Moneyfazz
Home » Istilah Finansial » Due Diligence, Ketahui Pengertian dan Tipe-Tipenya

Due Diligence, Ketahui Pengertian dan Tipe-Tipenya

Due diligence adalah istilah yang akan sering Anda temukan dalam dunia bisnis dan keuangan. Pemahaman dasar seputar topik ini sangat penting bagi Anda khususnya yang tertarik dengan investasi, merger, dan akuisisi. Artikel ini akan memberikan penjelasan kepada Anda tentang pengertian dan tipe atau jenisnya. 

Pengertian Due Diligence

Istilah ini merujuk kepada satu proses audit dan review untuk mengonfirmasi kebenaran klaim pihak kedua. Hal ini umumnya dilakukan sebelum Anda melakukan perjanjian bisnis dengan risiko finansial yang besar. Contohnya seperti pendanaan start-up, melakukan akuisisi perusahaan, serta merekrut vendor baru.

Due diligence adalah proses yang panjang, mahal, dan melelahkan. Setidaknya ada tiga profesional yang perlu terlibat secara intensif, yaitu pengacara, akuntan atau auditor, dan negosiator.

Pentingnya Due Diligence

Selain menghindarkan Anda dari kerugian di masa yang akan datang, due diligence meeting mempromosikan budaya transparansi dan keterbukaan. Namun lebih dari itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa pihak yang terlibat perlu melakukan audit ini.

  1. Mengonfirmasi dan memverifikasi informasi yang ditemukan saat proses tawar-menawar.
  2. Menghindari transaksi bisnis yang buruk atau berpeluang cacat.
  3. Memperoleh informasi berharga yang akan semakin meningkatkan nilai transaksi.
  4. Memastikan segala peluang yang hadir di depan mata telah memenuhi kriteria transaksi yang dibutuhkan.

Tipe Due Diligence

Due diligence audit identik dengan hal yang begitu numerik karena menyangkut laporan keuangan, cost-benefit, aset, dan hutang. Namun di sisi lain, proses due diligence juga bisa berorientasi pada human capital. Anda tentu ingin tahu budaya perusahaan hingga pengelolaan SDM-nya sebelum berinvestasi di sana.

Berikut beberapa tipe due diligence yang perlu Anda ketahui.

  1. Due Diligence Administrasi

Aktivitas ini menitikberatkan pada verifikasi hal-hal yang bersifat administratif. Misalnya seperti fasilitas, tingkat okupansi, dll. Anda akan memperoleh gambaran awal seputar biaya operasional jika Anda ingin melakukan ekspansi.

  1. Due Diligence Aset

Investigasi ini akan mengarahkan Anda pada temuan mendalam seputar aset tetap milik perusahaan berikut lokasinya. Selain itu, Anda perlu tahu juga seputar perjanjian leasing, jadwal pembelian dan upgrade peralatan kerja, dst.

  1. Due Diligence Customer

Pelanggan atau klien adalah kunci keberlangsungan usaha. Sebelum Anda melakukan perjanjian bisnis dengan satu perusahaan, gali secara mendalam beberapa aspek berikut:

  • Segmen pelanggan terbesar
  • Kebijakan kredit yang dijalankan
  • Skor kepuasan pelanggan, setidaknya dalam 3 tahun terakhir
  1. Due Diligence Lingkungan

Anda tidak dapat mengabaikan faktor ini. Jika pihak kedua ternyata menyalahi beberapa regulasi terkait lingkungan, maka tentu Anda pun akan menemui masalah di masa yang akan datang. Untuk itu, Anda bisa memastikan beberapa hal berikut:

  • Validitas izin dan lisensi terkait operasional usaha
  • Cek apakah ada kewajiban seputar lingkungan yang belum terpenuhi
  1. Due Diligence Keuangan

Due diligence keuangan adalah tipe yang paling umum sekaligus paling menentukan. Anda akan melihat apakah perusahaan memiliki cashflow yang sehat. Beberapa hal yang patut untuk Anda pertanyakan lebih mendalam yaitu:

  • Apakah Anda dapat melihat sumber revenue perusahaan hanya dengan membaca laporan keuangannya?
  • Apakah proyeksi finansialnya cukup dapat dipercaya?
  • Apakah laba perusahaan tersebut cenderung naik, stagnan, atau turun?
  • Seberapa besar pasar yang dapat dijangkau untuk produk dan jasa yang ditawarkan?

Semua proses ini tentu membutuhkan kerja keras luar biasa sehingga Anda dapat memperoleh gambaran yang komprehensif sebelum membuat keputusan. Namun tentu saja ini begitu penting untuk meminimalisasi risiko kegagalan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami apa itu due diligence sekaligus menambah wawasan Anda dalam dunia bisnis dan keuangan.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com