutuhkan pengetahuan serta pengalaman yang luas dalam hal investasi saham. Mereka menggunakan berbagai metode untuk memuat keputusan trading. Beberapa di antaranya menggunakan model trading dari komputer yang mengaplikasikan analisis teknis untuk menghitung probabilitas yang menguntungkan. So, seorang day trader bekerja bukan hanya berdasarkan naluri, tetapi juga perhitungan yang detail dan matang.

Seorang day trader biasanya memiliki ciri khas dan karakteristik seperti:

  • Memiliki pengalaman tentang pasar dan memahami fundamental pasar dengan baik
  • Memiliki modal yang cukup dan biasanya menggunakan modal berisiko yang dapat dipertaruhkan. Jumlah modal yang digunakan cukup besar untuk memanfaatkan pergerakan harga intraday dengan efektif
  • Memiliki strategi trading sendiri, seperti trading news, swing trading, dan arbitrase
  • Memiliki disiplin yang tinggi

Strategi yang Digunakan

  • Range trading: strategi yang menggunakan level dukungan dan pertahanan dalam menentukan keputusan jual atau beli.
  • Perdagangan berbasis berita: dalam bahasa Inggris strategi ini disebut dengan news bases trading. Strategi ini memanfaatkan peluang perdagangan dari naik atau turunnya volatilitas yang terjadi karena berita. Teknik menganalisis berita lokal dan global ini menjadi teknik yang paling populer di kalangan day trader.
  • Perdagangan frekuensi tinggi: dalam bahasa Inggris strategi ini disebut high frequency trading. Startegi ini menggunakan algoritme tingkat tinggi untuk melihat perubahan yang terjadi di pasar jangka pendek.

Perdagangan saham yang dilakukan oleh seorang day trader disebut dengan intraday. Ada beberapa strategi yang digunakan oleh day trader, antara lain:

Pro Kontra Day Trader

Keuntungan atau manfaat yang didapatkan dari proses day trading menjadi salah satu topik yang masih diperdebatkan. Mari kita lihat pro kontranya berikut ini:

Pro:

Menjadi seorang day trader memiliki beragam manfaat. Posisi day trader tidak akan terpengaruh oleh kemungkinan berita negatif yang diperoleh jika menahan portofolio mereka dalam satu malam. Mereka pun tidak akan terpengaruh dengan harga sekuritas yang berpotensi naik atau turun dalam semalam.

Seorang day trader juga dapat memperoleh kesempatan lebih banyak untuk belajar dan mengamati pasar. Para trader yang pro dengan day trading juga meyakini bahwa terdapat potensi keuntungan yang besar dari aktivitas ini.

Kontra:

Aktivitas day trading kerap mengundang perdebatan. Hal ini disebabkan day trading sangat berpotensi untuk dijadikan lahan penipuan. Investor pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam pasar saham banyak yang tertipu akibat informasi day trading yang diterima lewat internet, karena iming-iming pengembalian dana dalam waktu yang singkat.

Ada anggapan yang menyebar bahwa dengan melakukan day trading adalah jalan untuk menjadi cepat kaya. Padahal, hal ini belum tentu terjadi. Inilah yang mengakibatkan banyak orang yang tiba-tiba menjadi day trader tanpa pengetahuan yang cukup. Seorang day trader yang sukses biasanya memiliki pengetahuan yang baik dan pengalaman yang cukup.

Banyak manager keuangan profesional atau penasihat keuangan yang juga menghindari gaya day trading. Mereka berpendapat bahwa apa yang didapat tidak sebanding dengan risiko yang harus dihadapi.

Perlu Anda ingat bahwa day trading melibatkan risiko yang signifikan dan cukup tinggi. Ada banyak trader yang melakukan day trading tanpa pengetahuan yang memadai. Namun, ada juga day trader yang berhasil meskipun dengan risiko yang tinggi. Selain itu, diperlukan juga pemahaman yang mendalam tentang bagaimana pasar bekerja dan berbagai strategi lain untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek. So, nggak bisa asal-asalan dan berharap langsung bisa mendapatkan hasil yang instan dalam waktu cepat.

Gimana, apakah Anda semakin yakin untuk menjadi seorang day trader? Sebaiknya perbanyak dulu ilmu Anda sebelum terjun langsung ke area ini ya.