Moneyfazz
Home » Investasi » 5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Deposito

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Deposito

 

Apa itu deposito? Apa perbedaan deposito dengan tabungan? Deposito adalah produk perbankan yang menawarkan layanan penyimpanan uang dalam jangka waktu tertentu. Ini berarti bahwa dana yang disimpan di deposito tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Hampir tiap bank memiliki layanan deposito, tetapi dengan ketentuan yang berbeda-beda. Ada setidaknya 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang deposito, yaitu sebagai berikut:

Minimal dana yang harus disetorkan lebih besar daripada tabungan

 

Salah satu perbedaan antara deposito dan tabungan biasa adalah pada minimal dana yang harus disetorkan pada awal membuat deposito di bank. Pada umumnya, Anda bisa mulai menabung di bank dengan setoran awal sekitar Rp250.000 hingga Rp500.000. Angka ini berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan.

Sementara itu, untuk memiliki deposito di bank, jumlah dana awal yang harus disetor adalah sekitar Rp8.000.000 hingga Rp10.000.000. Namun, Anda juga bisa menambah dana deposito yang ingin disetorkan,. Bahkan, semakin besar dana deposito, semakin tinggi pula bunga yang diterapkan. 

Bunga deposito lebih besar daripada bunga tabungan

 

Jika Anda memperhatikan, besar suku bunga untuk tabungan di bank terbilang sangat kecil. Besarnya diperkirakan antara 0,10% hingga 1%. Besar bunga ditentukan oleh kondisi pasar pada waktu tersebut serta jumlah tabungan yang dimiliki. Artinya, Anda tidak dapat mengharapkan keuntungan yang besar dari bunga tabungan, terutama jika jumlahnya sedikit.

Berbeda dengan deposito, suku bunga bank yang diterapkan cukup kompetitif. Pada akhir 2019 ini, bunga deposito dapat mencapai 3,70% hingga 5,83%. Angka ini memang akan terus berubah seiring perkembangan kondisi pasar. Namun, hasilnya jelas jauh lebih besar daripada bunga tabungan.

Anda dapat memaksimalkan bunga deposito dengan beberapa cara. Pertama, memilih tenor yang menawarkan bunga lebih besar. Ada pilihan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Kedua, memilih bank yang menawarkan bunga yang rata-rata lebih besar daripada bank lain. 

Nah, bunga deposito ini dapat Anda nikmati per bulan dengan opsi transfer otomatis ke rekening yang dimiliki. Selain itu, bunga juga bisa diambil pada saat deposito jatuh tempo sesuai jangka waktu yang dipilih. Pembayaran hasil deposito dapat dilakukan secara tunai maupun nontunai. Perlu diperhatikan bahwa ada pajak penghasilan yang harus dibayar dari hasil deposito.

Denda jika menarik dana di deposito sebelum jatuh tempo

Sebelum memutuskan untuk menyimpan dana yang dimiliki di deposito, pastikan Anda tidak membutuhkannya dalam waktu dekat. Pasalnya, dana tersebut tidak dapat ditarik sewaktu-waktu dibutuhkan, kecuali Anda membayar denda atau penalti sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap bank.

Untungnya, deposito menawarkan sejumlah opsi yang cukup fleksibel, yaitu dengan tenor yang bervariasi. Jika berencana untuk menggunakan dana dalam waktu dekat, Anda bisa memilih opsi tenor 1 bulan. Jika repot mengurusnya tiap bulan, gunakan pilihan perpanjangan otomatis. Namun, jika Anda yakin tidak ingin menggunakan dana segera, pilihlah opsi 12  bulan. Intinya adalah memiliki perencanaan yang tepat dan matang.

Risiko yang rendah dibandingkan produk investasi lain

 

Meskipun sejenis tabungan, deposito juga sering disamakan dengan investasi. Hal ini karena deposito menawarkan keuntungan yang lebih besar daripada tabungan biasa. Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa itu deposito dan ingin mencobanya, tidak perlu khawatir atau takut. Pasalnya, deposito merupakan investasi yang paling minim risiko dibandingkan produk lain.

Berbeda dengan saham atau reksa dana, deposito tidak membutuhkan pengetahuan yang mendalam. Anda cukup membandingkan dengan jeli tawaran deposito yang diberikan oleh bank. Semakin tinggi bunga yang diberikan, hasil keuntungan dari deposito pun akan semakin banyak. Supaya dana semakin besar, ada baiknya Anda menabung kembali bunga hasil deposito tersebut.

Deposito dapat menjadi jaminan

 

Jika Anda ingin mengajukan kredit atau pinjaman di bank, Anda biasanya membutuhkan benda berupa properti yang bisa dijadikan jaminan. Nah, deposito ternyata dapat pula menjadi jaminan yang akan ditentukan harganya sesuai nilai maksimum yang tercantum. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan solusi tanpa harus menarik dana di deposito tersebut.

Meskipun demikian, tidak semua bank menerima jaminan berupa deposito. Sebelum itu, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai bank apa saja yang bersedia menerima deposito sebagai jaminan jika suatu saat Anda membutuhkan.

Karena manfaatnya yang banyak, tidak heran jika deposito termasuk dalam aset yang dimiliki. Menyimpan uang di deposito dianggap lebih bijak karena lebih aman dan tidak tergerus oleh pemakaian sehari-hari yang tidak terkontrol. Karena itu, jika Anda memiliki dana dalam jumlah lebih dari Rp10.000.000, menyimpannya di deposito adalah langkah terbaik.

Nah, inilah beberapa hal paling mendasar yang perlu Anda ketahui tentang apa itu deposito. Jika tertarik, segera kunjungi bank terdekat dan ketahui apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memiliki deposito. Semoga bermanfaat!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com