Moneyfazz
Home » Tips » Penting! Inilah List Beasiswa S-2 dalam Negeri Lengkap

Penting! Inilah List Beasiswa S-2 dalam Negeri Lengkap

Tahukah Anda? Dewasa ini, program beasiswa S-2 di dalam negeri semakin banyak pilihannya. Program beasiswa ini mulai digencarkan oleh pemerintah sebagai upaya menyikapi biaya pendidikan yang lebih tinggi. Nah, apakah Anda ingin tahu list beasiswa S-2 dalam negeri lengkap?

Dengan banyaknya pilihan program beasiswa pendidikan S-2, tentu peluang Anda untuk melanjutkan pendidikan tentu semakin besar. Apalagi program beasiswa ini rutin ditawarkan dan semakin banyak jumlahnya. Lantas, apa saja beasiswa tersebut? Simak daftar beasiswa untuk S2 dalam negeri berikut ini.

Beasiswa LPDP

Sejak beberapa tahun lalu, Beasiswa LPDP sudah menjadi program yang diburu oleh mahasiswa yang akan melanjutkan studi S-2. LPDP sendiri merupakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah Kementerian Keuangan, Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama. 

Artinya, beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang dikelola langsung oleh pemerintah. Program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah ini juga cukup banyak, mulai dari beasiswa LPDP reguler, hingga beasiswa afirmasi. 

Jadi, untuk Anda yang berada di daerah tertinggal, Anda tetap dapat mendaftarkan diri dalam program beasiswa yang diadakan pemerintah ini. 

Beasiswa Bidikmisi

Apakah sebelumnya Anda mendaftar beasiswa S1 Bidikmisi? Jika iya dan Anda ingin melanjutkan studi yang lebih tinggi, Anda juga bisa mendaftar beasiswa Bidikmisi. Sebab, program beasiswa S2 bidikmisi juga dibuka untuk Anda yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Kementerian Riset dan Teknologi RI bekerja sama dengan LPDP dalam penyelenggaraan beasiswa bidikmisi untuk sejumlah studi, baik di dalam maupun luar negeri. Pendaftaran beasiswa bidikmisi S-2 dapat dilakukan di laman resmi LPDP. Sama seperti Beasiswa LPDP, biaya kuliah akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Beasiswa Unggulan

Beasiswa ini menjadi satu dari sekian beasiswa yang diberikan pemerintah untuk untuk jenjang pendidikan S-1 hingga S-3. Beasiswa ini diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa yang telah kuliah maksimal dua semester juga dapat mendaftar beasiswa ini.

Beasiswa unggulan ditujukan kepada semua mahasiswa yang memiliki prestasi di segala bidang. Beasiswa dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini terdiri dari dua jenis pilihan beasiswa S-2 dalam negeri. Yakni, Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud dan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Beasiswa PMDSU

Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul ditawarkan khusus oleh Kementerian Ristekdikti melalui Ditjen Dikti kepada Anda yang bercita-cita menjadi Dosen.  Beasiswa ini sudah dijalankan sejak 2013 sebagai salah satu upaya meningkatkan jumlah lulusan S-3 di Indonesia.

Nantinya, Anda yang fresh graduate S-1 akan menempuh pendidikan sampai S-3, hanya dalam waktu empat tahun. Itu artinya, jika Anda terpilih untuk memperoleh beasiswa PMDSU 2020, Anda akan menempuh pendidikan magister dan juga doktor hanya dalam empat tahun saja. Seluruh biaya perkuliahan nantinya akan ditanggung oleh pihak pemerintah.

Beasiswa STAR BPKP

Tahukah Anda? BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) ternyata juga menawarkan program beasiswa, namanya Beasiswa STAR. Beasiswa ini ditujukan khusus kepada pegawai auditor internal dan pengelola keuangan dalam lingkup pemerintahan daerah, lembaga, maupun, kementerian.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 25 perguruan tinggi yang menyelenggarakan Beasiswa STAR. Pada Beasiswa yang diselenggarakan oleh BPKP, biaya kuliah ditanggung sepenuhnya oleh BPKP. Bahkan, biaya pemondokan beserta beberapa biaya lainnya juga ditanggung pihak BPKP. Tertarik? Eits, untuk PNS saja, ya.

Beasiswa BUDI

Apakah Anda pernah mendengar istilah Beasiswa BPP-LN untuk luar negeri dan BPP-DN khusus dalam negeri? Sampai sekarang, beasiswa tersebut masih ada, hanya saja namanya diubah menjadi beasiswa BUDI (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia). Beasiswa ini berada di bawah Kemenristekdikti dan bekerjasama dengan LPDP.

Sesuai dengan namanya, beasiswa S2 Dikti ini hanya ditujukan secara khusus untuk dosen-dosen, baik negeri maupun swasta yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah S-2 maupun S-3. Dalam hal ini, bagi Anda yang berniat untuk melanjutkan studi S-2 di dalam negeri, Anda dapat melamar atau mendaftarkan diri dalam beasiswa BUDI-DN.

Beasiswa Guru

Anda berprofesi sebagai guru, tetapi ingin melanjutkan pendidikan S-2? Bisa kok. Setiap tahun, Kementerian pendidikan dan kebudayaan menawarkan beasiswa S-2 untuk guru-guru di Indonesia, mulai dari guru SMA/SMK, SMP, hingga guru SD.

Dengan beasiswa ini, diharapkan akan mempermudah Anda dalam menempuh pendidikan yang nantinya akan sangat berguna dalam kegiatan belajar-mengajar Anda. Apalagi biaya perkuliahan Anda akan ditanggung sepenuhnya hingga Anda menyelesaikan studi S-2.

Beasiswa Sekolah Pasca Sarjana UGM

Tahukah Anda jika UGM ternyata juga menyediakan program beasiswa pasca sarjana? Sepertinya memang sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui beasiswa dari salah satu universitas terbaik di Indonesia ini. Beasiswa S2 UGM mencakup dana pendidikan yang besaran bervariasi sesuai hasil seleksi.

Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh calon pendaftarnya adalah harus terdaftar sebagai mahasiswa maupun calon mahasiswa UGM. Untuk membuktikannya dengan melampirkan bukti pendaftaran. Artinya, beasiswa ini khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berada di bawah sekolah pasca sarjana UGM.

Beasiswa SEARCA

Setiap tahunnya, SEARCA menawarkan beasiswa yang ditujukan untuk lembaga penelitian, pegawai tetap pemerintah, serta perguruan tinggi yang berniat untuk melanjutkan studi S-2 atau S-3. Anda dapat berkuliah gratis di salah satu anggota SEARCA dengan fokus studi di bidang pertanian dan beberapa bidang lainnya yang terkait.

Bagi Anda yang diterima Beasiswa SEARCA, akan memperoleh tanggungan full biaya studi. Selain itu, Anda  juga akan memperoleh biaya kuliah, uang saku, dan juga biaya perjalanan domestik dan internasional. Tak ketinggalan, dukungan tesis/disertasi, tunjangan buku, serta asuransi kesehatan juga akan Anda peroleh. 

Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation merupakan sebuah organisasi yang telah didirikan oleh Sukanto Tanoto bersama dengan Tinah Bingei Tanoto. Meskipun saat ini Anda telah berstatus sebagai mahasiswa S-2, Anda dapat mendaftarkan diri Anda untuk menjadi penerima beasiswa Tanoto Foundation.

Namun perlu diingat, jika tidak semua perguruan tinggi mengadakan beasiswa ini. Hanya beberapa mitra Tanoto Foundation yang bisa dilamar beasiswa ini, misalnya seperti UI, UGM, IPB,ITB, USU, UNDIP, dan UNHAS. Beasiswa ini memberikan subsidi biaya kuliah gratis dan tunjangan bulanan hingga selesai studi S-3.

Itulah tadi beberapa daftar beasiswa S-2 beserta sekilas penjelasannya. Dengan banyaknya program beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta, tentu hal itu membuktikan adanya kepedulian dan keinginan pemerintah untuk lebih memajukan pendidikan di Indonesia. Jadi, jangan sampai Anda menyia-nyiakannya.

Sekian list beasiswa S-2 dalam negeri lengkap dengan sekilas gambarannya. Tidak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya, terlebih jika melihat fakta di lapangan biaya studi S2 cukup mahal. Dengan bantuan dari pemerintah maupun swasta berupa beasiswa, tentu hal ini dapat menghemat biaya pendidikan Anda.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com