Moneyfazz
Home » Ekonomi » KUR BRI, Pengajuan Kredit Lebih Mudah Dengan Bunga Rendah

KUR BRI, Pengajuan Kredit Lebih Mudah Dengan Bunga Rendah

Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih menjadi program prioritas untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu bank pemerintah yang aktif menyalurkan KUR adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Saat ini, KUR BRI menjadi pilihan utama pelaku UMKM dalam mendapatkan pinjaman. 

BRI menjadi penyalur KUR terbesar di Indonesia dengan portofolio mencapai lebih dari 60% dari total target penyaluran KUR nasional. Ini membuktikan BRI tidak hanya berperan besar terhadap perekonomian nasional, namun juga terhadap aspek sosial kemasyarakatan.

Tentang KUR BRI

 

KUR adalah fasilitas kredit yang disediakan Bank BRI khususnya untuk masyarakat kecil agar segera bisa mulai membuka usahanya. Kredit ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha produktif, khususnya UMKM. Bank BRI memberikan kredit investasi dan modal kerja kepada UMKM dengan batas kredit mencapai Rp500 juta. 

Bank BRI membagi fitur atau karakter KUR menjadi tiga bagian, antara lain:

  • Pinjaman modal kerja dan kredit investasi. Dalam hal ini, skema KUR merupakan modal kerja atau kredit investasi yang diberikan kepada unit-unit usaha produktif.
  • Pengusaha. KUR menyasar kepada pemilik bisnis perseorangan dengan kebutuhan kredit maksimal senilai Rp500 juta. 
  • Bunga rendah, dapat subsidi, dan bebas biaya admin. Pemerintah memberikan subsidi terhadap pinjaman ini. Selain subsidi, KUR Bank BRI juga dijamin asuransi kerugian kredit. 

Kategori KUR

Bank BRI membagi program KUR menjadi tiga kategori layanan/penyaluran, yakni KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI). 

KUR Mikro

Persyaratan Angsuran

KUR Mikro Bank BRI memiliki platform pinjaman senilai Rp25 juta per debitur dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Batas maksimal nilai kredit Rp25 juta untuk setiap debitur
  • Jenis kredit modal kerja memiliki jangka waktu tenor maksimal 3 tahun/debitur
  • Jenis kredit investasi memiliki jangka waktu tenor maksimal 5 tahun/debitur
  • Bank BRI memberlakukan suku bunga sebesar 7% efektif per tahun atau 0,41% flat per bulan untuk KUR Mikro 
  • Bebas biaya admin dan provisi

Persyaratan KUR Mikro

  • Perorangan yang memiliki usaha produktif yang layak (feasible)
  • Usahanya sudah beroperasi secara aktif minimal selama enam bulan
  • Tidak memiliki pinjaman di bank lain, kecuali untuk kredit konsumtif seperti kartu kredit atau KPR.
  • Menyerahkan persyaratan administrasi berupa identitas pribadi, izin usaha, dan Kartu Keluarga.

KUR Ritel

Persyaratan Angsuran

KUR Ritel Bank BRI diberikan kepada debitur yang punya usaha feasible dan produktif. KUR Ritel memiliki platform pinjaman minimal Rp25 juta sampai maksimal Rp500 juta per debitur dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Batas minimal nilai kredit Rp25 juta dan maksimal Rp500 juta untuk setiap debitur
  • Jenis kredit modal kerja memiliki jangka waktu tenor maksimal 4 tahun/debitur
  • Jenis kredit investasi memiliki jangka waktu tenor maksimal 5 tahun/debitur
  • Bank BRI memberlakukan suku bunga sebesar 7% efektif per tahun untuk KUR Ritel
  • Bebas biaya admin dan provisi serta agunan sesuai ketentuan Bank BRI.

Persyaratan KUR Ritel

  • Memiliki usaha produktif dan layak (feasible)
  • Usahanya sudah beroperasi secara aktif minimal selama enam bulan
  • Tidak memiliki pinjaman di bank lain, kecuali untuk kredit konsumtif seperti kartu kredit atau KPR.
  • Memiliki surat izin usaha mikro dan kecil atau surat izin usaha lainnya yang sejenis dan dapat dipersamakan.

