Moneyfazz
Home » Tips » Ingin Kuliah Gratis? Ini List Beasiswa S-1 Luar Negeri Lengkap

Ingin Kuliah Gratis? Ini List Beasiswa S-1 Luar Negeri Lengkap

Siapa di sini yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, tetapi terbatas dengan besarnya biaya yang harus dibayarkan? Tenang! Saat ini, ada banyak sekali beasiswa yang menawarkan kuliah S-1 di luar negeri. List beasiswa S-1 luar negeri lengkap dapat Anda lihat pada ulasan berikut.

Harus Anda pahami, umumnya masing-masing beasiswa ini membutuhkan persyaratan TOEFL yang cukup tinggi, sehingga Anda harus mempersiapkannya dari sekarang. Selain itu, proses penerimaan beasiswa ini juga cukup banyak dan membutuhkan waktu serta tenaga yang tidak sedikit.

Nah, berikut adalah daftar beasiswa S-1 luar negeri yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

ASEAN Undergraduate Scholarship

Jika Anda ingin berkuliah di NUS (National University of Singapore), Anda dapat mencoba beasiswa yang satu ini. Beasiswa ini hanya diperuntukkan khusus bagi siswa-siswa yang ada di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Saat memperoleh beasiswa ini, Anda akan diberikan berbagai fasilitas dan tunjangan.

Anda tak hanya dibebaskan dari biaya kuliah saja, tetapi juga berhak untuk memperoleh tunjangan sebesar 5800 dollar Singapura setiap tahunnya. Tak hanya itu, Anda juga akan memperoleh tiket pesawat PP dari Indonesia ke Singapura sebanyak satu kali dan akomodasi tahunan.

ASEAN Undergraduate Scholarship ini membuka beasiswa untuk 19 jurusan yang keseluruhannya berada pada bidang Sains dan Teknik. Biasanya, pendaftaran beasiswa ini akan dibuka pada bulan Februari. Jadi, jika Anda menginginkan beasiswa ini, mulai persiapkan segala persyaratannya dari sekarang, ya.

Fulbright Global Undergraduate Program

Beasiswa S-1 luar negeri selanjutnya yaitu Fulbright Global Undergraduate Program. Dengan beasiswa ini, Anda dapat merasakan kuliah di Amerika dan mengikuti beraneka ragam kegiatan sosial yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Amerika.

Tunjangan yang diberikan scholarship Amerika ini juga sangat lengkap, mulai dari tunjangan tempat tinggal, biaya kuliah gratis, dan tunjangan bulanan. Anda juga berhak untuk memperoleh asuransi, tunjangan beli buku, dan juga akomodasi untuk mengikuti berbagai kegiatan internasional yang ada di Amerika.

Sayangnya, beasiswa ini hanya memberikan fasilitas kuliah non degree saja. Meski begitu, Anda dapat memperoleh materi gejala sosial budaya, hubungan internasional, dan kepemerintahan. Jika Anda tertarik,  deadline untuk pendaftaran beasiswa ini yaitu 31 Desember pada setiap tahunnya.

YSEALI Academic Fellowship

Program beasiswa lainnya yang diberikan pemerintah Amerika yaitu YSEALI Academic Fellowship. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi pemuda ASEAN dengan model short course. Meski begitu, Anda tetap dapat mempelajari berbagai materi, seperti isu sosial, masyarakat, lingkungan, dan juga kewirausahaan.

Tak hanya itu, setelah selesai melaksanakan program ini, Anda juga akan memperoleh gelar sebagai bagian dari YSEALI. Anda juga diberi kesempatan untuk bergabung pada acara-acara selanjutnya. Untuk fasilitasnya sendiri terbilangan cukup banyak, meski hanya program short course saja.

Selama mengikuti program, Anda akan memperoleh tunjangan tempat tinggal, tunjangan hidup, dan juga akomodasi tiket untuk mengunjungi tempat-tempat yang dituju. Jika Anda berminat, pendaftaran program beasiswa ini biasanya akan ditutup pada bulan Juni. So, persiapkan persyaratannya mulai dari sekarang!

Beasiswa Ancora Foundation

Salah satu cara kuliah di luar negeri gratis yaitu dengan mendaftarkan diri mengikuti beasiswa Ancora Foundation. Program beasiswa ini memberikan Anda kesempatan untuk dapat mengenyam kuliah di 10 universitas yang ada di Malaysia secara gratis. Ada Universitas Malaya, Universiti Sains Malaysia, UPM, dan masih banyak lagi.

Pada program beasiswa ini, Anda akan memperoleh berbagai tunjangan, seperti tunjangan hidup, tempat tinggal, biaya kuliah gratis, dan asuransi. Anda juga akan memperoleh pelatihan mengenai leadership dan berbagai kegiatan sosial selama program ini berlangsung.

Proses seleksi yang dibutuhkan untuk program ini cukup panjang. Tak hanya seleksi administrasi, nantinya Anda juga wajib mengikuti ad tahap seleksi online. Nah, batas akhir pendaftaran untuk program ini yaitu bulan Desember.

Gakubu MEXT Scholarship

Beasiswa ini menjadi salah satu beasiswa Jepang yang paling bergengsi dengan menawarkan program kuliah gratis di seluruh universitas yang ada di Jepang. Beasiswa ini memberikan tunjangan yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari biaya kuliah, biaya pengurusan visa, dan pastinya biaya hidup.

Untuk biaya hidup yang ditawarkan program ini sebesar 117 ribu yen atau setara dengan 15 juta rupiah untuk satu bulannya. Waw, nominal yang sangat besar, bukan? Jika Anda tertarik, beasiswa ini membuka pendaftaran pada bulan April (untuk lulusan tahun sebelumnya) dan juga Mei (untuk lulusan tahun ini).

Beasiswa Mitsui Bussan

Mitsui Bussan menjadi salah satu beasiswa full S1 Jepang yang tak kalah keren dibanding MEXT. Beasiswa ini dikeluarkan oleh pemerintah Jepang dengan waktu pendaftaran mulai dari bulan Januari hingga Februari. Salah satu orang Indonesia yang pernah memperoleh beasiswa ini yaitu Jerome Polin.

Tunjangan yang diberikan beasiswa ini terbilang cukup besar, bahkan lebih besar dibanding MEXT. Setiap mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini akan memperoleh biaya hidup 145 ribu yen atau setara 19 juta rupiah. Mereka juga berhak memperoleh uang saku 50 ribu yen atau 6 juta rupiah saat pertama kali datang.

Taiwan ICDF Higger Scholarship

Program beasiswa ini menjadi salah satu program beasiswa yang paling bergengsi di Taiwan. Tak hanya menawarkan jurusan Saintek, Taiwan ICDF Higher Scholarship juga dibuka untuk jurusan Soshum.

Beasiswa ini memberikan subsidi biaya kuliah hingga 100 persen, akomodasi tempat tinggal, tunjangan buku, dan juga asuransi. Selain itu, Anda akan memperoleh tiket pesawat PP Indonesia-Taiwan gratis untuk satu kali perjalanan. Biaya hidup yang disediakan yaitu 12 ribu dolar Taiwan atau sekitar 5,4 juta rupiah setiap bulannya.

Sedikit berbeda dengan beasiswa yang lain, pendaftar beasiswa ini wajib memiliki LoA dari universitas yang ada di Taiwan. Deadline pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada bulan Maret di setiap tahunnya. Buat yang berminat, jangan sampai kesempatan ini lewat begitu saja!

Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Setiap tahunnya, selalu ada program beasiswa yang diberikan pemerintah Brunei Darussalam bagi para lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi S1. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang ingin kuliah di empat universitas terbaik  di Brunei Darussalam.

Empat universitas tersebut meliputi Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Universiti Brunei Darussalam, Politeknik Brunei, dan Universitas Teknologi Brunei. Batas akhir pendaftaran beasiswa S1 Brunei 2020 yaitu setiap bulan Februari.

Adapun tunjangan yang diberikan beasiswa ini yaitu meliputi biaya kuliah gratis, biaya hidup, dan seluruh biaya yang dikeluarkan selama proses pendaftaran dan pemberangkatan. Untuk biaya hidup yang nantinya akan Anda peroleh setiap bulannya sebesar 1250 dollar Brunei atau sekitar 13 juta rupiah.

Jadi, jika Anda ingin melanjutkan studi S1 di luar negeri tetapi terkendala dengan biaya, Anda tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ada banyak jenis beasiswa seperti yang sudah disebutkan pada list beasiswa S-1 luar negeri lengkap di atas. Masing-masing jenis beasiswa ini menawarkan berbagai benefit yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com