Moneyfazz
Home » Ekonomi » KUR Bank Mandiri, Syarat, Cara, dan Produk yang Ditawarkan

KUR Bank Mandiri, Syarat, Cara, dan Produk yang Ditawarkan

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah salah satu instrumen pinjaman modal yang mulai banyak diminati oleh kelompok masyarakat maupun individu yang ingin mengembangkan usaha mereka. Produk yang satu ini diawasi langsung oleh pemerintah dan diaplikasikan oleh bank-bank ternama seperti KUR Mandiri.

Produk KUR Bank mandiri ini dinilai sangat membantu masyarakat yang ingin mengembangkan usaha mereka tanpa harus takut tercekik oleh bunga pinjaman yang biasanya dilebih-lebihkan oleh pemberi pinjaman. Masyarakat penerima dana KUR ini dapat menggunakan pinjaman untuk keperluan pengembangan usaha seperti pembelian mesin ataupun perluasan pasar.

Sekilas tentang KUR Bank Mandiri

 

Bank mandiri adalah salah satu bank BUMN yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Sebagai salah satu bank besar, bank mandiri mengeluarkan beberapa instrumen-instrumen peminjaman modal kepada kelompok masyarakat maupun individu yang ingin mengembangkan usaha mereka.

Untuk sekedar informasi, pada tahun 2019 Bank mandiri telah mengeluarkan setidaknya Rp25 triliun untuk 310.987 debitur yang kemudian digunakan untuk membiayai berbagai sektor usaha dalam negeri. Hal ini tentu memiliki dampak besar terhadap laju perekonomian dalam negeri terutama di sektor produksi bahan pokok.

Bank mandiri hampir selalu mencetak keberhasilan 100% dalam pendistribusian produk KUR mereka dengan angka gagal bayar yang sangat minim. Cerminan ini menunjukkan kepiawaian pengurus bank dalam mengatur produk KUR.

Sebagai regulator atau pembuat kebijakan, pemerintah Indonesia juga ikut serta dalam penyuksesan program KUR. Terbukti dari tahun-tahun sebelumnya dimana pemerintah terus menambahkan limit pinjaman KUR yang dapat diambil oleh debitur.

Pemerintah Indonesia telah memberlakukan kebijakan baru untuk produk KUR yang mulai berlaku di tahun 2020. Salah satu poin penting dari pemberlakuan kebijakan tersebut adalah penurunan suku bunga KUR dari 7% menjadi 6% saja per tahunnya. Limit pinjaman KUR mikro juga ditingkatkan dari 25 juta menjadi maksimal 50 juta rupiah per individu.

Bunga KUR Bank mandiri yang tergolong kecil dibandingkan produk pinjaman yang ditawarkan oleh instansi lain merupakan salah satu hal yang dapat dipertimbangkan dalam penambahan modal usaha.

Pemberlakuan kebijakan tersebut bertujuan untuk lebih memajukan usaha mikro kecil menengah yang banyak digeluti oleh masyarakat, biasanya di daerah suburban atau pedesaan. Pemerintah ingin UMKM dapat bersaing dengan produk-produk internasional yang making menggerus usaha-usaha tradisional.

Pengusaha-pengusaha ataupun UMKM dapat memanfaatkan pinjaman ini jika masih bingung bagaimana mencari modal usaha yang aman dan teregistrasi di pemerintah, juga dengan bunga yang relatif kecil.

Produk KUR Bank Mandiri

 

Produk KUR bank mandiri dipisah menjadi 4 produk, KUR mikro, KUR TKI, KUR Ritel dan KUR khusus. Keempat produk tersebut memiliki fungsi dan tujuan pendanaannya masing-masing.

1. KUR Retail dan Mikro

KUR retail dan mikro ditujukan untuk kelompok maupun individu yang memiliki usaha yang minimal sudah berusia 6 bulan. Jenis usaha yang diperbolehkan untuk mengambil produk ini sangatlah bermacam-macam terkecuali usaha yang berdampak negatif kepada masyarakat. Pinjaman maksimal KUR mikro yang dapat diambil berjumlah 50 juta dengan bunga 6% p.a (per annum)

Berbeda dengan KUR mikro, KUR ritel memiliki limit pinjaman yang lebih tinggi sampai dengan 200 juta dengan jumlah bunga yang sama dengan KUR mikro. Produk ini sangat berguna jika kamu membutuhkan dana yang lumayan banyak untuk pengembangan usaha

2. KUR TKI

KUR TKI ditujukan untuk tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di negara asing. TKI dapat mengambil produk ini jika negara tujuannya adalah Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia. Maksimal pinjaman yang dapat diperoleh adalah 25 juta dengan suku bunga 6% p.a

Produk KUR TKI sangat berguna jika kamu akan diberangkatkan ke negara tersebut dan memiliki dana yang terbatas. Dana yang kamu peroleh dapat digunakan untuk keperluan awal saat sudah sampai di negara tujuan seperti akomodasi perjalanan dan tempat tinggal. Sifatnya sangat fleksibel dan bisa digunakan hampir untuk keperluan apapun.

