Moneyfazz
Home » Tips » Mau Ikut KPR BCA? Ini Keuntungan dan Tata Caranya

Mau Ikut KPR BCA? Ini Keuntungan dan Tata Caranya

Apakah kamu percaya dengan pandangan kalau milenial sulit punya rumah? Harga rumah memang makin mahal, tetapi KPR BCA bisa menjadi solusi.

KPR alias Kredit Perumahan Rakyat merupakan cara lebih ringan buat beli rumah. Mau punya rumah sesuai mimpimu? Simak lebih lanjut di sini ya.

Mengenal Sistem Kredit Perumahan Rakyat

 

Harus diakui bahwa kenaikan harga rumah seringkali tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan. Pasalnya, tanah semakin sempit saja karena jumlah manusia yang semakin banyak.

Maka dari itu, semakin sulit bagi masyarakat, terutama kelas menengah dan kelas bawah, untuk bisa beli rumah secara tunai alias cash. Cara kredit adalah solusi buat masalah itu.

Kredit Perumahan Rakyat merupakan sistem yang diselenggarakan oleh berbagai bank. Secara sederhana, bank akan membayar sebuah hunian terlebih dahulu. Sedangkan peserta KPR nantinya diharuskan membayar cicilan bulanan dalam kurun waktu tertentu.

Beberapa elemen ini penting untuk diperhatikan dalam sistem Kredit Perumahan Rakyat alias KPR.

  • Down Payment/Uang Muka

Sebelum mencicil, kamu biasanya harus membayar uang muka terlebih dahulu ke pihak developer rumah. Uang muka yang dibayarkan berbeda-beda jumlahnya, mulai dari dua puluh persen sampai separuh dari harga rumah.

Semakin besar kamu membayarkan down payment, maka semakin ringan cicilanmu. 

  • Jangka Waktu

Ada jangka waktu tertentu untuk menyicil rumah. Misalnya, tiga tahun, lima tahun, lima belas tahun, hingga dua puluh tahun.

Semakin lama kamu memilih jangka waktu buat mencicil, maka semakin rendah cicilan rumah. Namun, kalau kamu mau cicilan cepat selesai, maka kamu bisa memilih tenor yang lebih cepat.

  • Suku Bunga

Dalam sistem Kredit Perumahan Rakyat konvensional, ada suku bunga yang fluktuatif. Apa maksudnya? 

Suku Bunga Dasar Kredit ini merupakan bunga tambahan yang dibebankan bank kepada nasabah dan tergantung pada beberapa komponen. Seperti misalnya jasa bank yang bersangkutan, marjin, serta biaya yang dikeluarkan oleh bank buat overhead kredit.

Suku bunga berpotensi buat naik lho setiap tahunnya. Kenaikannya bertahap sehingga tidak memberatkan. Namun, kamu bisa cari bank yang suku bunga KPR-nya tidak tinggi. Seperti KPR BCA yang hanya 9,90 %.

  • Proses Perubahan Sertifikat

Ketika kamu sudah berhasil untuk melunasi rumah, maka kamu harus melakukan proses perubahan sertifikat. Pada saat mencicil, sertifikat rumah yang kamu miliki adalah sertifikat HGB alias hak guna bangunan.

Nah setelah rumah itu lunas kamu berhak mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM) yang menandakan bahwa rumah tersebut memang milikmu dan kamu bisa melakukan apa saja terhadap rumah itu, termasuk menjual kembali, mewariskan, dan lain sebagainya.

  • Pendapatan

Tidak semua orang bisa melakukan kredit perumahan rakyat. Sebelum kamu melakukan kredit, bank akan meminta beberapa data diri kamu salah satunya adalah slip gaji bulanan.

Kamu harus memiliki pendapatan tetap baik sebagai pegawai maupun sebagai pengusaha. Apabila kamu adalah pengusaha, maka kamu harus memiliki pendapatan yang stabil.

Ada perhitungan tertentu mengenai berapa jumlah pendapatan yang diterima oleh sistem KPR Bank. Hal tersebut didasarkan pada besaran bunga muka yang diberikan tenor cicilan dan juga berapa besar cicilan bulanannya.

