Moneyfazz
Home » Ekonomi » KTA (Kredit Tanpa Agunan), Syarat, Kelebihan dan Kekurangan

KTA (Kredit Tanpa Agunan), Syarat, Kelebihan dan Kekurangan

 

KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah solusi yang paling mudah dan aman ketika membutuhkan dana mendadak. Anda tidak perlu memikirkan tentang agunan, pinjaman akan disetujui walaupun tidak ada barang yang dijaminkan. Terdengar lebih enak dan sangat memudahkan bukan? 

Akan tetapi, apakah memang benar kredit ini semudah itu dan tidak ada resiko apapun dibelakangnya? Nah, hal inilah yang akan dibahas pada kali ini yaitu kelebihan dan kekurangan mengambil pinjaman tanpa agunan. Bagi Anda yang berniat untuk mengambil jenis kredit ini, sebaiknya simak informasi berikut sampai akhir ya.

Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Jaminan

Sebelum membahas kelebihan serta kekurangan kredit tanpa agunan, akan lebih baik apabila Anda memahami syaratnya terlebih dahulu bukan? Apa saja syarat-syarat yang diperlukan guna mendapatkan pinjaman yang tanpa perlu memberikan jaminan ini? Silakan lihat selengkapnya pada informasi berikut ya :

Syarat Umum

Syarat umum yang dibutuhkan untuk mendapatkan kredit satu ini cukup mudah. Mulai dari berdomisili di Indonesia, WNI, berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Selanjutnya dari pendapatan minimal harus Rp 2,5 juta setiap bulannya.

Syarat Dokumen yang Harus Dilengkapi

 

Untuk mendapatkan kredit tanpa jaminan, dokumen-dokumen yang harus dilengkapi cukup banyak. Dokumen-dokumen tersebut yaitu :

  • Mengisi formulir pengajuan
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Buku Tabungan
  • Fotokopi Slip Gaji
  • Fotokopi tagihan kartu kredit bagi yang memiliki
  • Fotokopi NPWP dan SPT

Itulah syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit tanpa perlu memberikan jaminan. Syaratnya memang mudah dan tidak ribet bukan? Selanjutnya mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan kredit satu ini. 

Kelebihan Kredit Tanpa Jaminan

Sebelum membahas mengenai resiko atau kekurangan dari jenis kredit tanpa jaminan ini, mari memulainya dengan kelebihan KTA. Apa saja kiranya kelebihan atau kemudahan yang akan didapatkan dari pinjaman tanpa agunan? Jangan lewatkan poin-poinnya di bawah ini :

1. Tidak Ada Biaya Administrasi

Untuk pengajuan tipe kredit ini, Anda tidak akan dibebankan biaya administrasi. Tentunya sangat menguntungkan karena dengan begitu uang yang Anda terima menjadi utuh tanpa potongan sama sekali. Kelebihan satu ini berlaku baik untuk pengajuan KTA di bank umum maupun pinjaman tanpa agunan online yang saat ini banyak berkembang di masyarakat. 

2. Lebih Mudah 

Kredit tanpa agunan adalah kredit yang intinya tidak memerlukan jaminan apapun untuk mendapatkannya. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki sertifikat rumah, BPKB atau barang lain yang berharga bisa mendapatkan kredit ini dengan mudah. 

Tentunya ada persyaratan tertentu yang diberikan oleh masing-masing pemberi kredit. Seperti misalnya kredit tanpa agunan BCA dan kredit yang diberikan oleh bank syariah pasti berbeda. Meskipun begitu, alasan setiap bank memberikan kredit ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menarik  masyarakat untuk mengajukan pinjaman. 

3. Proses Pengajuan Cepat

Ini salah satu kelebihan lain yang membuat jenis kredit tanpa perlu menyerahkan jaminan menjadi populer dikalangan masyarakat. Prosesnya jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan proses pengajuan kredit lain. Mengapa proses pengajuan kredit ini bisa lebih cepat?

Jawabannya adalah karena pihak bank tidak perlu melakukan survey atau pengecekan jaminan yang dijaminkan oleh nasabah. Tidak ada pula evaluasi aset yang dimiliki karena memang tidak ada benda yang akan dijaminkan. Dengan dilewatinya proses ini, KTA menjadi lebih cepat dan pengajuan Anda dalam sekejap akan diterima.

4. Dana Dapat Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

Tidak seperti pinjaman KUR atau pinjaman modal usaha lain, dana dari hasil KTA bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jadi ketika Anda berubah pikiran di tengah jalan dan tiba-tiba sudah tidak membutuhkannya untuk modal atau suntikan dana, uang bebas digunakan. Apabila Anda ingin memakainya untuk kebutuhan konsumsi juga boleh, tidak ada syarat yang mengikat tentang ini.

Kekurangan Kredit Tanpa Jaminan yang Harus Diwaspadai

 

Dibalik kemudahan yang sangat menggiurkan, pastinya ada kekurangan yang harus Anda waspadai. Kekurangan ini harus dipertimbangkan betul-betul ya karena salah-salah justru bisa menjebak Anda karena terlalu terlena dengan kelebihannya. Apa saja kekurangan KTA yang harus Anda waspadai? Silakan simak informasi berikut ini ya :

1. Memiliki Kartu Kredit

Hampir semua bank yang menyediakan jasa pinjaman Kredit Tanpa Agunan mengharuskan para nasabahnya untuk memiliki kartu kredit. Mungkin sebagian tidak menganggap hal ini sebagai kekurangan atau resiko. Akan tetapi, kartu kredit bisa membuat anggaran Anda membengkak apabila tidak tahu bagaimana pengelolaan dan sistem yang ada.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai dari kartu kredit adalah bunga yang dibebankan oleh bank. Bunga ini dibayarkan setiap bulan tentunya, dengan besaran yang  ditetapkan oleh masing-masing bank. Rentang bunga memang tidak terlihat tinggi yaitu antara 0.99% dan maksimal 2,5% saja, tetapi ingat bahwa ini harus dibayarkan rutin setiap bulan.

2. Bunga Pinjaman yang Cukup Tinggi

Kredit Tanpa Agunan bisa seperti pisau bermata ganda. Di satu sisi, sangat memudahkan dengan berbagai kelebihan yang diberikan,s ementara di sisi lain ada resiko yang harus ditanggung.  Salah satu resiko tersebut adalah bunga pinjaman yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jenis pinjaman lain yang ditawarkan oleh bank.

Jadi apabila ada iming-iming KTA bunga rendah, Anda tetap harus waspada ya. Serendah-rendahnya bunga yang diberikan oleh kredit tanpa memerlukan jaminan ini, pasti akan lebih tinggi dari kredit dengan agunan. 

Untuk saat ini saja bunga untuk pinjaman tanpa agunan sudah mencapai 2,5%, bunga ini harus dibayarkan setiap bulannya. Jadi, Anda harus membayar cicilan pinjaman plus bunga pinjaman yang besar. Semakin besar pinjaman, tentunya bunga yang Anda bayarkan akan semakin besar pula , jadi akan lebih baik apabila memikirkannya matang-matang bukan?

3. Jangka Waktu Pinjaman yang Relatif Lebih Pendek

Apabila Anda membandingkan jenis pinjaman tanpa agunan dengan yang memerlukan agunan, maka jenis pinjaman ini lebih pendek waktunya. Sehingga, ketika Anda baru menerima dana bagaimana cara mencicil dan pelunasannya harus langsung dipikirkan. Keterlambatan tidak akan membuahkan hasil yang bagus.

Tenor atau lama waktu pinjaman ini memang disesuaikan dengan besar pinjaman yang Anda ajukan. Semakin besar pinjaman akan semakin lama pula tenor yang bisa Anda ambil. Akan tetapi, itu berarti semakin banyak pula bunga yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, sudah siapkah Anda dengan hal ini?

4. Jumlah Pinjaman yang Lebih Kecil

Apabila Anda membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar, maka KTA bukan pilihan yang tepat. Apa alasannya? Hal ini karena plafon atau batas maksimal pinjaman tanpa agunan lebih kecil daripada kredit dengan agunan. 

Besarannya sesuai dengan yang ditetapkan masing-masing bank, pinjaman tanpa agunan BRI pasti berbeda dengan BNI. Besaran maksimal ini pastinya tidak bisa diambil setiap orang ya, bank akan tetap melihat baground dan pekerjaan serta pendapatan Anda setiap bulannya. Jadi apabila Anda membutuhkan dana segar dalam jumlah banyak, jenis pinjaman satu ini bukanlah pilihan yang tepat.

5. Adanya Denda Pelunasan 

Denda pelunasan ini diberikan apabila Anda melunasi hutang lebih cepat dari waktu tenor yang seharusnya. Besaran denda untuk pelunasan berbeda-beda pada tiap bank, namun rata-rata jumlahnya lebih besar dari bunga KTA setiap bulannya.

Itu dia kelebihan serta kekurangan pinjaman tanpa agunan yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Ternyata ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman satu ini bukan? Terakhir untuk melengkapi informasi mengenai pinjaman tanpa jaminan, selanjutkan akan dibahas mengenai tips pengajuan pinjaman.

Tips Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan Agar Disetujui

Pengajuan KTA memang mudah dan tidak memerlukan banyak syarat. Akan tetapi, bukan berarti semua pengajuan akan diterima oleh pihak bank begitu saja, pastinya mereka tetap memilah-milih.  Lalu bagaimana agar pengajuan ini diterima? Simak tipsnya di bawah ini :

1. Pastikan Anda Tidak Masuk Daftar Hitam

Pada pengajuan KTA, pastikan Anda tidak masuk daftar hitam bank manapun. Biasanya penyebab dimasukkannya ke dalam daftar hitam adalah telat pembayaran cicilin sampai berbulan-bulan. Apabila Anda termasuk dalam kategori ini, sebaiknya tunggu beberapa waktu terlebih dahulu untuk mengajukannya ya.

2. Perhatikan Kredit Anda

Penilaian kredit menjadi salah satu poin penting yang dinilai oleh pihak bank. Bagaimana cara meningkatkannya? Apabila Anda memiliki kartu kredit, cara memainkannya adalah dengan membayar tagihan kredit tepat waktu.

Lalu apabila tidak memiliki kredit, dengan membayar cicilan yang Anda miliki saat ini tepat waktu  juga bisa menjadi opsi yang tepat. Riwayat pinjaman Anda sebelumnya akan dijadikan sebagai patokan peminjaman Anda. Jadi, apabila dalam waktu dekat berniat untuk mengajukan pinjaman, sebaiknya jangan sampai telat dalam membayarkan cicilan Anda. 

3. Ajukan ke Bank Tempat Tabungan Anda

Mengajukan ke bank dimana Anda memiliki akun dan tabungan di sana akan jauh lebih mudah. Bank pastinya sudah mengetahui kemampuan keuangan Anda beserta data yang dibutuhkan lainnya. Lalu, Anda juga tidak perlu lagi membuat akun baru hanya untuk pengajuan pinjaman, sehingga lebih mudah.

4. Pilih Bank yang Sesuai

Maksud dari hal ini adalah memilih bank yang tenor, bunga  dan plafonnya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Apabila bank tempat Anda menabung memiliki bunga yang lebih tinggi atau masa pinjamannya tidak sesuai dengan kemampuan, maka Anda perlu pilihan lain. Memang, memilih bank yang bukan tempat Anda menabung akan lebih lama, namun ini akan lebih baik kedepannya.

5. Cari Berbagai Opsi Pinjaman Tanpa Jaminan yang Ada

Selain plafon, bunga, dan tenor, kemudahan pembayaran dan berbagai kemudahan yang ditawarkan juga harus diperhatikan. Misalnya cepatnya waktu disetujui dan juga kecepatan pencairan dana. Kedua hal ini sangat penting apalagi jika Anda membutuhkannya dalam waktu mendesak. Memilih opsi bank lain yang lebih longgar dalam peraturan juga meningkatkan kemungkinan diterima.

Itulah serba-serbi mengenai pinjaman tanpa jaminan yang perlu Anda ketahui. Ternyata tidak semudah dan sesimpel itu untuk mendapatkannya bukan? Tetap ada syarat yang harus Anda penuhi serta resiko yang perlu diperhatikan agar pinjaman ini bisa bermanfaat.

Jadi apabila Anda sekarang berniat untuk mengambil pinjaman tanpa agunan, sebaiknya lebih bijak. Coba pahami secara mendalam terlebih dahulu keseluruhan proses yang perlu Anda lalui, agar tidak menyesal pada akhirnya. 

Demikian informasi mengenai KTA (Kredit Tanpa Agunan), pada kesempatan kali ini. Apabila Anda merasa informasi ini bermanfaat, jangan lupa bagikan pada akun sosial media masing-masing ya. Supaya lebih banyak orang yang tahu akan jenis pinjaman satu ini dan lebih berhati-hati sebelum mengambilnya. 

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com