KUR TKI

Persyaratan Angsuran

KUR TKI diberikan untuk membiayai calon TKI yang akan berangkat untuk bekerja di luar negeri. BRI mematok platform pinjaman untuk KUR TKI maksimal senilai Rp25 juta/debitur, dengan ketentuan sebagai berikut: 

  • Bank BRI memberikan batas kredit maksimal sebesar Rp25 juta atau sesuai struktur biaya yang telah ditetapkan pemerintah
  • Bank BRI memberlakukan suku bunga sebesar 7% efektif per tahun atau 0,41% flat per bulan 
  • Bebas biaya admin dan provisi
  • Jangka waktu pelunasan pinjaman maksimal selama 3 tahun atau sesuai kontrak perjanjian kerja
  • Persyaratan angsuran ini untuk tujuan penempatan Hong Kong, Singapura, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, dan Taiwan. 

Persyaratan KUR TKI

  • Perorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri
  • Persyaratan Administrasi
  • Menyerahkan identitas diri, seperti KTP dan KK
  • Perjanjian penempatan kerja di negara yang telah ditetapkan
  • Menyerahkan bukti perjanjian kerja dengan calon pengguna jasa TKI di luar negeri
  • Menyerahkan fotocopy paspor dan visa
  • Persyaratan lain jika diperlukan

Cara Pengajuan KUR BRI

 

Bank BRI membuka dua layanan untuk pengajuan KUR, yakni melalui metode pengajuan langsung atau melalui Mantri BRI (KUR).

1. Pengajuan Langsung

Kamu bisa langsung mengajukan permohonan KUR BRI dengan mendatangi unit layanan. Selain melalui Kantor Unit, pengajuan KUR juga bisa dilakukan di Unit Pembantu.

Sebelum mendatangi unit layanan, pastikan bahwa semua kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan telah terpenuhi. Jika persyaratan telah lengkap, kamu bisa langsung mendatangi unit layanan untuk mengajukan permohonan KUR BRI. 

Setelah semua dokumen persyaratan diterima, selanjutnya akan ada petugas yang akan menganalisa kelayakan usaha kamu. Umumnya, petugas akan melakukan survei di lapangan. Ini titik paling krusial, karena dari hasil analisa ini akan menjadi dasar pihak bank untuk menerima atau menolak pengajuan KUR kamu. 

Jika pengajuan KUR diterima, kamu bakal menerima informasi lebih lanjut tentang syarat ketentuan angsuran bulanan. Proses pencairan dana ke rekening juga bisa segera dilakukan.

2. Melalui Mantri BRI 

Matri BRI punya tugas mencari debitur KUR, melakukan survei, analisis serta memberikan rekomendasi kepada pimpinan. Jabatan Mantri lebih sebagai marketing strategy BRI untuk jemput bola nasabah. 

Saat ini banyak Mantri BRI yang menawarkan pengajuan KUR BRI melalui media online. Kemajuan teknologi di era digital semakin mempermudah para Mantri untuk mempromosikan pengajuan KUR kepada calon nasabah.

Untuk proses pengajuan permohonan KUR BRI melalui Mantri, kamu sebagai calon debitur juga akan diminta mengisi formulir pengajuan serta melengkapi seluruh persyaratan administrasi yang diminta.  

Untuk waktu proses pencairan KUR di Bank BRI, antara satu pemohon dengan pemohon lainnya tidak sama. Namun, secara umum, proses pencairan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. 

Tips Pengajuan KUR BRI

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait dengan pengajuan permohonan KUR di Bank BRI.

  • Pastikan tujuan pengajuan KUR untuk membiayai usaha, bukan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. 
  • Usaha yang akan diajukan untuk memperoleh pinjaman bank adalah milik sendiri, bukan atas nama orang lain.
  • Kamu sedang tidak mengambil pinjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya, kecuali untuk kredit konsumsi atau KPR.
  • Seorang calon debitur harus memiliki surat izin usaha.
  • Khusus untuk KUR ritel, debitur harus menyerahkan jaminan, yang bisa berupa kendaraan bermotor. 
  • Ada bukti bahwa ada aktivitas usaha yang sedang berlangsung di tempat usaha kamu. 

Keunggulan KUR BRI

 

Image orang tentang BRI sebagai “bank wong cilik” justru menjadi nilai tersendiri bagi salah satu bank pelat merah ini. Dari total 45 penyalur KUR 2020, BRI memiliki target penyaluran terbesar. Pada 2020, BRI menargetkan penyaluran KUR sebesar 63% dari total dana senilai Rp190 triliun. 