Pelunasannya pun cukup mudah. Kamu dapat membayar dengan gajimu di luar negeri ataupun dapat dibayar oleh keluargamu yang berada di Indonesia tanpa dibebani dengan biaya lain-lain.

3. KUR Khusus

KUR khusus adalah produk yang ditujukan untuk kelompok-kelompok tertentu yang memiliki usaha yang bergerak di bidang perkebunan, peternakan dan perikanan. Limit maksimal yang bisa diambil adalah 500 juta.

Tenor yang bisa diambil penerima pinjaman bervariasi dengan jangka waktu paling lama 4 tahun untuk kredit pembiayaan modal kerja dan maksimal 5 tahun untuk kredit pembiayaan investasi. Suku bunga yang dipatok mengikuti jumlah lamanya pinjaman yang diambil.

Syarat Pengajuan KUR Bank Mandiri

 

Jika kamu tertarik untuk mengambil salah satu produk yang disediakan Bank mandiri, kamu perlu memperhatikan beberapa syarat KUR Bank mandiri yang dikutip langsung dari website Bank mandiri.

1. Syarat Usia

Kamu harus berusia minimal 21 tahun ataupun sudah menikah bilamana berumur dibawah 21 tahun. Untuk produk KUR TKI, minimal harus sudah berusia 18 tahun dengan melampirkan surat pernyataan calon penerima pinjaman dan surat ijin orang tua untuk bekerja di luar negeri. Maksimal usia debitur adalah 60 tahun pada saat pengajuan kredit.

2. Syarat KUR khusus TKI

Pada saat pengajuan, pihak bank biasanya akan menanyakan negara tujuan kamu bekerja nanti serta kontrak kerja yang diberikan oleh pihak perusahaan. Jadi lebih baik, kamu siapkan dulu dokumen-dokumen terkait pekerjaanmu untuk memudahkan persyaratannya.

3. Persyaratan Surat-surat

Kamu juga perlu membuat aplikasi permohonan kredit yang dapat diambil di kantor cabang Bank mandiri terdekat ataupun mendownload pada halaman website Bank mandiri. Surat ijin usaha mikro dan kecil (SIUMK) ataupun surat ijin usaha perdagangan (SIUP) ataupun surat ijin usaha lain yang diterbitkan oleh dinas terkait.

4. Mengisi Formulir

Kamu tidak usah takut akan kebingungan waktu mengisi formulir karena kamu akan dipandu oleh customer service dari Bank Mandiri secara langsung.

5. Fotokopi Identitas

Fotokopi e-ktp, kk dan surat menikah juga perlu dilampirkan dalam aplikasi kamu dan dilengkapi dengan pas foto terbaru calon penerima pinjaman. Untuk pinjaman diatas 50 juta, kamu perlu melampirkan fotokopi NPWP terbaru.

6. Mutasi Rekening

Mutasi rekening terbaru atau minimal 2-3 bulan terakhir juga harus dilampirkan sebagai indikasi kesehatan keunganmu. Bank akan menilai apakah kamu cocok atau tidak dilihat dari mutasi rekeningmu.

Hal yang Harus Diperhatikan ketika Mengambil KUR Bank Mandiri

Jika kamu ingin mengambil produk KUR dari Bank mandiri, kamu juga perlu memperhatikan tentang histori atau sejarah pengambilan kredit kamu.

1. Perhatikan Histori Kredit Kamu

Bank mandiri menerapkan standar BI checking atau pengecekan histori kredit atas nama seseorang. Jika banyak kredit yang kamu ambil adalah kredit macet atau gagal bayar, maka kemungkinan besar pengajuanmu akan ditolak oleh Bank karena dianggap beresiko tidak membayar.

