Moneyfazz
Home » Ekonomi » Mengenal Fungsi dan Manfaat Pajak Bagi Berbagai Kalangan

Mengenal Fungsi dan Manfaat Pajak Bagi Berbagai Kalangan

Walaupun menjadi iuran wajib bagi warga negara yang sudah memiliki penghasilan, tapi masih banyak yang tak kenal apa sebenarnya pajak dan bagaimana fungsi dan manfaat pajak itu bagi kehidupan mereka. Alhasil tak sedikit yang lupa membayar pajak, bahkan menghindarinya dengan berbagai alasan. Agar Anda tak masuk salah satunya, simak informasi pentingnya berikut ini.

Pajak merupakan iuran wajib kepada setiap warga negara yang sifatnya memaksa tapi diatur oleh undang-undang. Iuran tersebut nantinya digunakan untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah, sehingga tak akan dirasakan langsung manfaatnya oleh seseorang karena bersifat global.

Fungsi Pajak Bagi Pemerintah

Berbicara soal fungsi dari pajak akan sangat kompleks karena bukan hanya mencakup perorangan, tapi berhubungan langsung dengan keberlanjutan sebuah negara. Makanya membayar pajak itu sangat penting. Apa saja fungsi dari pajak?

1. Sebagai Alat Yang Melaksanakan Kebijakan

Kebijakan negara bisa diselenggarakan dengan pengaturan yang tepat, pajak merupakan salah satu alat yang bisa digunakan. Fungsi dan manfaat pajak bagi negara sebagai pengatur adalah:

– Pengaturan dalam memberikan perlindungan pada produk yang diciptakan di dalam negeri. Contoh konkritnya adalah pajak jenis pertambahan nilai.

– Pengaturan laju inflasi suatu negara bisa dilakukan dengan menggunakan pajak, terutama untuk menahan laju inflasi.

– Pengaturan ekspor barang lokal agar lebih tepat sasaran, contohnya adalah pajak untuk ekspor barang

– Pengaturan laju investasi modal di dalam negeri, sehingga investor lebih bijak dalam menggunakan modalnya dan benar-benar bermanfaat. 

2. Pemerataan Income

Dengan adanya pajak yang dikumpulkan, bisa menjadi sarana untuk memeratakan pendapatan masyarakat agar kesejahteraan bisa dirasakan semua lapisan masyarakat. 

3. Anggaran Negara

Pajak adalah salah satu sumber dari uang masuk suatu negara, pajak kemudian dipakai untuk biaya pembangunan nasional. Penggunaan yang ideal adalah yang berorientasi pada keseimbangan anggaran di seluruh daerah dan sektor pembangunan.

4. Kestabilan Ekonomi 

Stabilitas berbagai hal pada suatu negara bisa terjaga dengan kontribusi pajak secara maksimal. Contohnya stabilitas ekonomi, fungsi dan manfaat pajak bagi suatu negara berperan dalam menyelesaikan deflasi atau inflasi yang terjadi.

Fungsi Pajak Bagi Masyarakat Umum

Bagi masyarakat umum fungsi dan manfaat pajak sebagai pengingat bahwa jalannya pemerintahan suatu negara sangat bergantung kepada pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Dampaknya adalah pada tanggung jawab dari masyarakat untuk ikut mewujudkan segala target pemerintah yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol keuangan, karena pastinya pembayar pajak akan menyisihkan uang setiap tahun untuk pajak. Otomatis mereka sudah menghitung pengeluaran tahunan dan bisa melihat pos anggaran mana yang bisa dialihkan untuk membayar pajak, sehingga kontrol keuangan berjalan dengan baik.

Fungsi Pajak Bagi Pengusaha

Sama halnya dengan pemerintah, pajak juga memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kalangan pengusaha. Diantaranya membuat sadar akan kewajiban, lebih paham posisinya di dalam upaya memeratakan pembangunan, dan meminimalisir upaya penyimpangan dana.

1. Sadar Kewajiban

Ketika pengusaha membayar pajak, otomatis dia menjadi sadar bahwa sebagai warga negara yang baik dia harus mentaati aturan salah satunya dengan setor pajak tepat waktu. 

2. Paham Posisi

Pengusaha memiliki peran penting dalam pembangunan, dengan membayar pajak maka pengusaha akan semakin paham dimana posisi mereka dalam upaya pembangunan yang adil dan merata. disitulah bisa terlihat fungsi dan manfaat pajak bagi pembangunan daerah melalui peran serta pengusaha.

