Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Pengertian, Tujuan, dan Komponen Laporan Perubahan Ekuitas

ISTILAH FINANSIAL LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS

Selain laporan keuangan utama, yakni neraca, laporan laba rugi serta arus kas, ada juga laporan perubahan ekuitas atau modal yang merupakan laporan keuangan kecil. Secara istilah, laporan perubahan modal diartikan sebagai laporan dari perusahaan yang menggambarkan naik atau turunnya aktiva bersih.

Tentu saja aktiva bersih yang dimaksud ialah aktiva bersih dalam satu periode, tergantung ketentuan perusahaan. Bisa bulanan atau tahunan. Hampir semua perusahaan publik memiliki laporan perubahan ekuitas, oleh sebab struktur kepemilikan yang cenderung kompleks di setiap kurun waktu.

Tujuan Penyusunan Laporan Perubahan Modal

Setidaknya ada dua alasan utama mengapa sebuah perusahaan menyusun laporan perubahan ekuitas mereka. Yang pertama adalah untuk mengetahui modal dan keuntungan yang dihasilkan di dalam satu periode.

Yang kedua, adalah sebagai informasi tentang naik turunnya perubahan modal. Jika ada pertambahan modal, artinya ada kemajuan. Bila tidak ada penambahan modal, artinya perusahaan tersebut sedang dalam manfaat. Perubahan modal ini penting sebagai penggambaran keadaan di masa depan untuk mengambil keputusan yang krusial.

Komponen dalam laporan Perubahan Modal

Sebelum menyentuh komponen laporan perubahan modal, ada tiga hal yang mempengaruhi perubahan modal. Terdapatnya setoran tambahan (bisa berupa investasi) dari pemilik, laba dan rugi dari hasil usaha, dan pengambilan untuk kepentingan pribadi (atau biasa dikenal dengan prive)

Sementara komponen laporan perubahan modal sendiri ada lima. Berikut adalah lima komponen tersebut.

1. Modal awal

Modal awal adalah jumlah modal sebelum diadakan pelaporan. Lebih tepatnya modal di awal tahun.

2. Tambahan modal dari pemilik usaha

Tambahan modal ini bisa berupa tambahan uang (aset bergerak) ataupun peralatan (aset tetap). Bila penambahan modal ini dilakukan dalam satu periode, otomatis akan tercatat pada laporan perubahan modal di tahun akuntansi tersebut.

3. Perolehan laba rugi

Seperti judulnya, ini adalah pencatatan terhadap semua yang terjadi di dalam satu kurun waktu akuntansi. Misalkan usaha tersebut ada keuntungan (atau sebaliknya, terdapat kerugian) maka semua akan dimasukkan ke dalam laporan ini.

4. Prive (Pengambilan modal untuk kepentingan pribadi)

Tidak ada yang tahu keadaan di masa depan. Oleh karena itu, bila pemilik usaha mengambil modal untuk kepentingan pribadi (ini disebut juga dengan prive), maka transaksi tersebut harus masuk ke dalam laporan perubahan ekuitas di kurun waktu tersebut.

5. Modal akhir

Ini adalah modal yang ada di akhir tahun finansial. Rumus modal akhir ini didapat dari penambahan dan pengurangan poin satu hingga poin ke empat.

Kesimpulan

Laporan perubahan ekuitas menunjukkan semua transaksi yang memiliki pengaruh atau merubah modal secara sebagian atau secara keseluruhan. Semuanya tercatat dengan rapi di dalam laporan tersebut. Karena itulah laporan ini sangat penting. Tetap semangat belajar ilmu finansial dan jangan lupa untuk share tulisan ini ke sosial media Anda.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi