Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

[UPDATE Covid-19] Ini Harga Listrik per kWh April 2021 & Cara Menghitungnya

Penting:

  1. Informasi dibawah ini diupdate terakhir bulan April 2021
  2. Tarif Januari sampai Maret 2021 tidak naik

Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan 900 Volt Ampere (VA) kategori Rumah Tangga Mampu. Kenaikan tarif ini dilakukan karena tidak ada lagi subsidi untuk kategori tersebut, sehingga harga listrik per kWh 2021 mendatang akan mengalami kenaikan.

Pencabutan subsidi untuk golongan Rumah Tangga Mampu 900 Volt Ampere per Januari 2021 ini merupakan kesepakatan antara pemerintah pada September lalu dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sementara, golongan Tidak Mampu masih akan tetap disubsidi, jadi tidak ada penyesuaian tarif bagi golongan tersebut.

Sejauh ini, tarif listrik pelanggan golongan 900 VA dilakukan pemisahan antara kategori Tidak Mampu dan kategori Rumah Tangga Mampu. Dari sebanyak 72 juta pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN), total pelanggan golongan 900 VA ini mencapai 27 juta pelanggan. 

Adapun kategori Rumah Tangga Mampu 900 VA ini mencapai 6,9 juta pelanggan, Nah, kategori inilah yang akan dikenakan penyesuaian tarif pada 2021

Berdasarkan perhitungan kementerian ESDM atau Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, saat ini rumah tangga kategori mampu masih dikenakan tarif sebesar Rp1.352 per Kilowatt jam (kWh). 

Nah, nanti mulai Januari 2021, harga listrik per kwh 2021 dengan daya 900 VA akan disesuaikan dan sama dengan pelanggan kelompok nonsubsidi dengan daya sebesar 1300 VA, yaitu sebesar Rp1.444,70 per kWh. 

Meskipun tarif untuk kategori 900 VA Rumah Tangga Mampu mengalami kenaikan, pemerintah menyatakan dan menjanjikan bahwa nilai yang berubah tidaklah terlalu signifikan, yaitu tidak lebih dari Rp1.000 setiap harinya.

Dengan penghapusan subsidi kategori rumah tangga mampu yang selama ini menikmati 900 VA, maka subsidi listrik pada tahun 2021 akan menjadi triliunan rupiah. Nah, besaran subsidi ini turun dari yang telah ditetapkan pemerintah di rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) di tahun 2021.

Dengan dicabutnya subsidi golongan ini, maka PLN bisa masuk ke tahapan penyesuaian tarif, karena subsidi terhadap PLN akan mengalami penurunan, maka pelanggan pengguna listrik PLN-lah yang akan berhenti disubsidi. 

Setiap tahunnya, selisih antara harga jual dan harga keekonomian listrik ini terus naik. Belum lagi subsidi yang ditujukan kepada golongan rumah tangga pelanggan 450 VA dan 900 VA dinilai belum berjalan optimal atau tidak tepat sasaran. Dengan begitu, mengacu pada data terpadu program pananganan fakir miskin, subsidi untuk tahun 2021 ini hanya untuk pelanggan rumah tangga berdaya 450 VA serta Rumah Tangga Tidak Mampu daya 900 VA.

Nah, setelah subsidi dicabut, akan berlaku tarif penyesuaian untuk tarif listrik. Namun, hal ini tergantung sejumlah komponen seperti dolar dan harga minyak. Maka bisa saja ke depannya harga listrik menjadi naik atau turun.

Cara Menghitung Tagihan Listrik per Periode Berdasarkan Harga Per kWh

Rumah-rumah yang menggunakan listrik pascabayar wajib memahami cara menghitung tagihan listrik per periode berdasarkan harga per kWh dengan benar. Hal ini penting agar tagihan listrik tidak membludak dan terkejut saat pembayaran. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya adalah dengan mengetahui golongan tarif yang dipakai di rumah, seperti tabel di bawah ini.