Kalau kamu sudah memiliki cicilan rumah terlebih dahulu  (yang belum selesai) dan penghasilanmu terbatas, maka kecil kemungkinan pengajuan KPR-mu diterima. Atau, jika sebelumnya kamu pernah gagal kredit, maka sulit bagimu untuk kembali ikut dalam kredit selanjutnya.

Keuntungan dari Mengikuti KPR BCA

 

Setiap bank memiliki sistem kredit Perumahan Rakyat-nya sendiri-sendiri. Namun, apa alasan mengapa KPR BCA adalah salah satu pilihan yang terbaik?

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila mengikuti KPR BCA. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah:

  • Tidak ada pinalti

Ketika kamu memiliki uang yang berlebih untuk menutup sisa kredit, tentu kamu akan melakukannya, bukan? Sayangnya, ini tidak sepenuhnya menjadi hal positif bagi bank.

Ketika kamu mau melunasi kreditmu, maka kamu akan terkena penalti. Biasanya, jumlah penalti adalah 1% dari total dari sisa pokok hutang.

Jumlahnya memang tidak banyak. Namun, tentu kamu akan merasa rugi. Apalagi, kamu justru malah mau bermaksud baik dengan tidak mengulur-ulur kredit.

Masalahnya, dengan usaha untuk melunasi kredit dari bank, secara otomatis kamu tidak akan lagi membayar kredit beserta bunga bank yang fluktuatif.

Hal tersebut bisa menghambat proses investasi yang dilakukan oleh bank. Itulah alasan mengapa bank akan memberikan penalti tanpa terkecuali untuk mereka yang bisa melunasi kredit sebelum jatuh tempo.

Namun, dengan KPR BCA, kamu bisa melunasi Kredit Perumahan Rakyat tanpa penalti, setelah kredit berjalan selama satu hingga lima tahun. Jadi, kamu tidak akan merasa terbebani saat akan melunasi kredit rumah dari bank BCA.

  •  Bebas Suku Bunga

Suku bunga adalah hal yang paling membuat berat dalam kredit! Suku bunga membuat kamu merasa seolah membayar sesuatu yang tak akan pernah kamu miliki.

Namun kalau kamu menggunakan sistem KPR dari BCA, maka kamu tidak perlu khawatir atas hal tersebut. Ada program bebas suku bunga selama satu hingga tiga tahun. Untuk selanjutnya, kamu bisa membayar suku bunga dengan kenaikan KPR BCA bunga rendah dan tidak membuat kamu merasa terbebani.

  • Persyaratan Ringan

Kamu juga bisa mendapatkan pinjaman KPR dari BCA dengan persyaratan yang cukup ringan. Apabila kamu adalah wiraswasta, maka lama waktu usaha yang berdiri minimal adalah dua tahun dengan jumlah penghasilan tertentu.

Sementara itu, apabila kamu adalah karyawan, maka kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun atau sudah bekerja di kantor terakhir minimal satu tahun lamanya. Ini tentu tidak memberatkan, apalagi buat kamu yang merupakan fresh graduate dan ingin berinvestasi rumah buat masa depanmu.

  • Bisa Menaikkan Pinjaman

Yang lebih asyik lagi dari kredit di bank BCA adalah kamu bisa menaikkan jumlah pinjaman kamu dengan melakukan top up. Tentu saja ada persyaratannya jika kamu mau mengikuti program ini. Jumlah pinjaman tambahan yang kamu lakukan tidak boleh melampaui value yang diberikan kepada kamu.

Nilai top up dari bank BCA kepada para nasabah berbeda-beda, tergantung dari jumlah kredit dan juga penghasilan nasabah.

  • Bank yang terpercaya

Bank BCA merupakan bank yang terpercaya dan hampir tidak pernah mengalami masalah. Kalau kamu suka baca berita tentang perbankan, mungkin kamu sudah paham mengenai masalah uang nasabah yang mendadak hilang, proses transfer yang tidak bisa diselesaikan dan lain sebagainya.

Bank BCA jarang mengalami system error seperti itu, karena mereka memiliki sistem perbankan yang baik. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat mengajukan kredit di bank BCA karena BCA adalah bank besar yang kredibel dan juga terpercaya di Indonesia.

  • Proses approval yang cepat

Persetujuan alias approval di Bank BCA cenderung cepat dan tidak bertele-tele. Jadi, nasabah tidak perlu galau menunggu waktu lama untuk mengetahui apakah kredit mereka diterima atau ditolak.

