Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Ini Keutamaan Sedekah Subuh yang Dapat Kabulkan Semua Doa

sedekah subuh

Sudahkah Anda bersedekah hari ini? Kata sedekah tentu sudah tidak asing lagi untuk Anda. Dalam Islam, sedekah memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang melakukannya. Sedekah mengandung arti pemberian dari seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sedekah juga merupakan amal salih yang diperintahkan oleh Allah SWT dan Allah menjanjikan balasan yang tak bernilai bagi orang yang bersedekah. Sedekah juga bertujuan untuk membersihkan harta. Berbeda dengan salat atau puasa yang ditentukan waktunya, sedekah dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik dalam kondisi lapang maupun sempit.

Sedekah juga menjadi salah satu cara untuk mengetuk pintu langit agar doa dapat terkabul. Nah, salah satu sedekah yang dipercaya mujarab atau ampuh untuk mengabulkan doa adalah sedekah subuh. Sedekah subuh ini awalnya viral saat Syekh Ali Jabel membagikan resep dahsyatnya sedekah subuh dalam suatu pengajian.

Menurut Syekh Ali Jaber, semua waktu sebetulnya baik untuk melakukan sedekah, namun ia telah menemukan sedekah subuh adalah yang paling baik, paling dahsyat, dan yang paling cepat terkabulnya hajat kita. Syekh Ali Jaber pun menambahkan bahwa di waktu subuh Allah SWT menurunkan malaikatnya yang tugasnya hanya satu, yaitu mendoakan orang yang berinfak di waktu subuh.

Hal ini pun sejalan dengan bunyi hadits HR. Bukhari & Muslim, “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”

Cara Bersedekah Subuh

1. Masukan sedekah dalam kotak amal

Syekh Ali Jaber mengatakan, Anda tidak perlu bersusah payah mencari anak yatim atau orang miskin di waktu subuh untuk diberikan sedekah. Cukup siapkan satu kotak amal, botol, atau kaleng di dalam rumah yang diniatkan untuk menampung sedekah Anda. Masukkan sedekah ke dalam bahan-bahan tersebut setelah salat subuh atau sebelum melakukan aktivitas, disertai memanjatkan hajat.

2. Satu kali sedekah fokus untuk satu hajat

Syekh Ali Jaber mengungkapkan bahwa sudah banyak jemaahnya yang mengikuti dan Alhamdulilah terbukti. Sedekah ini bisa dilakukan untuk meminta dibukakan pintu rezeki, meminta diberikan keturunan, mencari jodoh, masalah utang, untuk orang tua, ingin hafal Al-Quran dan sebagainya.

Namun, beliau pun berpesan. Fokuskan satu kali sedekah hanya untuk satu hajat atau satu kali doa saja. Jangan sedekahkan koin tapi permintaannya banyak sekali yang disampaikan. Hal yang terpenting adalah walaupun sedikit-sedikit tetapi dilakukan secara rutin. Maka, Anda pun akan merasakan manfaat dari sedekah subuh.

Untuk doa yang dipanjatkan itu terserah, misalnya Anda ingin mendapatkan jodoh atau disembuhkan dari penyakit. Katakan, ya Allah dengan berkah sedekah ini saya mohon sembuhkanlah sakit yang saya derita, atau berikanlah jodoh, pekerjaan, bisa membayar hutang, dan sebagainya. Untuk orang tua yang sudah meninggal pun doakan, ya Allah titipkan berkah sedekah ini untuk orang tua saya.

Bahkan, Syekh Ali Jaber pun menceritakan bahwa ada sepasang suami istri yang belum dikaruniai anak selama belasan tahun. Namun, setelah menjalani sedekah subuh akhirnya enam bulan kemudian sang istri positif hamil.

Manfaat Sedekah Subuh

1. Didoakan oleh malaikat

Seperti yang sudah disebutkan di awal, pada waktu subuh Allah menurunkan malaikatnya untuk mendoakan siapa saja yang bersedekah. Allah SWT akan memberikan kemudahan rezeki bagi orang yang bersedekah.

2. Menghapus dosa

Sedekah termasuk amalan tambahan yang dapat menghapus dosa. Apabila Anda ingin diampuni dari segala dosa dan kesalahan, maka banyak-banyaklah bersedekah, terutama saat subuh.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

3. Dilipatgandakan hartanya

Berbagi tidak akan pernah membuat kita miskin, apalagi jika Anda mulai rutin melakukan sedekah subuh. Membiasakan diri bersedekah justru akan mendatangkan rezeki dari arah yang tak akan disangka-sangka, dengan jumlah yang berlipat banyaknya.

Seperti firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 261 yang artinya, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Megetahui.”

4. Menolak bala

Setiap orang tentu menginginkan hidup yang penuh dengan ketenangan, kebahagiaan, ketentraman, dan kenyamaan. Namun, musibah dan hal buruk tentu bisa datang kapan saja. Nah dengan melakukan sedekah subuh secara rutin, maka Inshaa Allah Anda akan terhindar dari segala macam bala atau kemalangan, dan akhir yang buruk (su’ul khotimah).

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi)

Itulah tadi banyaknya keutamaan sedekah subuh dibandingkan sedekah pada waktu lainnya. Waktu di saat semua orang biasanya masih terlelap, tapi Anda sudah sibuk untuk meraih keberkahan dan ridha dari Allah SWT. Tak hanya berupa uang, sedekah subuh ini juga bisa dilakukan dengan berzikir, mengajar ngaji, membagi makanan, atau melakukan kebajikan lainnya. Lakukanlah setiap hari secara rutin, Inshaa Allah Anda akan dapat merasakan manfaat dari sedekah subuh.