Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Definisi Hutang Wesel, Kelebihan & Kekurangannya

hutang wesel

Anda tentu sudah paham mengenai istilah utang atau hutang dan wesel. Namun, apakah hutang wesel merupakan gabungan keduanya? Pendapat itu tidak sepenuhnya tepat karena utang wesel merupakan salah satu jenis utang pada perusahaan.

Perusahaan bahkan cenderung menyenangi piutang wesel karena ia cukup berharga dan dapat diperjualbelikan. Nah, kenali lebih lanjut mengenai utang wesel di sini.

Mengenal Pengertian Utang Wesel

Utang wesel merupakan utang jangka pendek yang menggunakan jaminan tertentu, tanpa syarat, tercantum dalam perjanjian tertulis dan bisa diperjual belikan kepada orang lain.

Mekanisme hutang ini sebenarnya sama dengan utang-utang lain. Hanya saja, utang ini perjanjiannya kuat, mengikat, serta bisa dijual ke pihak lain.

Untuk lebih memahaminya, mari kita simak contoh berikut ini. Anda bermaksud untuk membeli mobil secara kredit. Nah, Anda wajib menandatangani perjanjian yang sudah disepakati antara Anda dan juga dealer mobil terkait.

Perjanjian itu berisi tentang berapa jumlah cicilan Anda, bunga, serta tanggal jatuh tempo. Apabila Anda tidak mampu untuk membayar cicilan hingga tanggal jatuh tempo, kendaraan Anda akan ditarik dan sebagai pemilik utang, Anda tentu akan sangat rugi.

Anda juga bisa oper kredit (menjual kembali) kendaraan tersebut. Hal ini berlaku biasanya ketika Anda sudah tak sanggup lagi membayar cicilan kendaraan itu, atau karena alasan lainnya.

Tidak semua utang dan piutang wesel memiliki bunga. Ada beberapa yang tidak berbunga. Namun, setiap utang wesel tentu memiliki tanggal jatuh tempo.

Perbedaan Utang Wesel dan Utang Usaha

Dalam perusahaan, sebetulnya utang wesel berbeda dengan utang usaha. Apa yang membedakan keduanya? Berikut beberapa hal yang memperjelas perbedaan antara utang wesel dan utang usaha:

  • Utang wesel jangka waktunya lebih panjang daripada utang usaha, karena utang usaha biasanya jangka waktunya hanya kurang dari satu tahun.
  • Utang usaha bisa dimasukkan ke dalam kolom aset perusahaan, tetapi Anda tidak dapat melakukan hal serupa terhadap utang wesel pada perusahaan.
  • Utang wesel tidak perlu ditagih, alasannya adalah karena pada saat membuat utang wesel, seseorang pasti akan memberikan jaminan berupa barang tertentu. Apabila ia yang berhutang tak dapat melunasinya, maka barang tersebut menjadi hak milik pihak perusahaan yang memberikan utang.

Kelebihan dan Kekurangan Utang Wesel Jangka Pendek

Utang wesel pada dasarnya merupakan utang jangka pendek, lantaran durasi dari approval utang hingga jatuh tempo cukup pendek. Utang ini cukup diminati banyak pihak karena selain perjanjiannya jelas, utang wesel juga membuat beban relatif jadi pendek.

Kondisi ini tentu berbeda dengan utang jangka panjang. Misalnya, obligasi. Namun, bukan berarti utang jenis ini tidak memiliki kekurangan sama sekali.

Apabila Anda atau sebuah perusahaan memiliki uang yang cukup, utang wesel bisa menjadi sebuah hal yang ringan. Namun, apabila seseorang atau sebuah perusahaan memiliki banyak utang wesel, beban yang akan ia tanggung pun akan lebih berat.

Khusus perusahaan, utang wesel akan membuat likuiditas perusahaan menjadi sulit. Apalagi, suku bunga utang wesel itu tidak tentu, tak seperti utang jangka panjang.Sekarang, Anda sudah tahu pengertian hutang wesel serta kelebihan dan kekurangannya. Utang wesel merupakan utang yang baik jika diambil secara cermat.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi