Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Definisi Laporan Arus Kas dan Komponen Pentingnya

ISTILAH FINANSIAL laporan arus kas

Dalam proses membangun usaha atau menjadi pengamat di bidang usaha, ada banyak hal yang perlu dipahami. Salah satunya adalah laporan keuangan arus kas atau disebut juga cash flow. Memahami laporan ini ternyata sangat penting untuk mengetahui kondisi nyata suatu perusahaan.

Anda tentu tidak ingin terlambat memahami adanya kerugian karena kesulitan membaca cash flow perusahaan. Untuk itu, kali ini akan dibahas tentang apa itu laporan arus kas dan komponen pentingnya. 

Pengertian Laporan Arus Kas

Arus kas adalah laporan yang menunjukkan informasi terkait kas yang diterima dan dikeluarkan oleh suatu perusahaan, dalam suatu kurun waktu. Ini bisa meliputi pendapatan tunai, investasi yang masuk, serta jumlah kas yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. 

Laporan ini bisa disusun dengan baik setelah membuat neraca. Cash flow dibuat berdasarkan laporan rugi laba (current book) dan neraca dari periode sebelumnya. Berdasarkan cara penyajiannya, ada laporan arus kas metode langsung (direct method) dan laporan arus kas metode tidak langsung (indirect method)

Komponen Penting Arus Kas

Setidaknya, ada tiga komponen yang perlu dipahami, diantaranya:

1. Arus Kas Kegiatan Operasi

Setiap perusahaan pasti memiliki banyak transaksi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Bentuknya adalah laporan pemasukan dan pengeluaran yang dialami oleh perusahaan. Contoh laporan arus kas ini adalah terkait pembayaran hutang, penunaian hak gaji karyawan, penerimaan uang dari hasil penjualan, dan sebagainya. 

2. Arus Kas Kegiatan Investasi

Pada perusahaan yang baik, kegiatan investasi pasti terus berjalan, dan membutuhkan pencatatan yang rapi. Investasi yang masuk dalam laporan ini adalah aktivitas pembelian atau penjualan dari aktiva perusahaan. Contohnya adalah pembelian aset seperti gedung atau mesin yang digunakan untuk usaha. 

3. Arus Kas Kegiatan Pendanaan

Kegiatan pendanaan erat kaitannya dengan transaksi yang akan mempengaruhi hutang dan ekuitas yang ada dalam perusahaan. Cash flow ini menunjukkan penghentian atau penerbitan hutang dan surat berharga. Contohnya adalah pembayaran dividen, pelunasan kredit, dan juga penjualan obligasi.

Mengenali Kondisi Perusahaan Dengan Membaca Arus Kas 

Dari penjelasan di atas, dapat terlihat bahwa keberadaan laporan arus kas sangat penting. Selain agar seluruh transaksi tercatat dan rapi, pembuatan laporan ini juga penting agar pimpinan dapat senantiasa mengetahui kondisi perusahaannya. Pemahaman ini diperlukan agar pimpinan dapat mengambil keputusan atau kebijakan strategis yang dibutuhkan. 

Memahami dunia perekonomian dan perbankan sangat penting, baik jika Anda membutuhkan informasi umum, maupun akan memulai sebuah usaha. Mampu membaca laporan keuangan dengan baik akan sangat menguntungkan usaha yang Anda lakukan saat ini. 

Sekarang Anda sudah paham mengenai apa itu arus kas dan komponen-komponennya. Mengetahui dan menguasai hal ini akan sangat baik untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi