Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Definisi Ekuitas, Contoh, dan Pentingnya bagi Perusahaan

ISTILAH FINANSIAL EKUITAS

Ekuitas atau equity biasanya mengacu pada saham dalam dunia perdagangan pasar modal dan mengacu pada modal yang didistribusikan oleh pemiliknya dalam dunia ekonomi dan pinjaman. Selain itu, equity juga mengacu pada perbedaan nilai yang tertuang dalam aset dan nilai dalam aset itu sendiri ketika membicarakan dunia real estate.

Seperti yang Anda ketahui, equity dapat dijumpai dalam neraca perusahaan dan menjadi salah satu matriks keuangan yang umum digunakan dalam menilai keuangan di suatu perusahaan. Apa pengertian dan mengapa ekuitas itu penting dapat Anda simak pada penjelasan berikut!

Apa yang Dimaksud Ekuitas?

Pengertian ekuitas menurut para ahli adalah sebuah kekayaan perusahaan yang sebagian dari total kekayaan tersebut dipegang oleh individu. Equity tak jarang dimiliki oleh pemilik perusahaan itu sendiri atau bisa juga dimiliki oleh investor. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, equity bisa dibilang sebagai modal dalam sebuah usaha.

Namun, perlu Anda ketahui, Anda sebaiknya tak memperjualbelikan equity di pasar Modal. Hal ini dikarenakan memperjualbelikan equity biasanya dapat mempengaruhi bisnis yang Anda miliki. Bisa jadi jumlah equity yang Anda miliki sebagai pemilik perusahaan maupun rekan bisnis Anda sebagai investor akan berkurang.

Saat menjalankan sebuah bisnis, tentu saja Anda harus memahami betul komponen ekuitas dan dasar-dasarnya. Dengan hal itu, diharapkan Anda dapat mengetahui besar kecilnya saham dan aset tanpa hutang dan kewajiban yang menunjukkan sehat tidaknya perusahaan Anda.

Apakah Ekuitas Penting dalam Sebuah Perusahaan?

Ekuitas yang terdapat dalam sebuah perusahaan merupakan cerminan dari nilai buku yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dengan kata lain, nilai ini dapat disimpulkan sebagai salah satu faktor yang digunakan dalam penentuan harga saham perusahaan.

Tak jarang, harga saham bisa saja menjadi lebih tinggi dari nilai equity per saham karena adanya investor yang meyakini sebuah perusahaan memiliki prospek baik. Akan tetapi, bisa kita simpulkan, batas bawah perusahaan memiliki kepercayaan di mata investor dapat dilihat dari nilai equity yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.

Contoh Ekuitas

Anda dapat menggunakan beberapa bentuk equity yang biasa dalam Perseroan Terbatas (PT) sebagai contoh. Berikut adalah beberapa contoh ekuitas.

  • Berbagai jenis saham, seperti saham biasa, preferen, dan akun tambahan modal disetor
  • Modal PT yang terdiri dari saham
  • Selisih penilaian kembali aktiva tetap
  • Laba ditahan (sisa laba pada tahun sebelumnya) dan sisa rugi tahun pada tahun sebelumnya
  • Disagio dan agio dari penjualan saham
  • Modal yang diperoleh dari sumbangan

Perhitungan rumus ekuitas dalam sebuah bisnis harus bisa dilakukan secara mendetail. Terutama jika bisnis yang Anda pegang memiliki banyak investor dan stakeholder yang tergabung didalamnya. Dengan demikian, pengelolaan equity harus dilakukan secara terencana guna meminimalisir kesalahan dalam menentukan besar kecilnya modal dan sehat tidaknya perusahaan.

Sekian sekilas pembahasan sederhana mengenai ekuitas dan juga pentingnya ekuitas dalam sebuah perusahaan. Ingat! Jangan bosan untuk mencari ilmu karena dengan ilmu itu pula Anda dapat menjadi lebih sukses. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain, siapa tahu dapat memberikan manfaat kepada mereka.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi