Moneyfazz
Harga Emas
Home » Berita Utama » Harga Emas: Hari Ini Turun Hingga 0,45% Apakah Saatnya Beli?

Harga Emas: Hari Ini Turun Hingga 0,45% Apakah Saatnya Beli?

Setelah mengalami kenaikan harga sepekan lalu, hari ini emas antam mengalami penurunan harga. Penurunan harga emas antam sangat dipengaruhi beberapa hal, berikut ulasannya.

Yang mempengaruhi pergerakan harga emas Antam adalah harga emas dunia. Beberapa pekan sebelumnya emas menjadi pilihan utama pelarian investor ketika ekonomi global mengalami ketidak pastian.

Aksi beli besar-besaran tersebut dipicu kekhawatiran akibat krisis ekonomi yang disebabkan covid-19. Dan langkah teraman adalah memilih emas sebagai lahan investasi.

Faktor penyebab penurunan harga emas dunia hari ini disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, sentimen pasar terhadap kebijakan donald trump yang menyetujui paket stimulus sebesar USD 484 Miliar untuk beberapa sektor terdampak corona. Lainnya adalah aksi taking profit atau mengambil untung jangka pendek.

Dasar aksi taking profit ini adalah karena harga emas telah mencapai titik safe haven emas akibat kenaikan saham wall street.

Kepala perdagangan derivatif logam mulia Tai Wong, seperti dilansir pada CNBC Internasional. Dia mengatakan hari ini muncul aksi ambil untung jangka pendek. Namun harga masih akan tetap stagnan karena faktor ekonomi global yang tidak stabil.

Faktor penyebab di Tanah Air harga emas naik atau turun adalah faktor global yang telah disebutkan sebelumnya. Namun pada dasarnya pembelian emas antam tidak hanya dengan harga dasarnya.

Harga jual emas antam dengan ukuran kecil 0,5 gram dibandingkan dengan 1000 gram selisih perbandingan harganya berbeda. Dikarenakan adanya biaya cetak emas beserta sertifikatnya. Semakin kecil ukuran harganya tentu lebih mahal.

Lainnya adalah pajak beli emas PPh 22 yang diatur dalam PMK No 34/PMK.10/2017 sebesar 0,9% tanpa NPWP dan 0,45% dengan NPWP.

Tercatat pada situs logam mulia hari ini setelah akhir pekan lalu harga emas turun Rp. 1000 yaitu ke harga Rp 943.000 untuk ukuran 1 gram. Hari ini turun sekitar Rp. 4000 yaitu seharga Rp. 939.000.

Pada saat kondisi ekonomi Indonesia mengalami penurunan, memilih berinvestasi emas adalah pilihan yang bijak. Namun pilihan berinvestasi emas ini bukan untuk dalam jangka waktu pendek.

Perlu perhitungan yang tepat dan matang sebelum memutuskan untuk berinvestasi walau harga sedikit turun. Namun karena kondisi ekonomi global yang mempengaruhi harga emas dunia. Prediksi harga emas bisa sekali waktu mengalami kenaikan, memperhitungkan sentimen global saat ini terhadap krisis ekonomi.

Untuk informasi harga emas lainnya seperti pegadaian, harganya masih relatif sama seperti harga pada hari yang kemarin.

Demikian sedikit ulasan terkait harga emas pada hari ini. semoga bermanfaat, tetap di rumah dan jaga kesehatan. Salam.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com