Moneyfazz
Home » Istilah Finansial » Indikator Ekonomi, Pelajari Pengertiannya di Sini

Indikator Ekonomi, Pelajari Pengertiannya di Sini

Anda pasti sering mendengar atau menemukan istilah indikator ekonomi ketika sedang menyimak perkembangan berita ekonomi terkini. Sekalipun Anda tidak menekuni bidang tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu lebih lanjut apa maksudnya.

Pengetahuan dasar seputar ekonomi makro seperti ini akan sangat membantu Anda memahami konteks ekonomi nasional maupun global. Apakah Anda tertarik? Jangan lupa untuk membaca artikel ini hingga selesai ya supaya Anda bisa mendapatkan informasi serta penjelasan yang ringan.

Apa itu Indikator Ekonomi?

Indikator ekonomi merujuk pada kumpulan data-data perekonomian suatu negara dalam skala makro. Indonesia sendiri tentu memiliki indikator ekonomi yang terus diperbarui secara berkala. Kebanyakan pelaku bisnis menggunakan data ini untuk membaca peluang investasi baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Sebenarnya ada banyak sekali pihak yang mengeluarkan laporan indikator ekonomi makro. Namun, Anda bisa mengandalkan data versi pemerintah ataupun lembaga thinktank yang bergerak dalam kajian ekonomi. Begitu pentingnya laporan ini, banyak pihak menjadikannya rujukan untuk menilai performa ekonomi satu negara.

Komponen Indikator Ekonomi

Ada banyak sekali komponen di dalam indikator ekonomi indonesia 2020, mulai dari situasi pasar, konsumen, bahkan indeks korupsi. Namun, beberapa pengamat ekonomi lebih sering melihat komponen-komponen berikut:

  1. Indeks Harga Konsumen

Indeks ini menunjukkan harga rata-rata kebutuhan konsumen baik berupa barang dan jasa. Misalnya seperti biaya transportasi, ongkos pengobatan, belanja sembako, dll. Ahli ekonomi memperoleh indeks ini setelah menghitung perubahan harga setiap item tertentu lalu menghitung rata-ratanya.

Perubahan indeks harga konsumen ini kemudian sering dipakai untuk menilai perubahan biaya hidup di satu lokasi. Selain itu, para ahli juga sering menggunakan statistik ini untuk mengidentifikasi adanya periode inflasi (kenaikan harga barang dan jasa) ataupun deflasi (penurunan harga barang dan jasa). 

  1. Produk Domestik Bruto (PDB)

PDB merupakan total nilai pasar untuk semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam satu negara selama kurun waktu tertentu. Umumnya, PDB dihitung per tahun dan digunakan untuk menilai seberapa sehat perekonomian negara. PDB juga menjadi angka patokan untuk menentukan indikator pertumbuhan ekonomi.

  1. Harga Minyak Mentah

Mengapa harga minyak mentah dijadikan satu indikator ekonomi? Ya, tentu saja karena hingga saat ini belum ada satu negara pun yang benar-benar bisa melepas ketergantungan terhadap minyak mentah. Dengan demikian, komponen ini juga secara langsung berpengaruh terhadap PDB.

Klasifikasi Indikator Ekonomi

Para ahli melakukan klasifikasi indikator ekonomi dan meluncurkannya pada waktu yang spesifik supaya pelaku pasar dapat mempersiapkan diri. Berikut detailnya.

  1. Leading Indicator

Tipe indikator ini digunakan untuk memprediksi pergerakan ekonomi di masa yang akan datang. Salah satu yang paling populer yaitu pasar saham.

Kondisi pasar yang kuat menunjukkan peningkatan aktivitas ekonomi, demikian juga sebaliknya. Namun sayangnya, Anda perlu cermat juga karena pasar saham sering dijadikan objek manipulasi.

  1. Lagging Indicator

Para pengamat ekonomi menggunakan indikator ini setelah terjadi perubahan situasi ekonomi yang signifikan. Komponen yang sering menjadi rujukan yaitu indeks harga konsumen, tingkat pengangguran, hingga tingkat suku bunga.

  1. Coincident Indicator

Tipe indikator yang satu ini menunjukkan kondisi ekonomi indonesia saat ini, atau real-time, sehingga paling sering dijadikan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan. Beberapa komponen yang dilihat antara lain besaran pertumbuhan pdb indonesia, tingkat angkatan kerja, hingga jumlah penjualan retail.

Nah, itu dia beberapa hal mendasar yang penting Anda tahu seputar indikator ekonomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk lebih memahami istilah-istilah yang akan sering Anda temukan di dunia ekonomi dan bisnis.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com