Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Jualan Online di Marketplace Indonesia Paling Menguntungkan

Salah satu strategi paling jitu dalam meningkatkan penjualan produk/jasa di era digitalisasi adalah dengan memanfaatkan keberadaan marketplace yang saat ini tumbuh subur di Indonesia. Lantas siapa saja marketplace Indonesia paling menguntungkan yang saat ini diburu banyak sellers dan buyers potensial?

Kehadiran internet memang telah membuat orang lebih mudah membuka toko secara online. Anda juga tidak perlu membuat website sendiri, karena sudah banyak toko online di marketplace yang bisa digunakan untuk berjualan produk/jasa Anda.

Marketplace Indonesia Paling Menguntungkan

Selain melalui media sosial, Anda bisa mempromosikan/menjual produk di marketplace yang kini tersebar di dunia maya. Berikut marketplace di Indonesia paling menguntungkan yang bisa Anda pilih.

  1. Tokopedia

Tokopedia menempati posisi pertama sebagai marketplace paling menguntungkan di Indonesia. Terbukti, toko online yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Lentinus Alpha Edison ini pada triwulan III/2019 mampu menyedot 66 juta pengunjung.

Sejak berdiri 2009, lebih dari 97 juta pengguna aktif dan 7,3 juta penjual bergabung dengan Tokopedia. Ada beberapa alasan yang membuat Tokopedia menjadi marketplace nomor wahid.

Diantaranya memiliki berbagai kategori produk. Tahun 2020, tidak kurang dari 28 kategori utama produk tersedia di Tokopedia. Tokopedia juga punya jangkauan pengiriman yang sangat luas, yang bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Pelayanan di marketplace ini juga tidak hanya untuk jual-beli produk, melainkan juga menyediakan layanan pembayaran tagihan, top-up, voucher game, paket data, hingga pemesanan tiket. Bahkan, pembayaran zakat hingga pajak kendaraan bermotor bisa dilayani disini.

Tokopedia layak menyandang pemimpin pasar marketplace online di Indonesia, karena dukungan permodalan yang sangat besar.

Apalagi, setelah Softbank Internet and Media Inc serta Sequoia Capital mengucurkan dana sekitar USD 100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun untuk memperkuat pertumbuhan pasar yang mencapai 30% per bulan di Tokopedia.

  1. Shopee Indonesia

Setelah Tokopedia, di posisi kedua sebagai marketplace paling menguntungkan di Indonesia, adalah Shopee Indonesia. Toko online yang diluncurkan pada 2015 fokus menghadirkan layanan jual-beli online melalui perangkat smartphone. Saat ini, Shopee memiliki sedikitnya 56 juta pengunjung aktif setiap bulannya.

Sama seperti Tokopedia, Shopee juga menyediakan aneka kategori produk. Tercatat tidak kurang dari 26 kategori produk utama dapat Anda dapatkan di marketplace ini.

Shopee juga menjadi toko online yang paling digemari wanita, karena berbagai fasilitas yang tersedia. Di toko ini Anda bisa menikmati fasilitas gratis ongkos kirim untuk transaksi dengan nilai minimal tertentu.

Sejak didirikan lima tahun lalu, Shopee telah menjelma menjadi sebuah marketplace raksasa di Indonesia, yang mampu membukukan transaksi senilai USD 1,8 miliar atau setara Rp 24 triliun. Tingkat pertumbuhannya juga luar biasa, yakni mencapai 43% per bulannya.

Saat ini, marketplace yang didirikan oleh Forrest Li, miliarder asal Singapura, telah berhasil menjangkau tidak kurang dari 515 kota serta memiliki ribuan pengguna aktif. Tak heran jika Shopee Indonesia mampu membukukan sekitar 100.000 transaksi setiap harinya.

  1. Bukalapak

Memiliki jumlah pengunjung sekitar 42,9 juta pada triwulan III/2019 telah menempatkan Bukalapak sebagai salah satu marketplace terbesar dan paling menguntungkan di Indonesia.

Didirikan oleh Achmad Zaky pada awal 2010, marketplace yang memberikan perhatian khusus terhadap pemberdayaan UMKM ini mengundang para pelapak di seluruh Indonesia untuk mengembangkan bisnis secara online.

Salah satu marketplace paling populer karya anak bangsa Indonesia ini telah memberikan komitmen yang besar kepada siapa saja untuk memasarkan produknya secara gratis di marketplace ini.  

Di Bukalapak, Anda bisa menemukan lebih dari 20 kategori produk utama, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga produk otomotif.

Marketplace ini juga sering memberikan promo-promo menarik. Ada promo harian hingga promo untuk acara-acara tertentu. Bukalapak juga melayani virtual produk, seperti penjualan tiket hingga voucher game.

Sejak berdiri, sekitar 150.000 penjual online bergabung di marketplace ini. Jumlah produk aktif yang tercatat di Bukalapak saat ini mencapai 1,5 juta produk. Sedangkan transaksi yang berhasil dibukukan mencapai Rp500 juta setiap harinya (Januari, 2014).

  1. Lazada Indonesia

Berdiri pada tahun 2012, Lazada Indonesia terus mengembangkan jaringan bisnis berbasis online. Sejak beroperasi, marketplace ini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pelaku e-commerce terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Kini, Lazada juga menjadi salah satu marketplace paling berpengaruh di Indonesia, dengan jumlah pengunjung mencapai 28 juta per bulan pada triwulan III/2019. Peningkatan jumlah pengunjung tidak terlepas dari sejumlah fasilitas yang ditawarkan kepada para pengguna dan penjual.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di Lazada Indonesia, antara lain berbagai kategori produk, mulai fashion hingga aneka gadget. Lazada juga memfasilitasi pembelian produk dari jaringan internasional.