3. Meminimalisir Penyimpangan

Dengan membayar pajak, dan tercatat semua data keuangan kena pajak dari pengusaha tersebut maka akan sulit untuk melakukan penyimpangan. Contohnya, penyimpangan data keuangan bisa dihindari, karena data riil keuangan pengusaha sudah ada pada kantor pajak dan bisa dicek kapanpun dibutuhkan.

Manfaat Pajak Bagi Pemerintah

Setelah bicara tentang fungsi pajak dan manfaat bagi berbagai kalangan, sekarang mari kita membahas manfaat apa yang diberikan pajak kepada pemerintah khususnya Indonesia. Paling tidak Anda bisa paham bahwa iuran yang dibayar tersebut jelas kemana dialokasikan oleh pemerintah sebagai pengelolanya.

– Membantu mengelola PNS yang dibutuhkan negara, sejak proses perekrutan sampai pemberian gaji.

– Memaksimalkan kerja dari birokrasi dari yang terbawah di tingkat kelurahan hingga pemerintah pusat.

– Mengoptimalkan sistem pertahanan negara dengan pembelian fasilitas yang dibutuhkan seperti kapal laut, pesawat tempur

– Berperan dalam pembangunan berbagai fasilitas umum yang ditujukan bagi masyarakat seperti jalur kereta api. Bendungan, pelabuhan, bandara, saluran irigasi, jembatan, dan jalan baru di berbagai daerah.

– Berperan dalam menjaga lingkungan hidup agar tetap nyaman dan jauh dari permasalahan baik itu pembakaran hutan, konservasi lahan, mengembalikan kondisi daerah pasca bencana.

– Memaksimalkan fasilitas umum yang digunakan oleh masyarakat

– Meningkatkan gizi masyarakat melalui program kesehatan yang didanai melalui pajak.

– Mengembangkan daerah wisata di berbagai daerah agar lebih maksimal dan berdampak bagi perekonomian masyarakat.

– Memaksimalkan sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan

Manfaat Pajak Bagi Masyarakat

Sama halnya dengan pemerintah, Anda sebagai masyarakat sebenarnya juga sudah merasakan fungsi dan manfaat pajak dalam kehidupan sehari-hari, namun memang tidak secara personal. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pemerataan pembangunan jalan hingga ke daerah terpencil, dari yang sebelumnya belum memiliki akses jalan, atau jalannya berlubang menjadi aspal licin yang mudah untuk dilalui oleh kendaraan apapun.
  2. Pemerataan listrik di berbagai daerah, sehingga penerangan bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
  3. Pemerataan pendidikan yang meminimalisir angka putus sekolah di berbagai daerah.
  4. Pemerataan kehidupan sosial yang meliputi penanganan anak jalanan agar mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak.
  5. Penambahan lapangan kerja yang dapat meminimalisir pengangguran

Manfaat Pajak Bagi Pengusaha

Pengusaha sebagai salah satu kelompok masyarakat yang berperan dalam berbagai sektor pembangunan, juga mendapatkan manfaat ketika dia rajin membayar pajak. Karena sangat berhubungan langsung dengan usaha yang mereka jalankan.

– Kepercayaan Klien

Perusahaan yang membayar pajak otomatis sudah mengantongi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Ini akan sangat bermanfaat ketika melakukan transaksi dan kerjasama, karena pihak klien akan lebih percaya pada perusahaan yang taat pajak.

– Keuangan Meyakinkan

Dengan membayar pajak, perusahaan akan dinilai sebagai perusahaan dengan keuangan yang baik. Karena biasanya perusahaan yang tak bayar pajak cenderung memiliki sistem pendanaan yang tidak baik. Disitulah dijelaskan fungsi dan manfaat pajak yang sangat dirasakan oleh pengusaha.

– Laporan Keuangan Terkontrol

Dengan membayar pajak, perusahaan mau tidak mau harus membuat laporan keuangan karena itu merupakan syarat penting wajib pajak. Ini akan membantu perusahaan untuk selalu membuat laporan tersebut. alhasil bukan saja untuk pajak, laporan tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain yang menguntungkan perusahaan.

– Mudah Mendapatkan Pinjaman

Pengusaha yang punya NPWP memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pinjaman dari perbankan. Karena NPWP aktif merupakan salah satu syarat dalam pengajuan pinjaman. 

