Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Fluktuasi, Pengertian, Penyebab hingga Cara Mengatasinya

Fluktuasi sebagai dampak dari dinamika perekonomian tidak hanya dirasakan oleh pembuat kebijakan ekonomi, pelaku bisnis atau pemilik perusahaan. Tapi juga berdampak pada semua pihak yang terkait didalam sistem perekonomian. 

Fluktuasi harga menjadi salah satu fenomena yang dirasakan banyak perusahaan terutama yang terkait dengan produksi barang. Berikut ulasan lengkap mengenai fluktuasi harga, penyebab, serta cara mengatasinya.

Apa Itu Fluktuasi?

Secara umum, fluktuasi merupakan ketidakstabilan atau ketidak tepatan misalnya pada harga atau nilai suatu produk dan sebagainya. Biasanya dapat dilihat dari penggambaran melalui grafik tahunan. 

Fluktuasi yang terjadi erat kaitannya dengan mekanisme pasar yang terjadi yang berupa kenaikan atau penurunan nilai atau harga yang dikenal pula sebagai fluktuasi harga. 

Sebagai contoh, terjadinya fluktuasi harga pangan khususnya pada kopi arabika dimana harga kopi ini anjlok dari 5,97 dollar AS per kg pada tahun 2011 menjadi 4,18 dollar AS per kg pada tahun 2012. Hal ini ini tentunya akan merugikan produsen kopi arabika.

Penyebab Terjadinya Fluktuasi Harga

Fluktuasi terjadi dalam siklus bisnis atau siklus ekonomi yang menggambarkan naik turunnya produksi barang. Demikian halnya dengan ketidakstabilan harga yang menjadi fenomena pasang surutnya harga produk. 

Penyebab fluktuasi harga tidak terlepas dari patokan nilai yang ditetapkan oleh pemerintah dan telah direspon baik oleh masyarakat. 

Menanggapi hal tersebut, pelaku bisnis harus bisa menetapkan kebijakan yang tepat untuk mengatasi terjadinya fluktuasi, baik itu menetapkan kenaikan ataupun penurunan harga produk.

Siklus bisnis terbesar terjadi pada bidang pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya kenaikan atau penurunan harga produk dari ketiga bidang tersebut diantaranya:

  • Adanya kenaikan atau penurunan harga dari produk seperti benih atau bibit, pupuk, dan berbagai produk yang mampu meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.
  • Harga pemanfaatan teknologi produksi yang ditujukan untuk peningkatan produktivitas budidaya juga mempengaruhi fluktuasi harga di bidang pertanian.
  • Kurangnya permintaan barang ekspor berdampak pada terjadinya penyesuaian harga pasar.
  • Secara tidak langsung faktor seperti musim dan cuaca juga mampu mempengaruhi fluktuasi harga produk. Misalnya pada musim paceklik, produksi otomatis akan menurun yang mengakibatkan harga akan naik.
  • Fluktuasi di bidang pertambangan, menonjol pada harga emas yang tidak stabil karena dipengaruhi nilai tukar mata uang Dollar.

Terjadinya fluktuasi harga otomatis akan mempengaruhi jalannya suatu usaha atau bisnis. Pada saat yang terjadi berupa kenaikan harga maka permintaan barang akan berkurang yang mengakibatkan kerugian. 

Sebaliknya jika terjadi fluktuasi berupa penurunan harga, permintaan meningkat sehingga ada peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan profit.

Fluktuasi harga juga akan mempengaruhi investasi bisnis. Investor akan lebih berminat pada saat harga mengalami kenaikan. Begitupun sebaliknya, investor kurang tertarik jika harga produk mengalami penurunan. 

Cara Mengatasi Fluktuasi Harga

Ada beberapa cara yang umum digunakan untuk mengatasi terjadinya fluktuasi harga. Adapun cara tersebut yaitu:

  • Di bidang pertanian dan perkebunan, petani bisa melakukan kombinasi berbagai komoditi pada satu lahan dengan sistem agroforestri. Jadi tidak hanya mengandalkan satu jenis komoditi saja. 
  • Proses transaksi jual beli barang produksi seharusnya tidak perlu melalui perantara (tengkulak) agar keuntungan produsen lebih banyak dan pembeli produk mendapat harga lebih murah.
  • Di bidang pertambangan batubara, produsen mesti melakukan efisiensi dengan melakukan pengurangan stripping ratio yang menyebabkan membengkaknya biaya produksi
  • Melakukan pengelolaan keuangan secara cermat agar biaya produksi lebih kecil dibanding biaya penjualan

Itulah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui terkait fluktuasi harga. Informasi di atas semoga dapat menambah wawasan anda agar badan usaha yang anda rintis bisa mengatasi dinamika ini.

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.