Untuk menghitungnya, Anda perlu melihat kWh meter Anda pada dalam satu periode, yaitu bulan sebelumnya dan bulan selanjutnya. Semisal, kWh meter pada rumah Anda di bulan November menunjukkan 134.510 kWh, lalu bulan Desember menunjukkan 134.660 kWh, maka ada selisih 150 kWh pada periode tersebut.

Setelah menemukan selisihnya, lakukan konversi untuk mengetahui harga dengan cara mengalikan selisih kWh Anda pada periode tersebut dengan harga yang sudah ditetapkan oleh PLN bagi golongan tarif Anda.

Seandainya Anda termasuk kategori Rumah Tangga Mampu nonsubsidi dengan pemakaian daya 900 VA, maka kalikan selisih tadi (150 kWh) dengan Rp1.352, yaitu Rp202.800 untuk periode tersebut.

Nah, dengan naiknya harga listrik per kWh 2021, biaya yang dikenakan untuk daya 900 VA kategori Rumah Tangga Mampu nonsubsidi, dengan selisih sebesar 150 kWh dalam satu periode akan dikalikan Rp1.467,28 sehingga jumlah yang harus dibayar menjadi Rp220.092

Tarif Listrik Indonesia dan Negara Asia Tenggara Lainnya

Sebelum harga listrik per kwh 2021 naik, tarif tenaga listrik di Indonesia dibanding dengan negara Asia Tenggara lainnya masih kompetitif. Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tarif tenaga listrik Indonesia per April 2018 untuk golongan rumah tangga tercatat sebesar Rp1.467 per kWh, lebih murah dibandingkan dengan Singapura sebesar Rp2.665 per kWh.

Jika dibandingkan lagi dengan Filipina, tarif listrik Indonesia juga masih lebih murah, sektor rumah tangga di Filipina seharga Rp2.491 per kWh. Jika dibandingkan dengan Malaysia, Indonesia memang masih memiliki tarif yang sedikit lebih tinggi karena tarif listrik Malaysia sebesar Rp1.334 per kWh. 

Kemudian, jika dibandingkan dengan Thailand, Indonesia masih lebih murah, dan jika dibandingkan juga dengan Vietnam, tarif listrik Indonesia masih sedikit diatas untuk golongan rumah tangga.

UPDATE (April 2021) – Harga Listrik 2021

Untuk menekan dampak ekonomi dari pandemi corona, pemerintah memberikan insentif listrik kepada pelanggan listrik dengan daya dibawah ini untuk periode waktu tiap kuartal dimana kuartal 1 dimulai Januari, kuartal 2 dimulai dari April, Kuartal 3 dimulai Juli, dan kuartal 4 dimulai dari oktober:

Pembebasan Biaya Beban, diberlakukan bagi:

  • Pelanggan Golongan Sosial daya 220 VA dan 900 VA (S-1/220 VA, S-2/450 VA, S-2/900 VA)
  • Pelanggan Golongan Bisnis daya 900 VA (B-1/900 VA); dan
  • Pelanggan Golongan Industri daya 900 VA (1-1/900 VA)

Silakan kunjungi terus www.moneyfazz.id untuk berita terbaru soal Covid-19 dan update ekonomi dan bisnis.

Untuk biaya pelanggan diluar daya diatas akan tetap mengikuti biaya berdasarkan tabel dibawah ini.

FAQ

Apakah ada perubahan harga saat Corona?

Iya ada. Kami telah memperbaharui artikel kami tertanggal April 2021. Terdapat stimulus untuk pelanggan daya 450 VA dan 900 VA. Baca sekarang.

Apakah data di Moneyfazz terupdate?

Ya! Kami selalu memvalidasi terlebih dahulu data terbaru oleh pemerintah sebelum melakukan publikasi

Situs apa Moneyfazz ini?

Moneyfazz adalah portal berita yang menyajikan informasi finansial pribadi, berita ekonomi, bisnis hingga tips terkait keuangan.