2. Tidak Boleh Mengambil Kredit Lain yang Nilainya Besar

Kamu juga tidak boleh mengambil kredit pinjaman lainnya yang memiliki nominal besar ketika kamu akan mengajukan pinjaman KUR Mandiri. Usaha yang kamu miliki juga harus memiliki pondasi yang kuat dan sehat, setidaknya tidak terus-terusan merugi dalam beberapa bulan terakhir.

3. Agunan

Agunan ataupun jaminan yang dapat kamu gunakan untuk mengambil pinjaman dapat berupa benda fisik ataupun bangunan. Yang perlu diperhatikan adalah nilai ataupun nominal agunan yang harus bernilai setidaknya setara dengan jumlah pinjaman yang kamu ambil.

Sertifikat tanah dan bangunan dapat menjadi salah satu agunan yang paling ampuh untuk digunakan. BPKB motor ataupun mobil juga dapat digunakan jika kamu mungkin takut untuk menjaminkan sertifikat tempat tinggal kamu.

4. Melengkapi Berkas dan Menunggu Persetujuan

Setelah semua syarat dilengkapi, kamu akan mendapat pemberitahuan melalui agen terkait pinjamanmu. Jika berhasil, uang akan segera ditransfer ke rekeningmu atau kelompokmu dan jika gagal, kamu juga akan mendapat pemberitahuan.

Beberapa hal diatas dapat berpengaruh terhadap proses pengajuan KUR yang kamu lakukan, tetapi yang paling penting adalah menentukan nominal jumlah pinjaman dan tenor atau jatuh tempo yang cocok untuk kamu ambil.

Semakin lama kamu mengambil tenornya, semakin besar pula bunga yang harus kamu tanggung. Oleh sebab itu, kamu harus merencanakan ataupun mendiskusikan dengan kelompokmu tentang nominal pinjaman serta jangka waktu yang tepat agar kerugian dapat diminimalisir secara optimal.

Contoh Pengaplikasian Pinjaman KUR

 

Untuk kamu yang telah bergabung ke dalam UMKM yang bergerak di bidang tertentu maka akan sangat cocok untuk mengambil KUR khusus yang memiliki limit pinjaman yang paling tinggi diantara keempat produk yang ditawarkan oleh Bank mandiri. Selain itu, proses pengembalian dana juga akan menjadi lebih mudah karena tidak dibebankan kepada pribadi saja, melainkan kelompok.

Pinjaman KUR khusus ini dapat digunakan untuk pembelian alat produksi seperti mesin-mesin ataupun alat pendukung kegiatan produksi lainnya. Jika bisa mengelola dana KUR ini dengan baik, maka keuntungan pun akan tetap dihasilkan walaupun harus membayar bunga pinjaman per bulannya.

1. Bidang Perikanan

Sebagai contoh, jika kamu memiliki kelompok usaha perikanan, pinjaman ini dapat digunakan untuk membeli mesin pembuatan pakan ikan ataupun pompa air dan aerator kolam. Pengadaan alat-alat tersebut tentunya akan lebih memaksimalkan produksi atau hasil ikan yang akan dipanen dan meningkatkan kualitas dari ikan itu sendiri.

2. Bidang Pertanian

Para petani pun juga dapat mengambil pinjaman KUR untuk membeli traktor ataupun mesin penggiling padi yang dapat digunakan secara bergantian. Hal ini akan mempersingkat banyak waktu dalam waktu awal tanam maupun panen.

Dampak positif yang akan didapatkan adalah kenaikan profit atau keuntungan dari hasil penjualan. Pinjaman juga dapat digunakan untuk memperluas area penjualan hasil panen yang mungkin sebelumnya masih terbatas pada area-area tertentu.

Kesimpulan

Produk pinjaman KUR adalah salah satu produk yang dapat kamu jadikan pilihan untuk mendapat modal yang tidak ribet, tetapi masih sangat banyak jenis-jenis produk pinjaman lain. Banyak bank juga menyediakan produk pinjaman tanpa agunan atau KTA yang hampir tidak memerlukan syarat apapun.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami tentang produk KUR Bank mandiri? Atau mungkin kamu sudah memiliki rencana untuk mengambil produk yang satu ini? Kamu harus sudah memiliki planning yang matang agar pinjaman dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan lebih mengembangkan usahamu.

Pada dasarnya seluruh produk pinjaman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing , sebaiknya kamu melakukan penelitian tentang produk pinjaman yang akan kamu ambil agar kamu tau seluk-beluknya secara lebih lengkap.

KUR Mandiri memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan KUR dari bank lain. Namun, keputusan untuk mengambil KUR dimana tetap ada di tangan kamu. Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman ini.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com