Moneyfazz
Home » Istilah Finansial » Pengertian Fiat Money, Dampak dan Perbedaan dengan Uang Lain

Pengertian Fiat Money, Dampak dan Perbedaan dengan Uang Lain

Setujukah Anda bahwa biaya untuk membuat uang kertas Rp 100.000 tak jauh berbeda dengan yang digunakan untuk membuat uang Rp 5.000? Nilai uang tersebut menjadi berbeda hanya karena negara menyatakan hal tersebut. Itulah yang disebut fiat money.

Pengertian Fiat Money

Uang fiat adalah uang yang tidak memiliki nilai ”intrinsik”, tapi nilainya berasal dari hukum, regulasi, atau kesepakatan.

Nilai intrinsik yang dimaksud adalah nilai sesuai bahan yang dikandung atau yang dijadikan bahan pembuatnya.

Meski sama-sama merupakan uang yang memiliki nilai dan dapat digunakan untuk belanja, jenis-jenis uang memiliki perbedaan mendasar. Untuk memahaminya dengan baik, sangat diperlukan pengetahuan mengenai sejarah uang.

Perbedaan Uang Fiat, Uang Komoditas, Uang Representatif, dan E-Money

Sebagai alat barter untuk tukar-menukar barang, uang menjadi standar yang penting untuk digunakan. Setelah mengalami berbagai macam sejarah, akhirnya logam emas dan perak menjadi pemenang untuk diterima sebagai uang secara luas.

Hal ini karena emas dan perak memiliki kandungan yang berharga dan bernilai di mata manusia. 

Nilai kandungan itulah yang biasa disebut nilai intrinsik. Dan uang komoditas adalah uang yang nilainya didasarkan atas kandungan intrinsik dari bahan pembuatnya.

Uang komoditas memiliki kesulitan untuk disimpan, dipindahkan, dan dipecah menjadi nilai yang lebih kecil. Untuk itu diperkenalkan surat jaminan kepemilikan emas yang dapat dipertukarkan.

Surat ini kemudian menjadi cikal bakal uang representatif, yaitu uang kertas yang mewakili nilai tertentu dari sebuah komoditas.

Lalu sejak kapan uang tak lagi dijamin emas?

Pada tahun 1971-1973, Pemerintahan Richard Nixon mengambil serangkaian keputusan yang mendorong peralihan uang representatif menjadi uang fiat. Hal ini karena inflasi AS meninggi (5,8%) dan pengangguran meningkat (6,4%).

Ditambah lagi, Amerika Serikat tak lagi memiliki cadangan emas yang mencukupi untuk menjamin uang dollar yang beredar. Karena itu uang kertas tak lagi dijamin emas dan nilainya diserahkan kepada pasar melalui mekanisme floating exchange (nilai tukar mengambang).

Kemajuan teknologi kemudian memaksa uang tak lagi harus dicetak dalam bentuk kertas. Dan akhirnya, diperkenalkan pengertian e-money sebagai uang dalam bentuk catatan elektronik untuk alternatif alat pembayaran dan jual beli.

Dampak Penerapan Fiat Money Terhadap Perekonomian

Jika uang tak lagi memiliki nilai intrinsik, lalu apa dampaknya terhadap perekonomian?

Pertama, nilai fiat money tidak dijamin lagi oleh emas, sehingga bersifat tidak stabil dan sangat fluktuatif. Secara nilainya berarti karena negara menggaransi nilai tersebut, ia menjadi sangat tergantung pada kemampuan negara tersebut.

Saat terjadi krisis dan menurunnya tingkat kepercayaan pada negara tersebut, nilai uang fiat dapat menjadi volatile, sangat mudah terombang-ambing.

Kedua, karena nilainya mengambang, jika terjadi kelebihan jumlah uang beredar, nilainya akan terdepresiasi sehingga terjadi inflasi. 

Contoh inflasi Zimbabwe menjadi epik dengan segerobak uang hanya untuk membeli beberapa potong roti. Inflasi yang tak terkendali menyebabkan sistem ekonomi Zimbabwe kembali ke sistem barter barang dengan barang.

Ketiga, menyimpan uang tak lagi menjadi cara terbaik mempertahankan kekayaan. Karena inflasi yang kerap terjadi seiring pertambahan waktu menjadikan nilai uang menurun seiring waktu berjalan.

Untuk dapat mempertahankan nilainya, uang harus dialihkan kepada aset-aset ekonomi non-uang.

Semuanya negatif, adakah dampak positifnya?

Selain dampak negatif tersebut, penerapan fiat money juga memberikan dampak positif. Dampak positif dari fiat money adalah adanya kemudahan dalam penggunaan uang saat berada di negara yang berbeda.

Dengan adanya sistem pertukaran mata uang, nilainya menjadi dapat diketahui tanpa harus mengira-ngira. Ini juga mendorong kepercayaan untuk melakukan transaksi antarnegara.

Demikian hal-hal penting yang perlu diketahui mengenai fiat money. Mulai dari pengertian, sejarah, hingga dampak penerapan sistem tersebut terhadap perekonomian. Semoga bermanfaat.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com