Moneyfazz
Gula-Pasir
Home » Berita Utama » Gula Pasir Meroket Kemendag Turun Pasok 160.000 Ton ke Ritel

Gula Pasir Meroket Kemendag Turun Pasok 160.000 Ton ke Ritel

Pandemi corona mengakibatkan beberapa barang konsumsi menjadi melambung tinggi. Hal ini juga termasuk pada gula pasir yang sampai berita ini  dimuat harga di pasaran masih tinggi, jauh dari HET yang ditetapkan pemerintah.

Berdasarkan data di Kemendag sendiri tercatat gula pasir bisa menyentuh harga Rp. 18.300. Harga di pasar ini bisa dikatakan tidak wajar karena terpaut jauh dengan HET.. 

HET untuk gula pasir yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu seharga Rp. 12.500. Tercatat ada kenaikan 4,57% dari bulan lalu yaitu seharga Rp. 17.500.

Berdasarkan pengawasan dari Kemendag kenaikan pada gula pasir disinyalir dilakukan oleh oknum pasar yang ingin meraup untung tinggi. Utamanya memanfaatkan momentum kepanikan dan kebutuhan masyarakat saat terjadinya corona ini.

Hampir mirip seperti kejadian kelangkaan masker, apd, dan obat-obatan pada beberapa pekan sebelumnya.

Momentum corona ini memang bisa menjadi lahan empuk bagi para pedagang nakal, atau para penimbun untuk mendapat keuntungan yang lebih. Kepanikan masyarakat bisa membuat mereka membeli dengan harga berapapun untuk barang yang mereka benar-benar butuhkan.

Melambungnya harga gula pasir ini terjadi di hampir seluruh pasar tradisional di seluruh Indonesia. Di beberapa ritel atau pusat perbelanjaan khusus sembako harga masih relative mendekati harga HET.

Hal ini yang menjadi alasan ritel sebagai salah satu tujuan pasokan gula dari Kemendag dalam waktu dekat. Seperti dilansir dari CNN Kabareskrim Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa ritel dipilih karena masih bisa menjaga harga di angka Rp. 12.500.

Ritel dan beberapa pusat perbelanjaan khusus sembako akan menerima pasokan gula rafinasi sebanyak 160.000 ton. Sedangkan pasar tradisional pasokan akan direncanakan setelah pasokan di ritel selesai.

Pasokan gula rafinasi dari kemendag ini akan direncanakan pada esok. Rencana pasokan ini akan segera dikirim ke seluruh provinsi.

Selain memberikan pasokan gula rafinasi ribuan ton tersebut. Kemendag juga akan melakukan tindakan tegas bagi penjual yang ketahuan sengaja melambungkan harga. Seperti apa yang diterangkan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dikutip dari Republika. Beliau akan menindak tegas bagi penjual yang masih menjual diatas HET.

Beliau menambahkan permainan harga tersebut yang mengakibatkan melambungnya harga suatu barang yang tidak wajar akan dikenakan sanksi hukum. Ditambah oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, menerangkan sanksi bisa berupa pencabutan izin karena melakukan tindakan yang merugikan konsumen.

Ditengah meroketnya harga gula menteri perdagangan juga menerangkan tidak akan ada revisi pada HET gula pasir. Beliau berpendapat bahwa HET yang telah ditentukan masih dalam ukuran harga yang wajar. Namun memang ada ulah oknum yang menyebabkan harga gula ini melambung tinggi.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com