– Keuntungan Bertambah

Pengusaha lokal akan mendapatkan keuntungan saat harus bersaing dengan pengusaha luar negeri yang harus membayar sejumlah pajak. Sebab harga produk yang dipasarkan pasti akan lebih murah, sedangkan produk impor harus meningkatkan harga akibat pembayaran berbagai jenis pajak tersebut.

Alasan Fungsi dan Manfaat Pajak Tidak Terealisasi

Jika dilihat secara teori, memang banyak fungsi dan manfaat pajak serta hubungannya dengan APBN dan sektor lain yang seharusnya dirasakan langsung oleh semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun pengusaha. Tapi dalam realitanya hal itu tak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak alasan yang melatarbelakanginya. 

Pertama adalah keinginan membayar pajak yang rendah dari masyarakat, sehingga mengakibatkan pengelolaannya tidak maksimal dan tidak semua sektor terkena imbas positif dari pajak tersebut. kedua adalah  masih rendahnya pemahaman dari masyarakat tentang pajak dan seluk beluknya, sehingga menjadikan pajak sebagai iuran yang dinilai memberatkan.

Ketiga adalah indikasi adanya penyelewengan pajak yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, sehingga menghambat realisasi berbagai program pembangunan yang pembiayaannya mayoritas dari pajak tersebut. 

Bagaimana Caranya Agar Fungsi Dan Manfaat Pajak Terealisasi

 

Ketika terjadi masalah dalam siklus pajak yang seharusnya bisa menjadi sumber anggaran pembangunan, perlu berbagai cara efektif mengatasi masalah tersebut agar fungsi dan manfaat pajak benar-benar bisa dirasakan semua pihak.

1. Sosialisasi

Sosialisasi tentang pembayaran pajak harus terus dilakukan oleh pihak terkait, terutama pemerintah. Bisa melalui poster, spanduk, atau penyuluhan di berbagai daerah yang potensi pajaknya tinggi namun realisasinya minim.  

Lakukanlah secara kontinu, hingga masyarakat menjadi benar-benar paham bahwa membayar pajak itu adalah kewajiban yang berorientasi pada kehidupan mereka juga. jangan lupa untuk melakukannya dengan pendekatan yang tepat, karena beda kelompok masyarakat, beda pula karakternya.

2. Transparansi

Memaksimalkan transparansi dalam pembayaran pajak juga menjadi kunci terealisasinya berbagai target dari pajak yang terkumpul oleh pemerintah. Saat ini upaya itu terus dilakukan dengan pelayanan satu pintu pada layanan perpajakan.  Dan akses penuh yang diberikan kepada masyarakat untuk mengetahui proses pembayaran pajak yang benar.

Transparansi ini juga harus diikuti dengan pendampingan dari pemerintah, apalagi di kawasan yang masih minim pengetahuan tentang pajak, agar masyarakat bisa mandiri saat melakukan pembayaran pajak sehingga fungsi dan manfaat pajak benar-benar terealisasi.

3. Realisasi

Realisasi dari penggunaan pajak harus benar-benar tepat sasaran, sehingga fungsi dan manfaat pajak benar-benar dirasakan. Contohnya untuk daerah A, pajak yang dihimpun pemerintah daerah akan digunakan sebagai sumber anggaran pembangunan jalan dan jembatan, maka realisasikanlah sesuai dengan target tersebut.

4. Koordinasi

Agar proses perpajakan berjalan lancar mulai dari pembayaran hingga penggunaannya, dibutuhkan koordinasi yang sangat maksimal dari berbagai pihak yang terkait. Mulai dari pemerintah di tingkat terbawah, pemerintah pusat dan tentunya masyarakat sebagai wajib pajak. 

Selama ini, koordinasi lah yang menjadi masalah dalam realisasi perpajakan di Indonesia sehingga menimbulkan banyak masalah. Dampaknya, masyarakat menjadi tidak percaya pada pemerintah dan tidak mau membayar pajak.

5. Pengawasan      

Untuk memastikan penggunaan pajak benar-benar tepat sasaran, butuh pengawasan maksimal dari pihak terkait, termasuk masyarakat. Jika tidak, bisa saja terjadi hal-hal yang akan menghambat realisasi pajak tersebut.          

Demikianlah informasi seputar fungsi dan manfaat pajak yang perlu Anda ketahui, semoga bisa menjadi landasan pemikiran bahwa pajak itu penting. Karena selama ini memang masih banyak orang yang memiliki pendapat tentang pajak yang dinilai tidak ada fungsinya, sebab mereka tak pernah merasakan manfaatnya secara langsung. Ayo bayar pajak dan jadilah warga negara taat pajak!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com