Dengan fasilitas Global Collection, misalnya, Anda bisa membeli produk luar negeri secara langsung dari aplikasi. Keuntungan dari fasilitas ini, Anda bisa melakukan transaksi antar negara tanpa perlu melakukan konversi mata uang.

Selain di Indonesia, Lazada juga beroperasi di sejumlah negara, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Berkantor pusat di Berlin Jerman dibawah induk Rocket Internet, Lazada telah beroperasi di 16 negara.

  1. Blibli

Mengusung konsep belanja online ala mall di Indonesia, Blibli merangsek ke peringkat 5 sebagai salah satu marketplace paling ramai di Indonesia. Berdiri tahun 2010, perusahaan e-commerce milik Djarum Group ini mampu membukukan jumlah pengunjung sebanyak 21,4 juta orang pada triwulan III/2019.

Berbagai produk kebutuhan pribadi dan keperluan rumah tangga tersedia di marketplace ini. Untuk menarik pelanggan papan atas, Blibli menggandeng berbagai merek ternama untuk menjual produknya di toko online-nya.

Namun, sebagai wujud cinta produk dalam negeri, marketplace ini juga berkomitmen menjual aneka produk hasil kreasi anak negeri, memberdayakan UMKM, serta memasarkan aneka kerajinan lokal.  

Saat ini, tidak kurang dari 14 kategori produk utama yang terdiri dari 100.000 produk pilihan tersedia di toko online ini, mulai peralatan rumah tangga, produk gadget hingga kuliner. Untuk Anda yang suka barang-barang mewah juga tersedia di marketplace ini.

Banyak konsumen memilih berbelanja di Blibli karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Diantaranya, Blibli memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai merek dan kategori produk, baik merk lokal maupun brand internasional.

Blibli juga dikenal memiliki perhatian yang besar terhadap perkembangan UMKM di Indonesia. Terbukti, disini tersedia space khusus bernama Galeri Indonesia untuk memasarkan aneka produk UMKM, mulai produk kerajinan, kecantikan, kesehatan, hingga kuliner.

Bagi konsumen setia, Blibli juga menyediakan reward berupa program bonus. Tersedia poin bagi konsumen yang membuka akun baru dan poin tersebut dapat ditukarkan untuk mendapatkan diskon belanja di BliBli.

  1. JD.ID

Dalam persaingan bisnis e-commerce di Indonesia, JD.ID masuk dalam daftar marketplace paling menguntungkan untuk berjualan online. Meski baru berusia 5 tahun, namun JD.ID saat ini menempati posisi ke-6 dibawah Blibli.   

Marketplace ini menjelma menjadi perusahaan e-commerce besar dan paling disukai dengan 12 kategori pilihan produk tersedia bagi konsumen. Soal layanan pengiriman juga tidak usah khawatir, karena telah tersedia jasa pengiriman di lebih ari 265 kota di Indonesia.

Awal berdiri, Blibli hadir hanya menawarkan toko online tunggal. Namun, seiring pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia, perusahaan milik pengusaha wanita, Maya Miranda Ambarsari, ini mengundang para merchant potensial untuk bergabung di Blibli.

Banyak varian produk yang bisa Anda pilih di Blibli, mulai perlengkapan ibu dan anak, produk gadget, hingga perhiasan. Pelanggan juga bisa mendapatkan produk merek ternama dengan harga yang relatif terjangkau.

Hal ini menjadi salah satu alasan banyak pembeli berkunjung di pasar online ini. Hingga triwulan III/2019, jumlah pengunjung di JD.ID rata-rata mencapai 5,5 juta orang per bulan. Banyaknya jumlah pengunjung juga tidak terlepas dari layanan pengiriman yang mampu menjangkau wilayah pelosok sekalipun.

  1. Bhinneka

Usianya tergolong paling tua dibanding 6 perusahaan e-commerce lainnya di Indonesia. Berdiri pada 1993, Bhinneka mampu mempertahankan reputasinya dan masuk dalam jajaran pasar online paling menguntungkan di Indonesia.

Situs perdagangan online yang didirikan oleh seorang pengusaha Hendrik Tio ini sekarang memiliki jumlah pengunjung mencapai rata-rata 5 juta orang per bulan pada triwulan III/2019. Hal ini telah menempatkan Bhinneka sebagai salah satu marketplace lokal terbaik.

Sejak berdiri, Bhinneka lebih fokus melayani penjualan berbagai barang elektronik dan komputer, mulai notebook, laptop, aksesoris, gadget, dan home appliance lainnya.  

Salah satu kelebihan marketplace ini adalah tidak hanya hadir secara online melainkan memiliki toko fisik yang ada di beberapa kota di Indonesia. Kini, Bhinneka memiliki jaringan pemasaran yang luas serta menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan teknologi ternama.

Anda yang sedang mencari tempat usaha online bisa mempertimbangkan salah satu marketplace Indonesia paling menguntungkan, sebagaimana telah dibahas di atas, sebagai alternatif untuk menawarkan produk Anda. Semoga artikel ini membantu Anda.  

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.