Selain itu persyaratannya pun juga sangat jelas dan tidak membingungkan para nasabah yang masih awam dengan sistem perbankan.

Mengajukan KPR di Bank BCA

 

Cara untuk mengajukan kredit Perumahan Rakyat di Bank BCA ini cukup mudah mengikuti langkah-langkahnya agar kredit Anda cepat diproses dan juga mendapatkan kepastian yang kamu inginkan

Berkas-Berkas yang Dibutuhkan

Apa saja berkas-berkas yang dibutuhkan ketika kamu mau mengajukan kredit ke bank BCA persiapan Berkas berkas ini terlebih dahulu  ya

  • Fotokopi KTP
  • Slip gaji dari kantormu minimal satu bulan terakhir (asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga
  • Rekening koran minimal tiga bulan terakhir dari bank
  • Surat yang dibuat developer yang menandakan persetujuan kredit via BCA
  • Jika kamu menjalankan kredit lain, maka kamu harus melampirkan bukti kredit tersebut
  • Jika kamu sudah menikah, maka kamu harus melampirkan surat/buku nikah
  • Jika statusmu bercerai, maka kamu bisa melampirkan surat cerai
  • Kalau kamu mau beli rumah bekas, maka kamu harus melampirkan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.
  • Kalau bangunan yang dicicil akan digunakan sebagai usaha, maka kamu wajib melampirkan IMB
  • NPWP perseorangan buat kamu yang berstatus karyawan
  • NPWP usaha buat kamu yang mendirikan usaha.

Datang ke Kantor Cabang BCA

Setelah mempersiapkan semua dokumen, maka kamu bisa datang ke kantor cabang BCA. Di sana, kamu bisa mengajukan kredit untuk kepemilikan rumah dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Apabila dokumen sudah diterima dan sudah lengkap, maka Bank BCA akan memberikan jangka waktu tertentu sampai mereka memberitahu kamu apakah kredit diterima atau kah tidak.

Manfaat KPR dibandingkan Membeli Rumah Tunai

 

Pada saat kamu melakukan KPR, kamu tentu menyadari bahwa total harga yang harus kamu bayarkan akan lebih mahal daripada kalau kamu beli rumah secara tunai.

Namun, saat kamu membeli rumah dengan sistem KPR, kamu akan mendapatkan beragam keuntungan seperti:

  • Terasa lebih ringan, tidak perlu harus mengeluarkan uang ratusan juta dalam satu waktu
  • Bisa disesuaikan dengan pendapatan
  • Ketika kamu menyelesaikan KPR, maka harga bangunan sudah naik dan kamu akan mendapatkan untung kalau menjualnya kembali
  • Selama melakukan KPR, kamu bisa mengontrakkan bangunan itu dan kamu bisa menutup biaya cicilan dengan uang kontrakan.

Cara Agar KPR Cepat Diterima

Bagaimana cara supaya KPR-mu lekas diterima oleh bank BCA? Perhatikan hal-hal ini ya.

  • Pastikan kamu memilih rumah yang cicilannya tidak memberatkan kamu setiap bulannya
  • Pastikan usahamu telah berjalan sesuai dengan syarat, dan juga memiliki penghasilan yang cukup
  • Siapkan berkas-berkas, jangan sampai ada yang ketinggalan
  • Kalau kamu masih punya tanggungan cicilan, sebaiknya selesaikan dulu, atau pastikan kamu memang punya penghasilan yang bisa meliputi semua beban cicilan yang sedang dan akan kamu ajukan.
  • Jangan pernah mengajukan kredit yang sekiranya tak akan bisa kamu selesaikan. Ini akan jadi catatan buruk buatmu.

 

Kamu bisa mencoba KPR BCA Simulasi di situs resmi KPR BCA untuk mengetahui berapa jumlah cicilan setiap bulannya.

Kamu sudah tahu bukan? Bahwa ada banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau kamu mengajukan KPR.

Kamu bisa mendapatkan rumah yang kamu impikan. Tanpa harus memiliki uang tunai dalam jumlah yang banyak. Meringankan kamu yang baru bekerja.

Yuk, bagikan artikel ini lewat media sosialmu. Supaya teman-temanmu paham tentang informasi mengenai KPR BCA!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com