Pelaku UMKM masih menjadikan KUR BRI sebagai pilihan utama dalam memperoleh pinjaman. Setidaknya ada beberapa keunggulan yang dimiliki Bank BRI sehingga masyarakat tetap setia bersama BRI.

1. Punya Dana KUR Terbesar

Dibanding lembaga penyalur lainnya, pada 2020, BRI memiliki dana KUR terbesar. Tahun ini BRI menargetkan mampu menyalurkan KUR senilai Rp120 triliun, atau meningkat dibanding target tahun sebelumnya yang sebesar Rp87 triliun.

2. Punya Jaringan KUR Terluas

Bank BRI sukses menyalurkan KUR, salah satunya karena memiliki jaringan nasabah yang tersebar luas di pelosok-pelosok nusantara. Banyaknya lokasi pengajuan KUR telah mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi, yang pada gilirannya akan mengajukan KUR.

3. Bunga Rendah

Mulai  tahun ini, bunga KUR turun menjadi 6%. BRI sebagai bank penyalur KUR juga akan menerapkan suku bunga 6% per tahun. Dengan adanya penurunan tersebut, debitur akan memperoleh pinjaman KUR dengan cicilan lebih ringan. Saatnya kamu memperoleh pinjaman dengan bunga rendah.

4. Penyalur Terlengkap

Dibanding bank penyalur lainnya, Bank BRI memberikan fasilitas KUR paling lengkap, mulai KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. KUR Mikro dan KUR Ritel fokus pada modal kerja dan investasi. Sedangkan KUR TKI fokus pada pembiayaan calon TKI yang akan bekerja di luar negeri. 

5. Pengajuan Lebih Mudah

Bank BRI berkomitmen membantu permodalan UMKM agar usahanya maju dan berkembang. Untuk itu, bagi pelaku UMKM yang memerlukan kucuran dana KUR dan hendak mengajukan kredit, syarat dan proses pengajuannya dipermudah. Besarnya minat calon debitur di BRI membuktikan bahwa peluang memperoleh persetujuan lebih besar.

6. Pembayaran Lebih Mudah

Selain syarat dan proses pengajuan, BRI juga memberikan kemudahan dalam proses pembayarannya. Pembayaran angsuran KUR bisa dilakukan melalui setoran tunai di teller. Atau, jika kamu tidak mau repot antri, bisa membayar melalui ATM BRI.

7. SDM Profesional

BRI memiliki sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan handal. Matri KUR, misalnya, mampu bekerja profesional dalam meraih target penyaluran. Profesionalisme SDM di BRI semakin teruji dengan didukung sistem jaringan yang andal. BRI juga menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang memiliki satelit sendiri. 

Perubahan Regulasi

Pemerintah melakukan perubahan kebijakan KUR pada 2020, dan ini merupakan kabar gembira bagi pelaku UMKM. Berdasarkan hasil keputusan Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi UMKM, terdapat tiga poin penting yang mengalami perubahan, antara lain:

  • Suku bunga KUR turun dari 7% menjadi 6% per tahun berlaku efektif mulai 1 Januari 2020.
  • Dana KUR 2020 naik jadi Rp190 triliun dari Rp140 triliun pada tahun sebelumnya. Peningkatan akan terus dilakukan hingga 2024 dengan angka Rp325 triliun. 
  • Peningkatan platform KUR Mikro untuk setiap debitur dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta

Pemerintah optimistis, ke depan sektor UMKM tetap memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian bangsa. Untuk itu, pemerintah pun terus berbenah melalui perbaikan regulasi terkait program KUR yang lebih pro-business

Saat ini, meminjam uang di bank masih menjadi pilihan utama para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Agar permohonan kreditnya disetujui, tentu mereka perlu memahami tentang seluk beluk dunia perbankan. 

Namun, jangan khawatir, kamu bisa mengajukan pinjaman melalui KUR BRI. Di Bank BRI, syarat dan prosesnya relatif lebih mudah seperti yang telah dijelaskan di atas, sehingga peluang disetujui juga lebih besar. Jangan lupa, bagikan tulisan ini agar teman kamu juga mengetahuinya.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com